Kenali Perbedaan Prenatal Yoga dan Senam Hamil

Kenali Perbedaan Prenatal Yoga dan Senam Hamil

Penulis: Mustika | Editor: Umi

Mempertahankan rutinitas olahraga selama kehamilan dapat membantu Anda tetap sehat dan merasa lebih baik. Olahraga teratur ini dapat memperbaiki postur tubuh Anda dan mengurangi ketidaknyamanan yang biasa dialami selama kehamilan, seperti sakit punggung dan kelelahan.

Bahkan penelitian dalam Diabetology and Metabolic Syndrome tahun 2019 membuktikan bahwa aktivitas fisik selama kehamilan dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, serta meningkatkan stamina yang dibutuhkan untuk persalinan dan melahirkan.

Ada beberapa latihan fisik yang bisa Anda lakukan selama kehamilan, seperti senam hamil dan yoga prenatal. Walaupun terlihat sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan berdasarkan teknik dan manfaatnya. Lalu, seperti apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Prenatal Yoga dan Senam Hamil

Yoga adalah bentuk latihan dan meditasi di mana napas dan posisi tubuh tertentu digunakan untuk membantu menghubungkan pikiran dan tubuh Anda. Pada prenatal yoga, bentuk latihan dan meditasi lebih berfokus pada latihan fisik dan postur yang dirancang khusus untuk wanita hamil.

Selain memodifikasi posisi untuk kehamilan, yoga prenatal juga menekankan latihan pernapasan, peregangan, dan meditasi yang membantu tubuh Anda mempersiapkan diri untuk persalinan.

Sedangkan senam hamil merupakan latihan gerak untuk mempersiapkan wanita hamil baik fisik maupun mental, sehingga dapat mencegah dan mengurangi kecemasan. Poin utama dalam senam hamil ini adalah menurunkan tingkat kecemasan melalui teknik pernapasan dan peregangan ringan.

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa tingkat kecemasan pada ibu hamil menurun setelah melakukan senam hamil dua kali seminggu. Hal ini karena efek dari senam hamil yang meliputi relaksasi pernapasan dan relaksasi otot.

Baca Juga : Mengenal Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil

Manfaat Prenatal Yoga

Yoga prenatal bisa menjadi cara yang bagus untuk mempersiapkan persalinan. Latihan fisik ini bisa membantu mengurangi stres yang berhubungan dengan kelahiran bayi, mengurangi rasa ketidaknyaman selama masa hamil, dan membantu proses persalinan.

Teknik pernapasan dalam prenatal yoga akan membantu Anda lebih mudah memusatkan pikiran saat bermeditasi, yang akan sangat berguna untuk menguatkan mental, mengatasi kecemasan, dan menghemat energi pada detik-detik persalinan nanti.  Selain itu, prenatal yoga juga memiliki manfaat, seperti:

  • Memperbaiki kualitas tidur ibu hamil
  • Mengurangi stres dan kecemasan
  • Meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot yang dibutuhkan untuk persalinan
  • Mengurangi mual, sakit kepala, sesak napas, hingga rasa sakit pada punggung bagian bawah

Manfaat Senam Hamil

Sama seperti latihan fisik untuk ibu hamil, tujuan senam hamil adalah untuk menyehatkan ibu hamil dan memperlancar proses persalinan. Hal ini didapat dari latihan relaksasi otot yang paling banyak berperan dalam proses persalinan, seperti tulang panggul, otot perut, dan paha.

Bahkan dari sisi psikologis, senam hamil membuat Anda berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Sehingga tak heran, jika selama melakukan senam hamil Anda juga akan lebih banyak diberikan pengetahuan tentang menuju persalinan. Latihan ini tentunya dilakukan untuk mempersiapkan persalinan normal yang lancar.

Selain itu, ada pula manfaat senam hamil yang bisa Anda peroleh jika dilakukan secara teratur, antara lain:

  • Meredakan rasa nyeri dan pegal selama masa kehamilan
  • Mengencangkan otot panggul, paha, dan perut
  • Meringankan nyeri akibat bertambahnya beban tulang belakang sang ibu
  • Memperkuat sendi
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Membantu Anda mendapatkan kembali bentuk tubuh dan stamina seperti semula segera setelah bayi Anda lahir

Baca Juga : Hilangkan Pegal, Pahami Cara Aman Pijat Punggung saat Hamil

Gerakan Prenatal Yoga

Untuk prenatal yoga, ada beberapa gerakan yang mungkin akan Anda lakukan seperti pernapasan, di mana Anda akan dilatih untuk fokus pada latihan pernapasan secara perlahan dan mendalam. Teknik pernapasan ini dapat membantu Anda mengurangi atau mengelola sesak napas selama kehamilan dan saat kontraksi selama persalinan.

Kemudian dilanjutkan dengan peregangan lembut. Instruktur prenatal yoga akan meminta Anda untuk melakukan peregangan atau pemanasan secara lembut untuk memperpanjang dan melemaskan otot-otot Anda.

Selanjutnya adalah latihan postur, di mana saat berdiri, duduk atau berbaring di matras, Anda akan diinstruksikan untuk menggerakkan tubuh menggunakan alat peraga (seperti selimut, bantal, atau ikat pinggang) dengan lembut ke posisi berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan Anda.

Gerakan Senam Hamil

Berbeda dengan senam pada umumnya, gerakan senam hamil akan cenderung lebih santai dan mudah dilakukan. Anda tidak akan melakukan gerakan ekstrim, (seperti melompat ataupun menendang) karena sudah disesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

Selain itu, gerakan senam hamil lebih didominasi dengan peregangan ringan serta latihan pernapasan yang memang sangat diperlukan ketika bersalin. Bahkan gerakan senam hamil umumnya mudah diingat sehingga Anda dapat melakukan latihan sendiri di rumah secara rutin.

Meski begitu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan Anda melakukan jenis olahraga yang tepat pada tahap kehamilan yang tepat. Carilah program yang diajarkan oleh instruktur profesional sesuai bidangnya. Pertimbangkan juga untuk mengamati kelas sebelumnya agar memastikan Anda merasa nyaman dengan kegiatan yang terlibat, gaya instruktur, ukuran kelas, dan lingkungan.

Baca Juga : 6 Tips Aman Olahraga di Masa Kehamilan

Sumber
American Pregnancy Association. Exercise During Pregnancy. Americanpregnancy.org
Bali Medical Journal. 2019. Pregnant gymnastics, ANC, and IEC pregnancy lower the stress on pregnant women. www.balimedicaljournal.org
Diabetology and Metabolic Syndrome. 2019. The effect of exercise on the prevention of gestational diabetes in obese and overweight pregnant women. dmsjournal.biomedcentral.com
Mayo Clinic. 2019. Prenatal yoga: What you need to know. www.mayoclinic.org
National Center for Biotechnology Information. 2003. Effect of Antenatal Gymnastics on Childbirth. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov
WebMD. 2018. Exercise During Pregnancy. www.webmd.com



Add Your Comment