8 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

8 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Penulis: Atsa

Kunyit kerap digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberi aroma juga warna. Kandungan senyawa aktif berwarna kuning, yakni curcumin, biasa dijadikan pewarna makanan dan bumbu pada masakan.

Selain itu, curcumin menjadikan kunyit sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat yang sudah dikenal lama untuk pengobatan tradisional. Tak heran, kunyit digunakan sebagai bahan baku jamu dan obat tradisional lainnya. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menyehatkan Pencernaan

Kunyit paling sering digunakan untuk menambah rasa pada makanan.Namun dalam penggunaannya, kunyit juga dapat memainkan peran penting dalam proses mencerna makanan itu. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam kunyit mencegah peradangan usus, sehingga pencernaan juga bekerja lebih baik.

Baca Juga: 8 Manfaat Kencur bagi Kesehatan

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor 1 di dunia. Zat curcumin yang terdapat dalam kunyit dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan fungsi endotelium lapisan pembuluh darah, dan merupakan agen anti-inflamasi yang kuat dan antioksidan.

Diketahui bahwa disfungsi endotel merupakan pendorong utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotelium untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa curcumin mampu meningkatkan fungsi endotel. Selain itu, curcumin mengurangi peradangan dan oksidasi yang juga berperan dalam penyakit jantung. 

3. Sumber Antioksidan Alami

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu penyebab penuaan dini dan munculnya banyak penyakit. Ini melibatkan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein atau DNA.

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat karena zat ini melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Curcumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Selain itu, curcumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh Anda dengan sendirinya.

4. Mencegah Kanker

Minum air rendaman kunyit, baik yang dikeringkan lalu diseduh ataupun dapat berkontribusi pada pencegahan kanker. Hal tersebut dikarenakan khasiat antioksidan dan anti-inflamasi pada kunyit. National Cancer Institute telah mengakui zat curcumin sebagai anti-karsinogen yang efektif, atau zat yang membantu mencegah kanker.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Curcumin yang terdapat dalam kunyit memang memiliki banyak khasiat, termasuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, kunyit juga memiliki potensi untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga tumor.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

6. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Menurunkan kolesterol jahat atau LDL dapat membantu mengurangi risiko Anda mengalami berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung dan stroke. Dalam poin sebelumnya sudah dibahas bahwa kunyit efektif dalam melakukan hal itu. Sebuah studi juga menemukan keterkaitan antara dosis rendah curcumin dengan penurunan LDL dan kadar kolesterol total.

Baca Juga: Beda LDL vs HDL

7. Menjaga Kesehatan Otak

Banyak gangguan otak secara umum berkaitan dengan penurunan kadar neurotropik, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. Menariknya, curcumin dapat memberikan energi pada sel saraf otak agar berfungsi dengan baik.

Konsumsi minuman dan makanan mengandung kunyit pada batasan tertentu mungkin efektif dalam mencegah terjadinya beberapa penyakit gangguan memori karena penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Namun, studi lebih lanjut mengenai efektivitas zat ini juga masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

8. Meringankan Nyeri Radang Sendi

Khasiat anti-inflamasi pada jamu kunyit atau teh kunyit yang kuat dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita osteoarthritis. Ini juga mampu mengurangi rasa nyeri bagi penderitanya. Senyawa aktif curcumin yang terdapat dalam kunyit dikenal efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis.

Baca Juga: Mengenal Osteoarthritis pada Lansia dan Penanganannya

 

Sumber

Medical News Today. 2018. Everything you need to know about turmeric. www.medicalnewstoday.com

HealthLine. 2018. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin. www.healthline.com

WebMD. 2020. Health Benefits of Turmeric. webmd.com



Add Your Comment