6 Manfaat Kolagen bagi Tubuh Anda

Image : www.theenduranceedge.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Kebanyakan dari kita pasti pernah mendengar nama “Kolagen” di kehidupan sehari-hari. Akhir-akhir ini kolagen juga banyak dibicarakan orang karena berbagai macam manfaatnya. Mungkin Anda pernah mendengarnya oleh para pakar kesehatan, ahli kecantikan, dan bahkan mungkin kerabat Anda.

Kolagen sebenarnya adalah protein berserat larut yang penting dan terdapat dalam jaringan ikat tubuh kita. Ada beberapa macam kolagen tapi dari semua macam kolagen yang ada, ada empat jenis kolagen utama.

Jenis Pertama adalah yang bertanggung jawab untuk struktur kulit, tulang, tendon, tulang rawan berserat, jaringan ikat, dan gigi. Jenis yang kedua bertanggung jawab dalam kartilago elastis (bantalan pada sendi). Kemudian, jenis ketiga untuk mendukung struktur otot, struktur organ, dan struktur arteri. Terakhir, jenis yang keempat berfungsi untuk membantu dalam penyaringan dan penyerapan, menutupi bagian tubuh baik lapisan kulit luar maupun lapisan permukaan organ dalam.

Nah, dari keempat jenis kolagen tersebut, dapat disimpulkan beberapa manfaat kolagen bagi tubuh sebagai berikut.

1. Membantu Pembentukan Otot dan Membakar Lemak

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jenis Kolagen Tipe ketiga adalah mendukung struktur pembentukan otot. Perlu diketahui, kolagen adalah komponen utama pada jaringan otot.

Kolagen juga meningkatkan metabolisme tubuh, menjadikan protein sebagai sumber tenaga yang akan membakar lemak lebih cepat saat berolahraga.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Weight Loss vs Fat Loss

2. Menjaga Kesehatan Gigi, Gusi dan Kuku

Untuk memastikan gusi dan gigi sehat dan tidak kehilangan gigi Anda, pastikan untuk menjaga asupan kolagen. Hal ini akan meningkatkan kepadatan tulang di rahang Anda, di papilla di sekitar gigi, dan di tulang alveolar. Tulang ini adalah tulang yang bertanggung jawab untuk mempertahankan gigi.

Selain gigi dan gusi, kolagen juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan kuku. Kuku yang sering diwarnai adalah yang paling rentan mengalami patah kuku. Kuku terbuat dari mineral, keratin, dan kolagen. Seiring bertambahnya usia, produksi jumlah kolagen secara alami di tubuh kita berkurang. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan kolagen dengan makanan bernutrisi yang dapat memicu produksi kolagen.

3. Menghambat Penuaan Dini dan Mencegah Keriput

Salah satu manfaat kolagen yang paling terkenal adalah kemampuannya yang dapat membuat kulit tampak lebih bersinar dan cerah. Kolagen juga penting karena memberikan elastisitas pada kulit.

Berkurangnya kolagen pada kulit adalah penyebab utama kerut atau keriput. Untuk mencegah penuaan dini atau menjaga kulit tetap kencang meski di usia atas 30an, jaga kulit Anda dengan makanan yang dapat memicu produksi kolagen.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen. Namun, tentu saja Anda harus tetap menjaga nutrisi dari dalam luar tubuh karena perawatan dari luar saja tidak akan cukup.

Baca Juga : Cara Menjaga Kelembapan dan PH Seimbang pada Kulit Wajah

4. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi medis dimana tulang menjadi rapuh karena kehilangan struktur jaringan pembangunnya. Hal ini biasanya terjadi akibat perubahan hormon atau kekurangan kalsium dan vitamin D.

Kekuatan tulang juga bergantung pada asupan mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan juga protein penting seperti kolagen. Tulang yang kuat bukan hanya dari terjaganya asupan kalsium, kalau hanya kalsium tanpa kolagen, air dan vitamin, cedera sedikit saja tulang bisa mudah patah. Saat usia lanjut, tulang juga rawan keropos atau osteoporosis.

5. Dapat Membuat Rambut Menjadi Sehat

Protein merupakan zat utama yang terdapat pada  rambut. Mendapatkan lebih banyak protein kolagen dalam tubuh Anda akan dapat memperkuat akar dan batang rambut, menyehatkan kulit kepala, dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kolagen juga dapat menangani masalah rambut seperti tanda-tanda rambut rontok dan mencegah kulit kepala kering.

Baca Juga : 6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

6. Mencegah Masalah Nyeri Sendi

Ketika Anda mulai kehilangan kolagen yang ada dalam tubuh Anda, risiko masalah sendi bisa saja terjadi. Seperti beberapa nutrisi lainnya, kolagen sangat penting untuk menjaga kepadatan bantalan sendi.

Risiko masalah sendi ini sering sekali disepelakan, padahal sering sekali terjadi dampaknya saat usia lanjut. Nyeri sendi, rematik, hingga osteoarthritis sangat rawan terjadi pada usia dewasa hingga usia lanjut.

Cegah risikonya dengan makanan bernutrisi baik untuk produksi kolagen, jika sudah mulai lanjut usia, cegah lebih cepat dengan konsumsi suplemen kolagen.

Mulailah merawat kesehatan tubuh Anda mulai dari sekarang sebelum terlambat. Dengan menjaga jumlah kolagen dalam tubuh melalui makanan sehat atau suplemen kolagen, Anda akan merasakan manfaatnya hingga masa tua.

Baca Juga : Cara Mencegah Risiko Osteoarthritis Sejak Dini

 

Sumber :
Collagen Complete. The Top 14 Benefits of Collagen Supplements. collagencomplete.com
Amy Myers MD. (2017). Top 7 Health Benefits of Collagen & How to Get More of It. www.amymyersmd.com
Dr. Anthony Gustin, DC, MS. (2018). 7 Proven Benefits of Collagen, According to Science. perfectketo.com
Viguet-Carrin S. (2006). The role of collagen in bone strength. Osteoporos Int. Journal 17 (3) : 319-36. www.ncbi.nlm.nih.gov