Nyeri Menstruasi : 7 Hal yang Harus Dihindari

Nyeri Menstruasi : 7 Hal yang Harus Dihindari

nyeri menstruasi
Image: Medical News Today

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Meski sudah menjalaninya selama bertahun-tahun, datang bulan bagi seorang wanita tetaplah bukan kondisi yang menyenangkan. Rasa tidak nyaman, nyeri menstruasi hingga mood yang naik turun kerap membuat hari-hari yang dilewati jadi terasa semakin panjang.

Fluktuasi hormon selama masa haid bisa memengaruhi berbagai saraf tubuh. Ini berdampak pada suasana hati, libido, kecemasan, emosi hingga rasa sakit. Perubahan level estrogen, progesterone dan testosteron selama periode haid juga berpengaruh terhadap kondisi fisik seperti munculnya jerawat hingga tingkat kepadatan payudara.

Meski tubuh setiap wanita berbeda dan respon yang diberikan juga berbeda, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari selama menstruasi untuk menghindari nyeri menstruasi. Bukan hanya karena hal-hal tersebut bisa membuat tidak nyaman, tapi juga membahayakan bagi tubuh. Apa saja?

Baca Juga: Ketahui Penyebab Nyeri Haid Tidak Tertahankan

1. Telat Makan

Untuk menjaga tubuh agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya, kita dianjurkan untuk makan teratur, terlebih ketika sedang dalam masa menstruasi/haid. Saat haid, tubuh mengeluarkan darah yang cukup banyak. Karena itu makan tepat waktu dengan porsi yang cukup sangat disarankan agar Anda punya cukup banyak energi untuk beraktivitas normal.

2. Menyantap Banyak Makanan Asin

Selama haid, banyak wanita mengalami retensi air. Karena itu menghindari makanan yang mengandung jumlah garam tinggi adalah pilihan terbaik. Ini disebabkan garam bersifat mendehidrasi tubuh dan membuat Anda merasa kembung. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman karena terlalu banyak mengonsumsi garam, minumlah air secukupnya agar kondisi tubuh bisa kembali normal.

3. Meminum Minuman Berkafein

Bagi Anda yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari, sebaiknya mulai menghindarinya saat datang bulan tiba. Minuman yang mengandung kafein memengaruhi fungsi beberapa saraf di otak yang bisa memperparah PMS termasuk meningkatkan detak jantung dan memicu munculnya rasa cemas berlebih. Sebagai ganti, cobalah minum the hijau yang sifatnya menenangkan dan bisa mengurangi nyeri karena kram perut.

4. Meninggalkan Olahraga

Rasa malas beraktivitas saat sedang haid adalah hal yang umum terjadi. Namun meninggalkan aktivitas sepenting ini ternyata malah bisa membuat Anda merasa semakin tidak nyaman. Tetap melakukan olahraga ringan semasa menstruasi bisa membantu Anda merasa lebih nyaman, mengurangi sakit kepala, kelelahan bahkan kecemasan.

Baca Juga: Tips Menjaga Badan Tetap Fit saat Menstruasi

5. Mengonsumsi Produk Dairy

Es krim atau cake dengan susu melimpah mungkin akan terasa menggoda. Tapi ingat, konsumsi produk dairy atau berbahan susu ternyata sebaiknya dihindari selama periode menstruasi. Selain membuat perut memproduksi gas lebih banyak (yang akan membuat Anda merasa kembung dan tidak nyaman), produk dairy bisa menyebabkan iritasi usus yang akan memperparah kram perut yang Anda alami.

6. Tidak Mengganti Pembalut Setelah 4 Jam

Aktivitas Anda mungkin akan penuh seharian. Tapi jangan sampai Anda membiarkan pembalut yang Anda gunakan tidak diganti lebih dari 4 jam. Mengenakan pembalut yang sama seharian tidak hanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman tapi juga memunculkan bau tak sedap. Berkumpulnya bakteri juga bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

7. Begadang

Tidur merupakan hal yang penting bagi tubuh kita, terutama di masa menstruasi. Begadang atau tidur lebih sebentar dari biasanya bisa meningkatkan level hormon kortisol yang menyebabkan stress. Ketidakseimbangan hormone ini bisa menyebabkan sindrom menstruasi semakin parah dan Anda akan merasa semakin tidak nyaman. Bahkan memicu nyeri menstruasi.

Menjalani masa menstruasi memang tidak selalu menyenangkan. Untuk memperbaiki suasana hati, selain dengan menghindari hal-hal di atas, Anda juga bisa memilih melakukan beragam aktivitas yang Anda sukai. Sekadar menonton serial kesukaan atau bersantai memanjakan diri juga tidak ada salahnya.

Baca Juga: Mengatasi Lapar Berlebih saat Menstruasi

 

Sumber:
Bustle (2017). 11 Surprising Things You Should Never Do On Your Period, According To Experts. www.bustle.com
Tribun News (2019). 8 Hal yang Harus Dihindari Saat Menstruasi, Jangan Telat Makan. www.tribunnews.com
Byrdie (2019). 11 Surprising Things You Should Never Do On Your Period, According To Experts. www.byrdie.com
Popxo (2017). 10 Ways to Be Comfortable During Your Periode. www.popxo.com