Kenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari?

Image : www.onlymyhealth.com

Penulis : Dita Safitri | Editor : Atsa

Saat ini lebih banyak orang yang terlihat lebih aktif berolahraga di sore dan malam hari. Aktivitas rutin bekerja dari pagi sampai sore membuat banyak orang sulit bangun lebih pagi untuk meluangkan waktu berolahraga sebelum bekerja.

Meskipun beberapa di antara kita mungkin mencoba bangun bagi untuk berolahraga secara rutin, masih banyak yang lebih memilih melakukannya sepulang bekerja. Alasan pemilihannya, karena pagi hari begitu susah untuk bangun dan berolahraga dahulu sebelum memulai aktivitas. Akibatnya, jadwal olahraga pun tergeser ke sore atau malam hari.

Padahal, olahraga pagi memiliki banyak sekali manfaat yang tidak akan Anda temukan di waktu yang lain. Ya, Anda memang harus berdisplin dengan bangun pagi untuk melakukannya. Tapi dengan manfaat berikut ini, tidak ada salahnya memulai olahraga pagi mulai sekarang!

Baca Juga7 Menu Sarapan untuk Kenyang Lebih Lama

1. Melancarkan metabolisme tubuh

Excess Post-Exercise Oxygen Consumption atau EPOC adalah sebuah istilah yang populer di dunia fitness. Ini mengacu pada fakta bahwa tubuh membakar lebih banyak kalori sehabis olahraga meskipun setelahnya Anda hanya duduk di meja kerja.

Orang yang berolahraga di pagi hari akan membakar kalori ekstra, meski Anda makan siang dan aktif duduk di kantor. Makan siang Anda akan lebih mudah terbakar menjadi energi bagi tubuh. Jadi Anda tak perlu khawatir dan takut makan siang dan kegiatan duduk Anda akan menambah timbunan lemak tubuh.

2. Membiasakan diri untuk disiplin

Membiasakan diri untuk berolahraga di pagi hari sebenarnya lebih mudah dari mencoba disiplin berolahraga setelah bekerja. Lelah setelah bekerja sering jadi alasan untuk bolos olahraga. Berbeda dengan olahraga pagi, dimulai setelah bangun dan sebelum bekerja, godaan untuk bolos olahraga karena lelah bekerja dapat dihindari.

Selain itu, Anda juga akan jadi terbiasa untuk disiplin dalam segala hal karena sudah menjadi kebiasaan rutin Anda. Tentu saja ini akan sangat mendukung kesuksesan Anda dalam karir, karena orang sukses di mulai dengan disiplin.

Baca Juga : 5 Cara Efektif Disiplin Diet

3. Stress karena pekerjaan akan berkurang

Sudah terbukti secara ilmiah bahwa orang yang berolahraga secara rutin di pagi hari, cenderung merasa lebih bersemangat di kantor. Mereka juga tidak dihantui perasaan cemas karena harus lembur dan gagal berolahraga. Hormone endorphin yang dihasilkan tubuh pasca berolahraga membuat kita lebih tenang dan bahagia, sehingga Anda akan jauh dari stress dan depresi.

4. Kualitas tidur lebih baik

Rutin beraktivitas fisik dengan olahraga di pagi hari terbukti membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam harinya. Kualitas tidur yang baik dengan waktu yang cukup akan memengaruhi kondisi kesehatan juga. Bagi Anda yang memiliki masalah insomnia, olahraga pagi bisa menjadi solusi yang patut dicoba.

5. Kulit tampak lebih sehat

Meskipun olahraga secara umum memang bisa membantu kulit tampak glowing, namun olahraga di pagi hari ternyata bisa melakukan yang lebih dari itu. Faktor cahaya matahari pagi serta kondisi tubuh yang mudah terhidrasi membuat kulit tampak lebih sehat. 

Rasanya sudah tidak perlu diperdebatkan lagi kenapa Anda harus berolahraga di pagi hari. Selain bisa menciptakan rutinitas konsisten untuk kedisplinan Anda, metabolisme Anda juga akan semakin membaik.

Tubuh akan tampak sehat, kulit berkilau, mood membaik dan pikiran jadi lebih fokus. Yuk, mulai rutin berolahraga pagi hari ini!

Baca Juga : 7 Manfaat Olahraga Luar Ruangan (Outdoor)

 

Sumber :
Cosmopolitan (2014). 15 Very Good Reasons to Exercise in the Morning. www.cosmopolitan.com
NBC News (2017). 9 Really Good Reasons to Exercise Early in the Morning. www.nbcnews.com
My Active SG (2018). 6 Reasons Why Morning Exercise is Important for Your Health. www.myactivesg.com
Make Your Body Work (2016). 7 Benefits of Morning Exercise, Plus 5 Tricks To Actually Love It. www.makeyourbodywork.com