5 Kebiasaan Sehat Harian Supaya Tubuh Selalu Fit

Image : aquahealth.com

Penulis : Dhiya | Editor : Atsa

Memiliki tubuh yang selalu fit merupakan keinginan setiap orang. Karena dengan tubuh yang sehat merupakan modal utama untuk melakukan kegiatan apapun. Namun, menerapkan kebiasaan sehat terkadang membuat Anda malas karena energi sudah dihabiskan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kesibukan yang padat memang bisa membat lupa melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat.

Padahal dengan melakukan kebiasaan sehat setiap hari dapat menjaga tubuh selalu fit. Kebiasaan sehat tersebut sangat sederhana dan bisa langsung Anda lakukan sekarang juga. Ingin tahu apa saja? Cek 5 kebiasaaan sehat yang akan sangat membantu Anda jika rutin melakukannya.

1. Menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup

Apakah Anda masih terbiasa dengan program diet yang itu-itu saja atau berolahraga hanya untuk jalan-jalan selfie?

Sebaiknya tinggalkan hal-hal tersebut. Karena itu tandanya Anda belum serius komitmen menjalani gaya hidup sehat. Orang yang berusaha untuk mejaga tubuh selalu fit akan menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup permanen, dan memprioritaskannya dalam jangka panjang. Anda bisa memulainya dengan membuat rencana untuk mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin.

Jika Anda berencana untuk diet, pilihlah menu sehat yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan berolahraga. Jangan berharap untuk mendapatkan hasil yang cepat dengan mengkonsumsi obat penurun berat badan atau obat-obatan lainnya. Usahakan untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk terus menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa memulainya dengan hal sederhana seperti membersihkan rumah yang bisa menjadi cara efektif untuk membakar kalori dalam tubuh.

2. Bersenang – senang

Melakukan kegiatan yang menyehatkan atau berolahraga biasanya akan cepat membuat Anda merasa bosan. Padahal aktivitas fisik tidak harus identik dengan kegiatan yang membosankan. Anda bisa mensiasatinya dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya lakukan hobi yang Anda sukai.

Melakukan hal yang disukai, bisa memberikan dampak kesehatan seperti mengurangi stres dan menambah rasa puas terhadap diri sendiri. Bisa juga melakukan olahraga favorit secara rutin, seperti bersepeda, berenang, jalan santai, dan sebagainya. Atau, lakukan olahraga singkat namun efektif dan tidak membosankan seperti HIIT kardio.

Baca JugaKenali HIIT Kardio, Olahraga Efektif Membakar Lemak

Jika Anda termasuk orang yang sangat sibuk, Anda bisa melakukan treatment refleksi untuk membuat tubuh tidak mudah lelah dan selalu fit. Selain itu mendengarkan musik saat berolahraga juga bisa membuat Anda lebih bahagia. Karena musik akan membantu Anda lebih bersemangat.

3. Tidak menganggap olahraga sebagai metode menurunkan berat badan

Salah satu hal yang menjadi alasan utama banyak orang melakukan olahraga adalah menurunkan berat badan. Memang tidak salah, namun mulai sekarang mindset seperti ini sebaiknya Anda hilangkan. Sebaiknya tanamkan dalam pikiran untuk selalu mengukur program olahraga pada peningkatan kebugaran dan kinerja. Bukan hanya terpaku pada berapa banyak berat badan yang hilang. Sehingga ketika menjalaninya, Anda akan menikmati proses tersebut dan tidak cepat merasa bosan atau mudah menyerah.

Akan jauh lebih baik jika Anda tetap konsisten melakukan olahraga bahkan ketika target Anda sudah tercapai. Jadi akan membuat Anda tetap konsisten dalam jangka panjang,

4. Mengikuti aturan 85/15

Banyak orang yang menganggap jika ingin memiliki gaya hidup sehat harus mengkonsumsi menu yang monoton. Padahal itu hanyalah mitos. Menurut Nick Tumminello pemilik Performance University, orang yang sukses memiliki tubuh yang selalu fit adalah mereka yang mengikuti aturan 85/15.

Yang dimaksud dengan 85/15 adalah 85 persen waktu makan Anda sebaiknya diprioritaskan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti daging, telur, dan ikan berkualitas tinggi. Mulailah untuk membiasakan mengolah makanan sendiri daripada membelinya diluar. Sehingga akan membantu kamu terhindar dari makanan yang kurang sehat. Jangan lupa untuk membatasi makanan olahan yang seperti fast food.

Kemudian, 15 persennya bisa Anda gunakan untuk mengkonsumsi apapun yang Anda mau. Seperti keripik, ice creamcake, atau coklat, namun dengan porsi yang tidak berlebihan.

Baca Juga7 Menu Sarapan untuk Kenyang Lebih Lama

5. Istirahat yang cukup

Sesibuk apapun kegiatan Anda, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Tidur merupakan salah satu kunci supaya tubuh lebih fit. Usahakan selalu tidur tepat waktu dengan durasi minimal 8 jam. Jika tidur Anda kurang, makan akan rentan sekali terkena flu dan virus dibandingkan dengan yang tidur secara cukup.

Selain itu, kurang tidur juga bisa mempengaruhi berat badan dan berimbas pada metabolisme dan seleran makan. Serta hindari penggunaan handphone sebelum tidur, supaya tidak mengganggu jam istirahat Anda.

Itulah 5 kebiasan sehat yang sangat sederhana yang akan membuat tubuh Anda selalu fit. Jadi sudah siap untuk menerapkannya? Yuk, jangan ragu untuk memulai kebiasaan hidup sehat!

 

Sumber :
Live Strong. (2018). 8 Habits of Highly Fit People. www.livestrong.com
IDN Times. (2018). 8 Tips Sehat dan Bugar Agar Badan Selalu Dalam Kondisi Prima. www.idntimes.com
IDN Times. (2018). 6 Tips Mendapatkan Tubuh Fit dan Sehat dengan Langkah Mudah. www.idntimes.com
Fimela. (2016). 9 Kebiasaan Baik Ini Akan Membuat Tubuh Kamu Semakin Sehat. www.fimela.com
Merdeka. (2012). 5 Kebiasaan Sehat untuk Tubuh Lebih Bugar. www.merdeka.com