6 Penyebab Sering Bersin dan Hidung Gatal

Image : www.healthfully.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Rasa gatal di hidung bisa sangat menjengkelkan. Biasanya, rasa gatal di hidung Anda hanya berlangsung selama beberapa detik, dan kemudian Anda bersin. Namun, kadang-kadang, bersin tidak menghilangkan masalah, dan hidung terus terasa gatal. Jika Anda memiliki rasa gatal-geli di hidung yang tidak mudah hilang, berikut ini bisa jadi penyebabnya :

1. Virus

Gelitik gatal di hidung Anda mungkin disebabkan oleh virus seperti yang terjadi flu biasa. Meskipun pilek paling umum terjadi di musim dingini, Anda tetap bisa mendapatkannya kapan saja sepanjang tahun. Faktanya, kebanyakan orang dewasa menderita dua atau tiga pilek setiap tahun, dan anak-anak bahkan bertambah banyak.

Hidung Anda yang terasa gatal mungkin cara tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa Anda akan kedinginan. Ketika virus penyebab pilek pertama kali menginfeksi hidung dan sinus, hidung Anda mencoba menyiramnya dengan lendir. Bersin adalah cara lain agar tubuh Anda mengeluarkan bakteri tersebut. Itulah yang dapat menjelaskan mengapa hidung bisa terasa gatal.

2. Alergi

Alergi terjadi ketika tubuh Anda memiliki respon pertahanan terhadap sesuatu di lingkungan Anda. Saat Anda alergi terhadap sesuatu, tubuh Anda salah mengartikannya sebagai suatu hal yang asing, seperti virus flu. Ini dapat menyebabkan gejala seperti pilek. Banyak orang memiliki alergi terhadap suatu hal asing, seperti bulu hewan, serbuk sari, dandebu.

Alergi bisa bersifat musiman atau berlangsung sepanjang tahun. Mereka dapat menyebabkan peradangan yang menjengkelkan di hidung seperti rasa gatal hingga hidung memerah.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Hidung Gatal

3. Iritasi Lingkungan

Ada hal-hal di udara yang bisa sangat mengiritasi saluran pernapasan di hidung. Orang yang terganggu oleh iritasi memiliki apa yang disebut dokter sebagai rinitis non alergi. Gejalanya mirip dengan alergi musiman, tetapi tubuh Anda tidak memiliki reaksi imun. Anda mungkin mengalami pilek atau iritasi hidung lainnya. Iritasi yang umum terjadi karena wewangian, asap, dan produk pembersih.

4. Sinusitis

Sinusitis merupakan inflamasi atau radang yang terjadi pada dinding sinus. Bisa terjadi dalam waktu singkat atau akut yang lama. Karena inflamasi inilah hidung bisa terasa gatal dan menggelitik. Jika Anda merasakan sensasi menggelitik di hidung selama lebih dari beberapa minggu bisa jadi sinusitis sudah akut.

Sinusitis akut adalah kondisi yang terjadi ketika saluran dinding sinus meradang dan membengkak. Itu berlangsung setidaknya 12 minggu dan termasuk beberapa gejala seperti kesulitan bernapas, kelelahan, dan rasa sakit di sekitar mata.

5. Polip Hidung

Polip hidung sering terjadi pada orang dengan sinusitis kronis. Polip tumbuh kecil, lembut, non-kanker yang menggantung dari lapisan saluran hidung Anda. Mereka juga dapat disebabkan oleh asma, alergi, sensitivitas obat, atau beberapa gangguan kekebalan tubuh. Pertumbuhan yang lebih besar bisa menyebabkan iritasi dan menyebabkan masalah pernapasan serta hilangnya indra penciuman.

6. Hidung Kering

Ketika hidung Anda menjadi kering, itu bisa menjadi tidak nyaman, gatal, dan perih. Hidung kering sering disebabkan karena terlalu banyak membuang ingus. Beberapa obat untuk alergi dan pilek juga dapat mengeringkan hidung Anda. Hidung kering sering terjadi selama musim dingin.

Baca Juga : 8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Sumber :
HealthLine. (2017). How to Treat a Tickle in Your Nose. www.healthline.com
HealthLine. (2017). Allergic Rhinitis. www.healthline.com
Buoy Health. (2019). Nose Itch Symptoms, Causes & Common Questions. www.healthline.com