9 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

9 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Penulis: Lady | Editor: Handa

Nutrisi yang dikonsumsi selama masa kehamilan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi untuk kebutuhan harian, seperti zat besi dan asam folat.

Saat hamil, Anda akan membutuhkan dua kali lipat zat besi dari biasanya. Hal ini karena zat besi berfungsi membentuk hemoglobin (protein di dalam sel darah merah) dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh yang baik untuk pertumbuhan janin.

Maka dari itu, penting bagi Anda memastikan kadar hemoglobin untuk mengoptimalkan oksigen yang tepat. sehingga Anda tidak mengalami kekurangan zat besi saat hamil yang bisa menyebabkan Anda terserang anemia (penyakit kekurangan darah). Berikut ini daftar makanan penambah darah saat kehamilan.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau terutama sayuran yang berdaun kaya akan kandungan zat besi. Anda dapat meningkatkan kadar hemoglobin dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, sawi hijau, pakcoy, dan lain-lain.

2. Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan, seperti delima dan jeruk dapat meningkatkan kadar hemoglobin selama masa kehamilan. Delima kaya akan kandungan zat besi dan jeruk kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain kedua buah tersebut, buah-buahan lain, seperti  kiwi, peach,dan jambu biji juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan.

3. Biji-bijian

Untuk meningkatkan hemoglobin selama masa kehamilan, Anda bisa megonsumsi biji-bijian, seperti biji labu, biji almond dan biji bunga matahari (kuaci). Nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian tersebut berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas) terutama biji bunga matahari. Untuk itu, konsumsi makanan tersebut agar tetap sehat dan kuat.

Baca Juga : Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Manis Bagi Ibu Hamil

4. Smoothie

Smoothie merupakan minuman berbahan dasar buah-buahan yang dicampur dengan susu dan sirup. Selain mencampurkan susu, Anda juga bisa mencampurkan yogurt atau coklat.

Meskipun makanan ini mengandung zat besi yang bersumber dari buah, namun sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi smoothie. Hal ini karena dikhawatirkan dapat memicu penyakit diabetes ketika Anda mengonsumsi dalam jumlah banyak.

5. Kacang-kacangan

Jika Anda tidak memiliki alergi kacang, maka mengonsumsi kacang-kacangan saat hamil merupakan pilihan yang sangat tepat. Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, polong, dan kenari mengandung protein dan folat yang dapat membantu mencegah cacat lahir.

Selain itu, zat besi yang terkandung dalam kacang bisa membantu sirkulasi peredaran darah Anda. Untuk itu, penting bagi Anda mengonsumsi kacang selama masa kehamilan.

6. Ikan salmon

Salmon mengandung zat besi dan aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain menjadi sumber zat besi, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan pada pembentukan otak dan mata pada janin.

Jika dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya, salmon memiliki merkuri yang jauh lebih rendah. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi salmon selama masa kehamilan untuk mendapatkan hamil yang sehat.

Baca Juga : 5 Jenis Vitamin Penting untuk Ibu Hamil

7. Daging

Daging merah (seperti daging sapi) dan ayam adalah sumber zat besi terbaik yang mampu menambah darah selama kehamilan. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa daging tersebut dimasak pada suhu yang aman sehingga kandungan dalam daging tidak hilang dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

8. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat adalah jenis vitamin larut dalam air yang dapat membantu mencegah terjadinya cacat saraf selama kehamilan. Selain itu, asam folat berperan dalam meningkatkan kadar hemoglobin Anda. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Anda bisa mengonsumsi pisang, alpukat, kecambah dan lain-lain.

9. Suplemen Penambah Darah

Selain mengonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa konsumsi suplemen penambah darah. Namun sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, pastikan meminumnya sesuai anjuran dan resep dari dokter.

Untuk itu, selalu periksakan perkembangan kehamilan agar dokter dapat memberi saran mengenai makanan yang harus Anda konsumsi dan seberapa banyak tubuh Anda membutuhkannya. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda dan buah hati yang ada di dalam kandungan selama masa kehamilan.

Baca Juga : Manfaat Mengonsumsi Ikan di Masa Kehamilan

Sumber


Very Well Family. 2020. Iron-Rich Foods to Eat During Pregnancy. www.verywellfamily.com
Web MD. 2018. Are You Getting Enough Iron?. www.webmd.com
Queensland Government. Iron for pregnant women. www.health.qld.gov.au
First Cry Parenting. 2018. How to Improve Hemoglobin Level during Pregnancy. www.parenting.firstcry.com
Healthline. 2019, Pump Up Your Iron with These Pregnancy-Friendly, Iron-Rich Foods. www.healthline.com



Add Your Comment