Cara Ampuh Mengatasi Hidung Gatal

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Ada banyak kemungkinan penyebab gatal di hidung. Ini bisa berupa alergi, kekeringan, atau iritasi. Beberapa solusi sederhana akan membantu untuk menyingkirkan masalah tersebut. Hidung seringkali menjadi penghalang pertama untuk menghentikan iritasi agar tidak terhirup ke saluran udara. Rambut kecil di dalam lubang hidung menangkap partikel, seperti debu, kotoran, atau serbuk sari. Ini dikenal sebagai iritasi lingkungan dan dapat menyebabkan gatal di hidung. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati hidung yang gatal :

1. Hindari pemicu

Jika Anda bereaksi terhadap alergen (bulu hewan peliharaan, serbuk sari, debu) atau iritasi (asap, parfum, bahan kimia), cobalah menjauh untuk menghindari hidung geli dan gatal. Dengan mengetahui apa pemicunya, maka hidung gatal karena alergi dan iritasi dapat dihindari.

2. Minum Antihestamin

Ketika Anda memiliki reaksi alergi, tubuh Anda melepaskan zat yang disebut histamin. Histamin menyebabkan gejala alergi ketika berikatan dengan reseptor pada sel-sel tertentu dalam tubuh Anda. Antihistamin bekerja dengan mengurangi efek histamin pada reseptor sel tertentu.

Antihistamin dapat membantu mengobati gejala seperti: konstipasi, hidung beringus, bersin, gatal, pembengkakan hidung, gatal-gatal, ruam kulit, mata gatal dan berair.

3. Minum Obat Flu

Jika gatal di hidung Anda dikarenakan flu, maka segera minum obat flu untuk meredakan flu dan menghilangkan rasa gatal di hidung.

4. Banyak Minum Air Putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu menghentikan hidung mengering jika seseorang menderita infeksi pilek atau sinus. Jumlah cairan yang harus diminum seseorang bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Bagi orang dewasa, minum sekitar 8 gelas air per hari. Minum cukup cairan penting untuk kesehatan secara umum.

Coba tambahkan seiris lemon ke dalam cangkir air panas. Menghirup uap dari air panas melalui hidung juga dapat membantu membersihkan sinus.

5. Gunakan Humidifier

Gatal di hidung bisa disebabkan oleh kulit di dalam hidung mengering. Ini bisa terjadi dalam cuaca panas atau iklim kering. Humidifier dapat digunakan untuk menambah kelembapan udara di ruangan.

6. Cukup Istirahat

Jika Anda terserang demam atau flu yang disertai hidung gatal, maka tidak banyak yang dapat Anda lakukan kecuali minum obat dan beristirahat sebanyak mungkin. Istirahat yang cukup akan membuat Anda lekas sembuh sehingga gatal di hidung juga lekas sirna.

7. Mengunjungi Dokter

Saran dari dokter akan sangat bermanfaat jika iritasi pada hidung berlangsung lama. Rinitis alergi adalah penyebab umum dari gatal yang menetap di hidung. Ini terjadi ketika kulit halus di dalam hidung meradang karena alergen, seperti serbuk sari. Rinitis non-alergi lebih jarang dan dapat lebih sulit untuk didiagnosis. Gejalanya meliputi hidung tersumbat atau pilek, indera penciuman berkurang, bersin, dan gatal di hidung. Perawatan untuk kondisi-kondisi ini biasanya dengan obat semprotan hidung, membilas hidung, dan menghindari iritasi.

Baca Juga : 6 Penyebab Sering Bersin dan Hidung Gatal

 

Sumber :
HealthLine. (2017). How to Treat a Tickle in Your Nose. www.healthline.com
Medical News Today. (2018). Why is my nose tingling inside?. www.medicalnewstoday.com
HealthLine. (2018). Popular Over-the-Counter Oral Antihistamine Brands. www.healthline.com