6 Gerakan Push-Up Efektif untuk Dada Bidang

Image : www.inlifehealthcare.com

Penulis : Dita Safitri | Editor : Atsa

Push-up sering dianggap sebagai gerakan olahraga yang kurang bermanfaat dan sering diabaikan dalam program latihan pembentukan tubuh. Padahal untuk membangun postur yang bidang dan dada yang kuat, gerakan klasik ini sangat bermanfaat.

Push-up merupakan salah satu latihan berat badan yang paling efektif. Tidak hanya untuk bagian dada, push-up mampu membantu membentuk trisep dan deltoid Anda. Selain itu, gerakannya juga mampu memperkuat otot inti. Pada tingkatan tertentu, push-up bahkan bisa berguna untuk paha depan serta menstabilkan otot di bagian atas punggung.

Baca JugaKenali HIIT Kardio, Olahraga Efektif Membakar Lemak

Cara Melakukan Gerakan Push-up yang Benar

Pertama, letakkan tangan di bawah bahu. Pertahankan posisi kepala, punggung dan bokong dalam satu garis lurus. Selanjutnya rentangkan kaki Anda sehingga berat badan bertumpu pada jari kaki. Tarik bilah bahu Anda ke bawah dan ke belakang. Mulai dengan gerakan perlahan, turunkan tubuh Anda sampai siku berada pada sudut 90 derajat. Jaga posisi siku agar tetap terselip di dekat tubuh.

Jika gerakan push-up klasik di atas sudah berhasil Anda kuasai, saatnya melakukan gerakan level selanjutnya. Dengan 7 gerakan push-up di bawah ini, Anda bisa membentuk dada bidang dengan lebih efektif.

1. Wide Grip Push-up

Image : healthnworkout.com

Posisi yang digunakan untuk melakukan wide grip push-up mirip dengan posisi push-up biasa. Bedanya Anda harus memposisikan kedua tangan Anda sedikit lebih lebar dari bahu. Dengan melakukan variasi ini, beban tubuh akan terpusat pada dada dan bahu sehingga mampu membentuk dada menjadi lebih bidang.

2. Clap Push-up

Image : hiitacademy.com

Seperti namanya, clap push-up adalah gerakan push-up yang dilakukan sambil bertepuk tangan. Setelah menaikan posisi tubuh ke atas dan kedua tangan dalam posisi lurus, dengan gerakan cepat lakukan satu tepukan tangan. Pastikan Anda mendaratkan tubuh dengan lembut pada siku setelah bertepuk tangan.

3. Stagger Plyo Push-up

Image : bodybuilding110.com

Variasi push-up ini dilakukan dengan cara menukar posisi tangan dalam setiap gerakan push-up. Misalnya, ketika pada hitungan pertama tangan kanan berada di posisi depan dan tangan kiri lebih sedikit di belakang, di hitungan kedua tukar posisi keduanya. Tidak usah memaksakan diri untuk membuat gerakan seperti melompat untuk percobaan pertama. Cukup pastikan kedua tangan berganti posisi.

4. X-Tap Push-up

Image : www.eatthis.com

X-tap push-up bisa dikatakan sebagai versi lanjutan dari clap push-up. Jika pada clap push-up Anda hanya bertepuk tangan, pada x-tap push-up Anda harus menepuk dada kanan dan kiri dengan posisi tangan menyilang. Selain melakukan tepukan dengan pelan dan cepat, Anda harus menaikkan posisi tubuh sedikit lebih tinggi untuk gerakan push-up ini.

5. Clap Behind Push-up

Image : www.superhuman.fitness/

Variasi push-up ini juga melibatkan gerakan bertepuk tangan. Berbeda dengan clap push-up yang menepukkan tangan di depan dada, kali ini Anda harus menepukkan tangan di belakang punggung sembari menaikkan posisi tubuh. Gerakan ini memerlukan fleksibilitas dan kemampuan gerak yang tinggi dari otot bahu. Pastikan Anda melakukan cukup pemanasan sebelumnya.

6. Superman Push-up

Image result for superman push-up
Image : www.menshealth.com

Mirip seperti postur Superman yang sedang terbang, ketika menaikkan posisi tubuh, rentangkan kedua tangan Anda  hingga berada dalam satu garis lurus dengan seluruh tubuh. Usahakan untuk meletakkan otot bisep ke dekat telinga saat akan menjulurkan tangan.

Push-up merupakan olahraga yang cepat dan efektif untuk membangun kekuatan tubuh dan membentuk dada agar lebih bidang. Selain itu, push-up juga bisa dilakukan di mana saja tanpa membutuhkan peralatan khusus.

Jika Anda mencari olahraga yang ingin dilakukan sehari-hari secara konsisten, push-up juga bisa menjadi pilihan. Dengan melakukan 6 gerakan push-up di atas, dalam waktu singkat Anda bisa melihat perubahan pada tubuh bagian atas. Selain secara visual bahu tampak lebih lebar, kekuatannya pun akan meningkat.

Untuk hasil terbaik, lakukan gerakan-gerakan push-up di atas secara bergantian. Anda juga bisa melakukan push-up challenge dengan menambah jumlah hitungannya sedikit demi sedikit setiap minggu.

Baca Juga5 Kebiasaan Sehat Harian Supaya Tubuh Selalu Fit

 

Sumber :
IDN Times (2017). 5 Gerakan Push-up yang Bisa Bikin Dada Lebih Bidang. www.idntimes.com
Runtastic (2017). 8 Best Push-Ups for a Bigger Chest. www.runtastic.com
Coachmag (2018). Master The Push-Up And Its Variations For A Bigger Chest www.coachmag.co.uk
Healthline (2018). What Are the Benefits and Risks of Doing Daily Pushups? www.healthline.com