Penderita Asam Lambung Wajib Coba Minuman Berikut!

Penderita Asam Lambung Wajib Coba Minuman Berikut!

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Asam lambung adalah suatu kondisi ketika asam lambung tersebut memungkinkan untuk naik ke kerongkongan, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar di saluran pencernaan. Jika Anda mengalami gejala asam lambung lebih sering daripada biasanya maka kondisi ini disebut penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Beberapa faktor dapat berkontribusi terhadap asam lambung seperti waktu makan, postur Anda setelah makan, merokok, konsumsi minuman berkafein dan penggunaan rempah-rempah yang berlebihan dalam makanan. Gejala umum asam lambung meliputi:

  • Perasaan seperti terbakar yang tidak nyaman di dada Anda, diakibatkan asam lambung yang naik ke tenggorokan Anda.
  • Rasa asam di belakang mulut Anda.
  • Muntah-muntah.
  • Jika Anda memiliki kondisi GERD, Anda mungkin merasa sulit untuk menelan atau bernapas.

Dan berikut adalah beberapa minuman tertentu yang dapat membantu meringankan gejala Anda, seperti:

1. Teh jahe

Teh jahe dipercaya dapat memberikan Anda sensasi hangat dan menenangkan, dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi gejala refluks asam dan membantu meredakan mual. Banyak orang juga mengonsumsi teh jahe untuk meredakan sakit perut dan gangguan pencernaan.

Minuman jahe dapat membantu Anda untuk mengurangi gejala banyak keluhan termasuk:

  • Asam lambung.
  • Kembung.
  • Dispepsia, sebuah deskripsi ketidaknyamanan di perut.

2. Teh herbal

Beberapa herbal non-kafein yang digunakan dalam teh herbal dapat menenangkan saluran pencernaan, khususnya chamomile dan jahe. Teh herbal dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menenangkan masalah perut, seperti gas berlebih dan mual.

Anda dapat menggunakan teh herbal yang dapat meredakan gejala GERD atau asam lambung seperti:

  • Chamomile.
  • Licorice atau akar manis.
  • Jahe.
  • Akar marshmallow.

Licorice dapat meningkatkan lapisan lendir pada lapisan kerongkongan, yang membantu untuk mengurangi efek asam lambung. Sebuah penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa formula herbal licorice dapat memberikan bantuan untuk gejala GERD, secara konsisten dan lebih baik daripada antasida biasa.

3. Susu rendah lemak atau susu skim

Bagi sebagian dari Anda susu sapi dapat sulit dicerna, dan susu murni dapat mengandung sejumlah besar lemak. Mengkonsumsi susu sapi penuh lemak dan makanan berlemak tinggi lainnya dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung.

Makanan atau minuman dengan kandungan lemak tinggi, seperti susu murni, dapat memperburuk gejala sakit GERD Anda. Jadi, susu rendah lemak dan susu nabati bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Misalnya, beberapa susu nabati seperti susu almond yang bersifat basa dapat membantu menetralkan asam lambung.

4. Susu nabati

Untuk Anda yang mengalami peningkatan asam lambung dari mengonsumsi produk susu murni, susu nabati merupakan salah satu alternatif terbaik sebagai penggantinya. Susu nabati tersedia dalam berbagai macam produk, antara lain:

Susu kedelai atau susu nabati lainnya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan produk susu murni, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi Anda yang menderita asam lambung.

5. Jus buah dan sayuran

Jus buah yang sangat asam dapat mengiritasi selaput lendir pipa pencernaan makanan Anda, sehingga dapat memperburuk gejala refluks asam. Namun, buah dan sayuran rendah asam seringkali mengandung senyawa alami yang dapat mengurangi refluks asam. Makan dan minum buah dan sayuran ini mungkin bermanfaat bagi Anda.

Pilihan yang baik untuk membuat jus buah dan sayuran meliputi:

  • Lidah buaya.
  • Seledri.
  • Wortel.
  • Blewah.
  • Melon.

Anda dapat menghindari makanan berbasis tomat, karena dapat memicu asam lambung. Dan dengan menghindari jus tomat juga dapat mengurangi gejala penyakit GERD.

6. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan lain yang sangat baik untuk penderita asam lambung atau GERD. Minuman ini merupakan sumber elektrolit yang baik, seperti potassium, dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh yang sangat penting untuk mengelola refluks asam.

Air kelapa merupakan minuman paling murni dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Air kelapa kaya akan kandungan karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium. Oleh sebab itu, kelapa adalah minuman sempurna untuk rehidrasi karena efek pendinginannya.

Baca Juga: 7 Buah Yang Aman untuk Asam Lambung

Sumber

Healthline. (2022). What to Drink for Acid Reflux. www.healthline.com

NDTV. (2020). Try These Expert Recommended Soothing Drinks To Fight Acid Reflux And Other Digestive Issues. www.ndtv.com

K Health. (2022). Drinks for Managing Acid Reflux. khealth.com

MedicineNet. (2022). 8 Foods and Drinks That Help with Acid Reflux. www.medicinenet.com