8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Image : lifestyleaajkal.com

Penulis : Hikmah Ayu | Editor : Atsa

Pada akhir dan awal tahun, seluruh wilayah Indonesia mengalami musim hujan. Namun, iklim musim hujan saat ini justru tidak menentu. Sebentar hujan dan sebentar terik sekali. Sehingga mengakibatkan tubuh jadi rentan dengan gangguan kesehatan.

Nah, di tengah cuaca yang tak menentu ini, Anda pasti berpikir bagaimana caranya agar tetap sehat, bugar dan bisa tetap beraktivitas sehari-hari. Yuk, intip 8 tips untuk menjaga kesehatan di musim hujan.

Baca Juga5 Kebiasaan Sehat Harian Supaya Tubuh Selalu Fit

1. Minum banyak air putih

Walau sering disepelekan, tetapi air putih memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Di saat musim hujan, air putih dapat menetralisir racun-racun dalam tubuh dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Isi air putih dalam tumbler Anda dan bawa saat Anda berkegiatan. Jika perlu, tambahkan beberapa potong buah lemon dan dua sendok makan madu ke dalam tumbler Anda untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Konsumsi makanan sehat dan multivitamin

Makanan segar dan sehat merupakan cara murah untuk menjaga kesehatan. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C agar terhindar dari flu dan sayur-sayuran agar kebutuhan serat terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin lainnya, tetap konsumsi multivitamin. Kurangi makanan yang berminyak dan bersantan untuk menghindari batuk dan radang tenggorokan.

Coba bawa makanan buatan rumah Anda agar mutu dan kebersihannya terjamin. Dengan begitu Anda dapat menangkal penyebaran penyakit yang menyebar melalui makanan.

3. Pertahankan rutinitas berolahraga

Suhu udara di musim hujan memang sangat menggoda Anda untuk berdiam diri di rumah atau bahkan di balik selimut, namun jangan sampai melewatkan rutinitas olahraga Anda. Olahraga dapat membuat tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

Jika Anda tidak dapat berolahraga di luar ruangan atau pergi ke gym terdekat, pastikan Anda berolahraga ringan dan yoga di rumah Anda minimal seminggu sekali.

4. Biasakan anggota tubuh tetap higienis

Pastikan sebelum Anda memakan sesuatu atau memegang bagian muka Anda, tangan Anda sudah dicuci dengan bersih. Hal ini untuk menghindari penyebaran penyakit melalui paparan tangan Anda. Begitu pula dengan bagian kaki Anda. Jika kaki Anda terkena air hujan atau genangan air di jalan, segera bilas dengan air mengalir, bila perlu dengan air hangat. Guna menghindari masuk angin, rematik atau kutu air.

Selalu sediakan hand sanitizer dan tisu basah kalau Anda tidak menemukan wastafel dan sabun tangan di sekitar Anda.

5. Update berita prakiraan cuaca

Jangan abaikan aplikasi prakiraan cuaca yang ada di handphone Anda. Karena dari update berita setiap harinya, kita dapat mengetahui kabar cuaca terbaru. Dari aplikasi tersebut pula kita dapat menghindari waktu ketika hujan lebat akan terjadi atau sinar terik matahari. Dan jika Anda sempat menonton berita prakiraan cuaca melalui televisi, Anda dapat mengetahui dan menghindari daerah mana saja yang terendam banjir.

Baca JugaJangan Abaikan 7 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

6. Pakai krim anti-nyamuk

Pada musim hujan, perberkembangbiakan nyamuk sangat meningkat. Guna menghindari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan Anda gatal-gatal dan terkena penyakit DBD, pakailah krim anti-nyamuk. Ulangi pemakaian jika sudah melebihi waktu 8 jam. Agar Anda tetap terlindung dari gigitan nyamuk.

7. Kenakan pakaian hangat

Suhu udara yang rendah ketika musim hujan kerap kali menjadi hambatan Anda dalam beraktivitas. Kenakan pakaian hangat agar menjaga suhu tubuh Anda dan menghindarkan Anda dari masuk angin. Anda bisa memakai oversized sweater dan dipadu padankan dengan syal agar penampilan Anda tetap trendy namun tetap hangat.

8. Selalu membawa payung

Seperti peribahasa yang mengatakan, ‘Sedia payung sebelum hujan’, Anda juga harus selalu sedia payung ketika musim hujan. Simpan payung lipat di tas Anda atau payung besar di mobil Anda supaya Anda tidak kebasahan ketika sedang beraktivitas di luar ruangan ketika hujan.

Nah, 8 tips di atas dapat membantu Anda agar tetap sehat dan bugar ketika musim hujan.

Baca JugaCara Ampuh dan Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Sumber :
Times of India. (2017). 5 Ways to Stay Healthy During the Monsoons. www.timesofindia.indiatimes.com
Molok, Natalya. (2018). Ways to Stay Healthy and Flu-free this Rainy Season. www.asiaone.com
Ranada, Pia. (2013). 7 Ways to Stay Healthy this Rainy Season. www.rappler.com
Combiphar. (2016). 45 Tips to Stay Healthy in the Rainy Season. www.combiphar.com