6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

Image : fashionlady.in

Penulis : Dhiya | Editor : Atsa

Memiliki rambut yang tebal dan kuat, siapa yang tidak mau? Bagi orang yang memiliki rambut tipis dan mudah rontok, mungkin beberapa dari mereka akan mencoba membeli obat penyubur rambut yang ada di pasaran. Namun, sebaiknya Anda jangan mencoba obat penyubur rambut yang kandungannya belum tentu aman.

Jangan terlalu khawatir jika Anda memiliki rambut yang mudah rontok, Bahan alam berikut bisa jadi solusi penyubur rambut yang aman dan mudah ditemukan. Apa saja ya penyubur rambut alami untuk rambut? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki segudang khasiat untuk perawatan tubuh, khususnya rambut. Karena minyak yang satu ini mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, C, D, E, K, biotin, niacin, dan sebagainya. Kandungan tersebut akan membantu rambut tumbuh subur dan halus.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai perawatan rambut di rumah. Waktu yang tepat untuk menggunakan minyak zaitun adalah pada malam hari sebelum tidur. Caranya teteskan minyak zaitun secukupnya ke kulit kepala Anda. Kemudian pijat dengan lembut sampai minyak benar-benar merata di kulit kepala. Lalu tutup kepala Anda dengan penutup rambut dan diamkan selama semalaman. Dengan begitu minyak zaitun akan meresap secara maksimal, dan bilas dengan shampoo pada pagi harinya.

2. Minyak Kemiri

Salah satu bahan dapur ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Kandungan zat aponin, falvonoida, dan polifenolnya sangat bagus bagi akar rambut.

Selain itu minyak kemiri juga membantu mengurangi ketombe, menghitamkan rambut, dan mengurangi kerontokan. Kandungan tersebut juga dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Gunakan minyak kemiri untuk creambath. Lakukan sebelum keramas supaya baunya tidak menyengat.

3. Kelapa

Salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat baik adalah kelapa. Khusus untuk rambut, Anda bisa menggunakan perawatan dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni kaya akan protein yang bisa melembabkan dan menurunkan risiko kerusakan rambut. Sehingga dapat benar-benar memicu rambut untuk tumbuh subur.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan santan untuk menebalkan rambut. Santan juga berfungsi untuk membuat rambut lebih lembut dan mengkilap. Karena santan mengandung lemak tak jenuh, gula, protein, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium. Kandungan tersebut membuat santan menjadi bahan yang efektif untuk membuat rambut Anda lebih tebal.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera biasanya populer digunakan sebagai perawatan wajah yang alami. Namun, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk rambut. Sejak puluhan tahun lalu, lidah buaya telah dipercaya dapat menyuburkan rambut dan memberi nutrisi pada akar rambut. Kandungan asam amino dan enzim proteolytic sangat bagus untuk digunakan sebagai perawatan rambut alami.

Mengaplikasinnya pun sangat mudah yaitu potong lidah buaya dan ambil lendirnya, setelah itu gosokan ke rambut Anda. Pijatlah dengan lembut dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dan shampoo sampai bersih. Gunakan secara rutin, sebanyak 3x seminggu.

5. Madu

Pemanis alami yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk rambut. Madu juga sangat bermanfaat untuk penyubur rambut alami. Karena madu akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Gunakan madu murni untuk penyubur rambut alami.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup mengoleskan madu murni pada seluruh rambut dan kulit kepala lalu pijat dengan lembut. Setelah itu diamkan selama 1 jam dan tutup dengan menggunakan handuk hangat. Bilaslah dengan menggunakan air hangat juga.

6. Seledri

Salah satu jenis daun yang biasa digunakan untuk masakan ini bisa Anda gunakan juga untuk penyubur rambut alami. Seledri mengandung kalsium, natrium, vitamin A, vitamin B dan zat besi yang bisa membuat rambut Anda lebih sehat dan berkilau.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup ambil 10 helai daun seledri yang sudah dihaluskan. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda. Dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Kulit Apel

Jika Anda sedang memakan buah apel, jangan buru-buru membuang kulitnya ya. Ternyata kulit apel juga bisa digunakan sebagai penyubur rambut alami. Apel mengandung vitamin A, B, C dan nutrisi alami yang sangat dibutuhkan oleh kulit kepala.

Selain itu, apel juga mengandung antioksidan dan ekstrak polyphenol yang dapat mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Semua kandungan tersebut sangat berpengaruh baik pada pertumbuhan rambut. Caranya haluskan kulit apel dan oleskan pada rambut. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Untuk memiliki rambut yang tebal dan sehat, Anda tidak perlu pergi ke salon yang mahal. Semua bahan-bahan alami di atas dapat dengan mudah Anda temukan dan tentu saja aman digunakan. Lakukan secara rutin dan gunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Selamat mencoba!

Baca JugaTips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

 

Sumber :
Harian Gadis. (2017). 7 Obat Penyubur Rambut Alami. Hariangadis.com
Tips Merawat Rambut. (2019). 7 Bahan Penyubur Rambut Alami & Cepat untuk Orang Dewasa. Tipsmerawatrambut.id
Merdeka.com. (2017). 14 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis Secara Alami. www.merdeka.com
Gaya Rambut. (2017). 15 Tanaman Penyubur Rambut Kepala Secara Alami. Gayarambut.co.id
Merdeka.com. (2013). 8 Bahan Alami Penyubur Rambut. www.merdeka.com