5 Jenis Vitamin Penting untuk Ibu Hamil

Image : BBC

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Kehamilan merupakan masa-masa yang membahagiakan bagi seorang wanita. Namun bagi yang baru mengalaminya untuk pertama kali, ini bisa menjadi hal yang mendebarkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga janin dalam kandungan tetap sehat. Salah satu yang terpenting adalah makanan dan nutrisi penting lainnya.

Di masa kehamilan, kebutuhan seorang wanita akan nutrisi makro bertambah dengan sangat signifikan. Nutrisi makro ini termasuk karbohidrat, protein dan juga lemak. Misalnya saja, seorang wanita yang tidak dalam keadaan hamil hanya memerlukan asupan protein sebanyak 0,8 gram per kilogram berat tubuh sedangkan wanita yang hamil harus mendapatkan 1,1 gram per kilogram berat tubuhnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk nutrisi mikro seperti vitamin. Apa saja vitamin yang paling penting untuk dipenuhi saat kehamilan?

Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

1. Vitamin A dan Beta Karoten

Vitamin A dalam bentuk beta karoten sangat penting untuk perkembangan penglihatan, tulang serta gigi janin yang dikandung. Tidak hanya itu, pemenuhan kebutuhan akan vitamin A juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh ibu agar tidak mudah sakit. Konsumsi vitamin A yang disarankan adalah 770 µg atau maksimal 1.000 µg. Sumbernya bisa Anda temukan pada hati, susu, telur, bayam, brokoli, kentang dan lain-lain.

2. Vitamin C

Saat hamil, kebutuhan tubuh akan zat besi meningkat pesat. Konsumsi vitamin C selain dapat membantu proses penyerapan zat besi ke tubuh juga bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi jaringan dan sel dari bahaya radikal bebas. Vitamin C juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

Kebutuhan vitamin C harian yang disarankan adalah sebesar 85 miligram. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi berbagai macam jenis sayur dan buah seperti jeruk, mangga, tomat dan paprika.

3. Vitamin B Kompleks

Yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks adalah vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B6 (piridoksin) dan B12. Manfaat dari masing-masing vitamin tersebut antara lain:

– Vitamin B1 berguna untuk meningkatkan energi dan mengatur regulasi sistem saraf. Makanan yang kaya vitamin B1 seperti gandum, telur, pasta dan kacang-kacangan.

– Vitamin B2 menjaga energi, penglihatan serta kesehatan kulit. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin B2 dengan menyantap daging, unggas, ikan, produk berbahan susu dan telur.

– Vitamin B3 penting untuk kesehatan kulit, saraf dan pencernaan. Makanan tinggi protein, roti, daging, susu, telur dan kacang-kacangan adalah sumber utama B3.

– Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah dan mengurangi mual di pagi hari. Untuk mendapatkan asupan vitamin B6, perbanyak konsumsi ayam, ikan, hati, telur, kacang kedelai, pisang dan lain-lain.

– Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan DNA bayi serta mencegahnya lahir dalam keadaan cacat. Untuk memenuhi asupan vitamin B12, Anda bisa menyantap ikan, hati, daging sapi dan produk olahan susu.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki peran penting untuk pembentukan serta penggunaan sel darah merah dan otot.  Dalam satu hari, ibu hamil disarankan untuk mendapatkan asupan 15 mg vitamin E dan maksimal 1.000 mg. Adapun makanan yang diketahui kaya akan vitamin E adalah minyak sayur, kacang-kacangan, bayam dan sereal.

5. Vitamin D

Di masa kehamilan, ibu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 600 IU vitamin D yang bisa didapatkan dari susu, ikan berlemak dan cahaya matahari pagi. Vitamin E berperan penting untuk membantu tubuh memaksimalkan penggunaan kalsium dan posfor agar tulang dan gigi terjaga kesehatannya.

Itulah 5 vitamin paling penting yang harus dipenuhi kebutuhannya di masa kehamilan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa vitamin yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter Anda jika ingin mendapatkan vitamin dari suplemen tambahan.

Baca Juga: Pentingnya Mengontrol Gula Darah bagi Ibu Hamil

Sumber:
Buavita (2015). 5 Jenis Vitamin yang Paling Dibutuhkan Ibu Hamil. www.buavita.com
March of Dimes (2018). Vitamins and Other Nutrients During Pregnancy. www.marchofdimes.org
American Pregnancy (2019). Nutrients and Vitamins for Pregnancy. www.americanpregnancy.org
Healthline (2017). Supplements During Pregnancy: What’s Safe and What’s Not. www.healthline.com