8 Manfaat Penting Madu bagi Kesehatan Tubuh

Image : modisweets.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Madu memang sangat terkenal dengan berbagai macam manfaatnya. Sejak ribuan tahun yang lalu, banyak orang menggunakan madu untuk pemanis alami serta obat untuk penyembuhan. Sebagian besar orang menganggapnya sebagai salah satu bentuk pengobatan yang paling ampuh. Saat ini, para pakar medis dan kebanyakan orang di dunia terus menggunakan madu untuk berbagai keperluan.

Meskipun madu berbahaya bagi bayi di bawah satu tahun, bagi anak di atas satu tahun dan orang dewasa madu kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 8 manfaat yang bisa Anda peroleh dari konsumsi madu. Tapi sebelumnya pastikan bahwa madu tersebut adalah madu asli dan murni, tanpa pemanis tambahan.

Baca Juga : Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Diet & Membakar Lemak

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Madu sangat baik bagi sistem imun dan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu. Selain itu, kandungan phenol dan flovanoid dalam madu bekerja untuk meredakan nyeri dan anti bakteri.

Secara alami, madu bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti sakit tenggorokan, sariawan, dan anti inflamasi bagi tubuh. Kandungan antioksidan dan penangkal bakteri juga membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Oleh sebab itu, madu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang.

Konsumsi madu setiap pagi sebelum sarapan atau bahkan sebelum berolahraga untuk mendapatkan energi yang lebih banyak sepanjang hari. Sangat bermanfaat bagi anak-anak karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Baca Juga : Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

2. Tidur Lebih Nyenyak

Kurang tidur dan susah tidur menjadi masalah yang serius bagi beberapa orang karena dapat mengganggu kesehatan tubuh. Mengonsumsi obat tidur bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu Anda ketahui, madu juga dapat membantu meningkatkan kadar insulin pada tubuh. Tubuh melepaskan serotonin sebagai hasil dari peningkatan kadar insulin yang menjadi melatonin. Nah, Melatonin inilah yang bertanggung jawab untuk membuat Anda tidur lebih lama dan lebih nyenyak.

3. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan, Batuk dan Flu

Tahukah Anda, bentuk cair yang lembut pada madu dapat membantu mencegah infeksi dan menenangkan membran tenggorokan? Banyak penelitian yang sudah membuktikan hal ini. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 139 anak-anak, madu mengalahkan dextromethorphan (penekan batuk), dan antihistamin dapat mengurangi batuk yang sering dialami anak-anak pada malam hari. Selain itu, juga dapat  meningkatkan kualitas tidur mereka.

Studi lain yang melibatkan 105 anak-anak menemukan bahwa madu  mengandung dekstrometorfan yang dapat mencegah batuk pada malam hari. Bukan hanya anak-anak, manfaat madu yang satu ini juga sangat mempan bagi orang dewasa.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa madu kaya antioksidan yang baik bagi tubuh, termasuk untuk organ dalam seperti jantung. Meski demikian, perhatikan madu yang anda minum. Biasanya (tidak selalu) semakin gelap atau kental warna madu semakin banyak kandungan antioksidannya. Namun, selalu pastikan bahwa madu tersebut murni dan asli, supaya tidak memicu penyakit lain seperti gula darah tinggi yang disebabkan tambahan pemanis pada madu.

5. Menjaga Kadar Kolestrol dan Tekanan Darah

Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat sebagai penyebab penyakit jantung. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.
Madu mampu mengurangi kadar LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolestrol baik).

6. Meningkatkan Daya Ingat

Madu tidak hanya meningkatkan kekuatan otak dan memori tetapi juga membuat Anda menjadi orang yang lebih sehat secara keseluruhan. Mengonsumsi madu secara rutin juga dapat mencegah stress pada sistem metabolisme tubuh Anda dan membantu menenangkan dan menyegarkan otak dan dapat membantu meningkatkan memori dalam jangka panjang.

Antioksidan alami pada madu dan sifat terapeutik dalam madu membantu meningkatkan sistem kolinergik dan sirkulasi otak dan dapat mengurangi sel-sel yang menyebabkan hilangnya ingatan Anda. Sangat bagus dikonsumsi untuk semua orang khususnya anak-anak agar dapat membantu mengingat pelajaran di sekolah.

7. Dapat Dijadikan Obat untuk Eksim/Dermatitis dan Peradangan pada Kulit

Eksim adalah kelainan kulit kronis yang sangat gatal, umum dijumpai dan ditandai oleh kulit yang kering, inflamasi dan eksudasi, yang dapat kambuh sewaktu-waktu. Tentu saja penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencampurkan madu dan minyak zaitun kemudian oleskan pada bagian tubuh yang gatal secara rutin. Madu bertindak sebagai pembersih alami dengan menghilangkan kotoran dan membuat kulit halus dan lembut.

Cara ini juga dapat digunakan untuk pengelupasan kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Penggunaan madu secara teratur mencegah eksim kambuh atau kembali lagi.

8. Meringankan Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil di tengkorak yang menghasilkan lendir untuk menjaga sistem pernapasan dari alergi dan infeksi.

Meningkatnya polusi dan debu saat ini, membuat banyak orang terkena masalah terkait sinus. Ketika kita menderita infeksi, virus memblokir sinus, menjebak udara dan lendir yang menyebabkan kesulitan bernafas.

Madu adalah anti bakteri dan anti septik alami yang membantu membersihkan infeksi dan mengurangi radang pada sinus. Madu juga menenangkan tenggorokan dan mengurangi batuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi kemungkinan Anda terserang sinusitis.

Karena Anda sudah mengetahui banyaknya manfaat madu bagi kesehatan tubuh, jadi mulailah mengkonsumsi madu secara rutin mulai dari sekarang! Tubuh yang sehat hanya bisa Anda dapatkan jika Anda hidup dengan pola hidup yang baik.

Baca Juga5 Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Anak

 

Sumber : 
RVD Outdoors. 8 Amazing Health Benefits of Honey. rvcoutdoors.com
Diana Herrington. (2012). Top 10 Health Benefits of Honey. www.realfoodforlife.com/
Web MD. Medicinal Uses of Honey. www.webmd.com
University Health News. (2018). Benefits of Honey: How It Can Heal You Inside and Out. universityhealthnews.com
HealthLine. 10 Surprising Health Benefits of Honey. www.healthline.com