7 Manfaat Olahraga Luar Ruangan (Outdoor)

Image : www.sunriseseniorliving.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Era saat ini banyak sekali masyarakat yang memiliki rutinitas super tinggi di dalam ruangan, sehingga jarang sekali bergerak. Hati – hati, hal tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda sendiri. Meski mungkin pola makan Anda sudah terjaga, hal tersebut tidak lah cukup tanpa olahraga rutin.

Jam kerja dari pagi sampai sore membuat sebagian masyarakat kerap memilih untuk berolahraga di pusat kebugaran. Namun, banyak juga yang akhirnya melewatkan olahraga karena harga untuk olahraga di gym juga tidak murah.

Untuk Anda yang berolahraga di gym ataupun yang justru melewatkan olahraga, ketahui bahwa bagaimana pun juga olahraga di luar (outdoor) ruangan memiliki segudang manfaat. Luangkan setidaknya satu kali seminggu untuk olahraga outdoor bagi yang rutin ke gym, dan untuk Anda yang tidak ke gym, justru olahraga outdoor di taman dekat rumah Anda akan sangat menghemat isi dompet Anda.

Selain itu, olahraga di taman terbuka memiliki banyak sekali manfaat yang tidak Anda dapatkan di pusat kebugaran yang indoor/berada dalam ruangan. Menikmati tanaman hijau dan menghirup udara segar saat berolahraga akan meningkatkan kebahagiaan dan membantu Anda melepaskan stres. Berikut 7 alasan mengapa berolahraga outdoor jauh lebih baik untuk Anda :

1. Kuat Berolahraga Lebih Lama

Ketika Anda berlari atau olahraga di luar ruangan, Anda bisa lebih kuat berolahraga dibanding berolahraga dalam ruangan. Apalagi karena Anda dapat merasakan hembusan angin yang segar.

Apakah Anda menyalakan dan turun satu set bangku di taman favorit Anda atau sepeda gunung di sepanjang jalan berhutan terpencil, gangguan di sekitar Anda mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan berolahraga. Akibatnya, Anda akan berakhir jauh lebih jauh daripada yang Anda miliki jika Anda telah ditembok. “Anda dapat menekan ‘berhenti’ di treadmill, tetapi Anda tidak dapat memutar balik waktu setelah berjalan atau berlari tiga mil atau lebih, “kata pelatih yang berbasis di Hollywood Kristen Anderson, pendiri My Daily Trainer, sebuah program online individual.

2. Membakar Lebih Banyak Kalori

Penelitian menunjukkan bahwa para olahragawan membakar 10 persen lebih banyak kalori ketika mereka berjalan atau berlari di luar ruangan daripada mereka yang melakukan treadmill dalam ruangan dengan kecepatan yang sama.

“Ketika Anda terjebak dalam ruangan, Anda jadi lebih fokus dengan rasa lelah Anda” kata John Porcari, seorang ahli fisiologi olahraga di University Wisconsin-La Crosse.

3. Memperoleh Vitamin D

Sebagian besar waktu kita mungkin dihabiskan di dalam ruangan. Dengan menyediakan waktu untuk berolahraga di luar ruangan, akan membantu Anda memperoleh vitamin D dari matahari.

Ketika terkena sinar dari matahari, tubuh kita secara alami mengubah kolesterol di kulit kita menjadi vitamin D3. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti osteoporosis, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Memperoleh cukup vitamin D dalam tubuh akan membantu pembentukan dan penguatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis dan osteomalacia. Mendapatkan cukup vitamin D per hari juga dapat mengurangi risiko penyakit lain, termasuk multiple sclerosis, diabetes tipe 1, sindrom metabolik dan penyakit jantung.

Selain itu, mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup setiap hari dapat membantu mengurangi sistem kekebalan yang terlalu aktif untuk orang-orang dengan kondisi autoimun seperti lupus dan psoriasis.

4. Menghirup Udara Lebih Segar

Menghirup udara segar membantu menyehatkan paru-paru Anda, memungkinkan Anda untuk mengambil napas lebih dalam, serta meningkatkan jumlah oksigen yang diangkut ke sel-sel tubuh Anda.

Peningkatan oksigen dalam tubuh berarti energi dan kejernihan pikiran yang lebih besar. Menurut Journal of Environmental Psychology, peneliti melaporkan jika seseorang akan merasa lebih bahagia, lebih sehat dan lebih hidup ketika mereka menghabiskan waktu di alam.

5. Merasa Lebih Bahagia

Menyaksikan dan menikmati alam membuat orang merasa lebih hidup. Menurut serangkaian studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology. Dalam sejumlah penelitian terbaru lainnya, sukarelawan pergi berjalan dua kali untuk waktu atau jarak yang sama, sebagian olahraga treadmill indoor, yang lain di luar ruangan/outdoor. Hampir semua peserta melaporkan menikmati aktivitas luar lebih banyak dan mendapat skor yang lebih tinggi secara signifikan pada tes psikologis yang mengukur vitalitas dan energi, dan lebih rendah dalam kemarahan dan depresi.

6. Anda akan Menghemat Uang

Keanggotaan gym rata-rata biaya antara 100-500 ribu per bulan. Olahraga di luar ruangan tentu tidak akan semahal itu, bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya olahraga.

7. Menghindari Kuman dari Keringat Orang Lain

Sudah pasti di tempat kebugaran indoor banyak orang berkeringat menggunakan beragam alat-alat olahraga. Maka, banyak bakteri bisa melekat pada tubuh Anda.

Jika Anda sensitif, beberapa bakteri bisa menyebabkan gata-gatal dan alergi pada tubuh. Anda bisa menghindari bahaya ini dengan selalu mencuci tangan dan mandi bersih sehabis fitnes. Meski demikian, olahraga di luar ruangan tetap jauh lebih aman dan menyehatkan.

Baca Juga : Kenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari?

 

Sumber :
Valerie F Gladwell. (2013). The great outdoors: how a green exercise environment can benefit all. www.ncbi.nlm.nih.gov
LiveStrong. The Effects of Sunlight & Fresh Air on the Body. www.livestrong.com
WebMD. 7 Reasons to Sweat Outdoors. www.webMD.com
Mind Body Green. 6 Science-Backed Reasons Outdoor Exercise Is So Much Better For You. www.mindbodygreen.com