Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

Image : www.betagen.co.th

Penulis : Dita Safitri | Editor : Atsa

Anda mungkin tidak asing dengan istilah probiotik. Bakteri baik berupa asam laktat ini adalah mikroba umum yang digunakan untuk produksi beragam makanan dan minuman fermentasi. WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang apabila dikonsumsi dalam jumlah memadai dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, khususnya pada sistem pencernaan.

Banyak studi yang berhasil membuktikan bahwa ketidak seimbangan jumlah bakteri baik dan bakteri buruk dalam usus akan berpengaruh secara umum pada kesehatan seseorang. Probiotik dianggap memiliki dampak yang bagus karena kemampuannya menyeimbangkan kandungan bakteri ini.

Probiotik sering sekali direkomendasikan oleh pakar kesehatan dan nutrisi karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Simak selengkapnya manfaat probiotik bagi kesehatan dalam uraian berikut ini!

Baca Juga : 8 Manfaat Penting Madu bagi Kesehatan Tubuh

1. Menyeimbangkan Bakteri dalam Sistem Pencernaan

Probiotik mengandung banyak bakteri baik. Bakteri ini merupakan mikroorganisme hidup yang bisa mendatangkan manfaat kesehatan saat dikonsumsi.

Manfaat ini dihasilkan dari kemampuan probiotik mengembalikan keseimbangan alami bakteri usus.Kurangnya bakteri baik atau probiotik dalam usus bisa mengakibatkan masalah pencernaan, bahkan lebih rentan terkena penyakit lainnya.

Selain menjaga pencernaan tetap sehat, probiotik ternyata terbukti mampu mengatasi berbagai masalah perut seperti radang usus dan gangguan sistem pencernaan. Konsumsi probiotik dalam jumlah yang cukup juga bisa membantu penderita sindrom iritasi usus.

2. Mencegah dan Mengobati Diare

Probiotik dikenal luas akan kemampuannya mencegah diare dan mengurangi tingkat keparahannya. Jika Anda mengalami diare, coba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya probiotik.

Bakteri baik pada makanan dan minuman probiotik mampu membunuh bakteri jahat dalam usus yang menjadi penyebab diare. Mengobati diare dengan makanan dan minuman yang mengandung probiotik juga lebih aman dan baik daripada memakai obat kimia atau antibiotik.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangat penting untuk melindungi tubuh dari beragam virus dan bakteri jahat penyebab penyakit. Salah satu upaya untuk menjaga metabolisme kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik akan bekerja bersama aliran darah untuk menghentikan sebaran virus dan bakteri jahat.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Probiotik memiliki kemampuan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah. Sebuah ulasan dari 5 studi menemukan bahwa konsumsi probiotik selama 2 hingga 8 minggu mampu mengurangi tingkat kolesterol sebesar 4% dan menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 5%.

Probiotik juga disebut mampu menurunkan tekanan darah. Kedua faktor ini secara langsung berpengaruh pada kesehatan jantung Anda.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling luas dan secara konsisten melindungi tubuh dari polusi, bakteri, jamur, dan terpaan eksternal lainnya. Belum lagi masalah dari dalam tubuh seperti alergi, kurang minum, makanan tidak sehat dan lain sebagainya juga bisa memberikan pengaruh pada kesehatan kulit.

Beberapa permasalahan kulit ringan dapat juga diatasi dengan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Bakteri baik ini dapat menjaga kesehatan kulit seperti memberikan kelembapan ekstra, mengatasi jerawat, eksim, melindungi dari efek buruk sinar UV matahari, dan mencegah inflamasi pada kulit yang hipersensitif.

6. Mereduksi Lemak Perut

Bukan hanya menjadi penyebab perut buncit, lemak pada perut atau viscelar fat adalah lemak yang paling berbahaya. Lemak di dalam perut yang menyelimuti organ dalam dan saluran cerna inilah yang paling berbahaya dibanding lemak di bagian tubuh mana pun. Probiotik bekerja dengan meluruhkan lemak dalam usus dan mengurangi penyerapan kalori.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Viscelar Fat vs Body Fat

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis probiotik yang dapat dihancurkan oleh asam lambung sebelum mencapai usus. Artinya, Anda mungkin tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan sesuai yang diharapkan. Jika Anda ingin merasakan khasiat seperti yang disebutkan di atas, konsumsilah probiotik dalam jumlah cukup.

 

Sumber :
Kun Young Park. (2014). Health benefits of kimchi (Korean fermented vegetables) as a probiotic food. Journal of Medicinal Food. www.ncbi.nlm.nih.gov
Ari Yuniastuti. (2014). Probiotik dalam Perspektif Kesehatan. Semarang : UNNES Press
Healthline (2016). 8 Health Benefits of Probiotics. www.healthline.com
Research Gate (2014). Probiotik dalam Perspektif Kesehatan. www.researchgate.net
Medical News Today (2018). Which Yogurts Contain Lactobacillus acidophilus? www.medicalnewstoday.com
Harvard Health (2018). Health Benefit of Taking Prebiotics. www.health.hardvard.edu