Manfaat Mengonsumsi Ikan di Masa Kehamilan

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Ikan merupakan salah satu makanan paling sehat di dunia. Ikan mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin D sekaligus sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh dan otak. Lalu bagaimana manfaat konsumsi ikan bagi ibu hamil?

Di Indonesia sendiri banyak sekali beredar mitos tentang konsumsi ikan semasa hamil yang konon dilarang. Alasannya kebanyakan karena alasan kebudayaan yang tidak masuk akal. Padahal, konsumsi ikan sangat dianjurkan, terutama pada wanita hamil.

Selama masa kehamilan, seorang ibu memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya dan janin yang dikandung lewat makanan yang dikonsumsi. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa seorang ibu hamil yang makan ikan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu, akan melahirkan bayi dengan kemampuan yang lebih. Kemampuan ini mencakup meniru suara, mengenali anggota keluarga dan minum dari cangkir.

Studi juga menunjukkan bahwa bayi usia 6 bulan yang selama dalam kandungan ibunya mengonsumsi ikan, akan duduk dan merangkak lebih cepat dibanding yang tidak. Sementara itu, di usia 9 bulan, mereka biasanya mampu untuk minum sendiri dari gelas dan cepat berbicara.

Simak beberapa manfaat konsumsi ikan untuk ibu hamil berikut ini!

1. Menjaga kenaikan berat badan

Ibu hamil sangat rentan mengalami kenaikan berat badan. Tapi ini bisa diatasi dengan makan seimbang, salah satunya dengan mengonsumsi ikan yang kaya protein. Kandungan lemak tak jenuh pada ikan membuat ibu tetap memperoleh asupan protein yang cukup sembari menjaga berat badan naik secara normal.

2. Menurunkan risiko keguguran

Ikan mengandung DHA yang memiliki kemampuan mencegah kontraksi dini yang memicu risiko keguguran. Ini sangat bermanfaat terutama bagi ibu yang sedang hamil di trisemester pertama.

3. Membantu perkembangan otak janin

Omega-3 banyak ditemukan pada makanan laut termasuk tuna yang memiliki banyak manfaat mendukung perkembangan otak. Ketika ibu hamil dan menyusui mengonsumsi ikan, mereka turut menyediakan asupan omega-3  untuk membantu otak bayi berkembang dengan normal. Menurut Dietary Guidelines for Americans tahun 2010, ibu hamil dan menyusui direkomendasikan untuk makan setidaknya 8 ons makanan laut dalam seminggu untuk perkembangan otak anak yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Janin Sehat

4. Membantu meningkatkan kualitas penglihatan

Beberapa studi menunjukkan bahwa kekurangan DHA (yang banyak terkandung pada ikan) selama kehamilan dapat memberikan efek buruk pada perkembangan organ penglihatan bayi. Riset dari Child and Family Research Institute menunjukkan bahwa wanita yang makan banyak daging merah namun sedikit ikan bisa mengalami kekurangan omega-3. Ini dapat menyebabkan bayi mengalami hambatan perkembangan pada indra penglihatannya.

5. Membantu perkembangan sistem saraf bayi

Saat di dalam kandungan, bayi mengalami perkembangan yang sangat signifikan terutama dalam sistem sarafnya. Omega-3 yang terkandung dalam ikan diketahui memiliki peran yang penting dalam mendukung perkembangan sistem saraf janin dalam kandungan.

Meski memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa ada batasan dan aturan-aturan tertentu dalam konsumsi ikan selama masa kehamilan. Anda sebaiknya menghindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri seperti swordfish (ikan todak) dan king mackerel.  Jenis ikan yang paling bagus untuk ibu hamil adalah salmon dan tuna.

Selain jenisnya, Anda juga harus memerhatikan cara masaknya. Untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri dan virus, jangan makan ikan mentah termasuk kerang, sushi, sashimi dan lain sebagainya.

Ikan yang didapatkan dari sumber perairan lokal juga harus mendapat perhatian. Jangan mengonsumsi ikan yang hidup di habitat perairan beracun. Makanlah ikan setelah dimasak dengan benar (suhu setidaknya 63 derajat Celsius hingga benar-benar matang agar manfaat yang Anda dapatkan maksimal.

Baca Juga: Mengenal Diet Mediterania

Sumber:
Mayo Clinic (2019). Pregnancy and Fish: What’s Safe to Eat? www.mayoclinic.org
New Parent (2019). The Best Fish for Pregnant Women. www.newparent.com
National Fisheries Institute (2018). Eating Fish While Pregnant-Fish Benefits for Baby. www.aboutseafood.com
Healthline (2019). 11 Evidence-based Health Benefits of Eating Fish. www.healthline.com