5 Cara Mencapai Potensi Tinggi Maksimal

Image: theidleman.com

Memiliki tubuh indah dengan tinggi semampai adalah impian banyak orang. Tidak jarang jalan pintas pun ditempuh, seperti konsumsi pil peninggi badan sampai operasi. Tentunya cara pintas tersebut punya efek samping yang tidak dapat diremehkan.

Jika ingin miliki tubuh tinggi, sebaiknya maksimalkan potensi diri saat masa pertumbuhan. Sebab pada masa ini lah pertumbuhan organ dan jaringan sedang pada puncaknya.

1. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Seseorang

Tinggi adalah salah satu hal dipengaruhi oleh genetik. Secara mudahnya, bisa dianalogikan bahwa orang yang kembar memiliki tinggi yang hampir sama.

Penelitian di Inggris temukan fakta bahwa 60-80% tinggi badan dipengaruhi oleh genetik. Faktor lain seperti asupan gizi miliki peranan sebesar  20-40% saja.

Walaupun hanya 20-40%, faktor asupan gizi sukses membuat tinggi rata-rata orang di beberapa negara meningkat. Buktinya, tinggi rata-rata orang pada tahun 90’an meningkat daripada tahun 80’an.

Oleh karena itu perbaiki asupan gizi anda dan sertai dengan gaya hidup sehat.

2. Perbaiki Postur Tubuh

Olahraga tidak dapat membuat tubuh tinggi, apalagi kalau baru dilakukan setelah umur 18-20 tahun. Sebab lempeng epifisis yang terletak di ujung tulang panjang sudah kaku atau tertutup.

Tapi ada cara agar tubuh anda terlihat lebih tinggi, yaitu dengan perbaiki postur tubuh.

Tulang belakang punya bentuk yang melengkung. Lengkungan tersebut dapat lebih bungkuk maupun rata, namun akan ada rasa sakit dan sesak di dalam tubuh.

Memperbaiki postur tubuh saat duduk, berdiri, dan berjalan dapat hindari nyeri tulang sekaligus membuat postur anda terlihat lebih tinggi.

3. Tingkatkan Fleksibilitas

Selain olahraga, postur tubuh juga dapat diperbaiki dengan peregangan. Contoh olahraga yang dapat memaksimalkan tinggi badan potensial adalah hanging bar dan berlari menggunakan tangga. Beberapa gerakan peregangan lain juga bantu anda lebih fleksibel.

4. Rajin Yoga atau Pilates

Yoga dan pilates adalah olahraga yang sekaligus dapat merileksakan tubuh. Diketahui peregangan dapat perbaiki struktur tulang dan memperkuat otot tubuh. Meski tidak secara langsung, yoga dan pilates terbukti dapat membuat anda terlihat lebih tinggi.

Selain itu, yoga dan pilates mengajari anda untuk menerima diri sendiri. Hal ini bagus untuk mental maupun fisik anda!

5. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Dalam tubuh, zat gizi tidak dapat bekerja sendiri. Butuh kolaborasi antara beberapa zat gizi untuk menjalankan fungsi tertentu. Oleh karena itu penting untuk makan makanan beragam serta bergizi seimbang.

Misalnya vitamin A dan K  yang juga dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun jaringan. Makanya perbanyak konsumsi sayuran maupun  seperti wortel, pisang, brokoli, kubis, sawi, tomat, dan lobak hijau.

Begitu pula dengan konsumsi makanan kaya protein, vitamin D, zinc dan kalsium. Ketiganya dibutuhkan untuk regenerasi sel tulang. Berdasarkan penelitian, orang dengan kadar vitamin D rendah punya tinggi badan yang rendah pula.

Baca Juga:  Tips Memilih Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

Tinggi badan memang susah meningkat, apalagi untuk yang berumur 18 tahun ke atas. Maka dari itu, penting untuk peka terhadap gaya hidup, olahraga, dan asupan gizi selagi dini. Dengan begitu, tinggi potensial maksimal pun dapat dicapai. Semoga berhasil!

 

 

Sumber:
Is It Possible to Increase Your Height After 18? 2017. www.healthline.com
Gym exercise to Make You Taller. 2017. www.livestrong.com
Can Any Exercise Make You Grow Taller? 2017. www.livestrong.com
Can Food Make You Grow Taller? 2017. www.livestrong.com