10 Makanan Termogenik (Thermogenic Food) Pemicu Pembakaran Lemak

10 Makanan Termogenik (Thermogenic Food) Pemicu Pembakaran Lemak

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Jika Anda ingin meningkatkan metabolisme untuk pembakaran lemak, nutrisi dari makanan yang tepat dapat melakukannya. Makanan tertentu menghasilkan sifat membakar lemak dan membantu meningkatkan metabolisme kita sehingga lemak yang tersimpan bisa dibakar. 

Sederhananya, ada kelompok makanan yang membakar lebih banyak kalori selama masa pencernaan, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Jenis makanan tersebut disebut makanan termogenik. Memasukkan jenis-jenis makanan termogenik ke dalam diet harian Anda sebenarnya dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan dengan lebih baik, dan sangat disarankan untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan.

1. Kacang dan Biji-Bijian

Tinggi akan magnesium, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kacang tanah, dan biji wijen mengandung lemak sehat yang dapat mengurangi lemak perut. Kacang dan biji-bijian juga merupakan sumber asam lemak esensial, termasuk Omega 3, dan serat yang membantu untuk kenyang lebih lama.

2. Apel

Apel adalah cara yang bagus untuk memuaskan hasrat Anda akan sesuatu yang manis. Buah rendah kalori ini mengandung serat dan karbohidrat. Ini adalah makanan sehat, lezat, dan cukup mengisi yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Untuk menjaga agar berat badan Anda tetap stabil, makanlah satu atau dua apel sehari. Apel kaya akan pektin, karbohidrat komplek yang juga merupakan sumber serat larut. Zat ini bermanfaat untuk membatasi jumlah lemak yang dapat diserap sel tubuh Anda. Apel juga kaya serat, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 9 Manfaat Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Daging Rendah Lemak (Lean Protein)

Makanan protein tanpa lemak menawarkan tingkat efek termis tertinggi. Lihatlah semua menu diet penurunan berat badan yang paling efektif, Anda akan melihat satu elemen yang sama di dalamnya, yaitu adanya daging tanpa lemak. 

Diet dengan menjaga kebutuhan protein adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Memasukkan protein tanpa lemak ke dalam makanan Anda secara efektif dapat membantu tubuh Anda membakar lemak tubuh. Bukan sekedar berat badan saja yang turun, tapi lemak tubuh juga. Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, ditambah dengan rajin berolahraga, maka massa otot juga akan terbentuk, sehingga badan akan tampak bugar.

4. Telur

Telur merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik, mudah ditemukan, dan mudah disiapkan. Telur rendah kalori, namun mengandung protein yang tinggi. Ini secara efektif dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda dengan membakar lebih banyak kalori. Jika Anda ingin mengurangi asupan kolesterol, hilangkan kuning telur dan hanya makan putih telur saja.

5. Teh Hijau

Meskipun teh hijau tidak mengandung banyak kafein, namun teh hijau juga mengandung katekin yang terbukti secara ilmiah karena kemampuannya mengurangi lemak visceral secara alami. Konsumsi teh hijau secara rutin membantu penurunan lemak tubuh, dan kolesterol jahat (LDL), serta berkontribusi terhadap penurunan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Fakta Teh Hijau untuk Diet

6. Kacang Merah

Kacang merah mengandung amilase, enzim yang memecah pati dan karbohidrat kompleks lainnya.

Kacang merah juga mencegah pelepasan gula sederhana, dicerna perlahan, dan menyerap karbohidrat dari saluran pencernaan.

7. Sayuran Hijau

Semua orang tahu bahwa sayuran hijau terkenal baik untuk kesehatan tubuh dan saluran pencernaan. Sayuran hijau dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sekaligus mengandung banyak nutrisi bermanfaat lainnya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berenergi. Jadi, biasakan memasukkan banyak sayuran hijau ke dalam menu makan harian Anda.

8. Whey Protein

Protein telah terbukti paling memuaskan dari semua makronutrien. Mengonsumsi whey protein sebelum atau saat berolahraga, akan membantu dalam pembakaran lemak, bahkan setelah berolahraga.

Baca Juga: Apa Bedanya Whey dan Casein Protein

9. Jahe

Jahe dapat meningkatkan suhu tubuh secara alami yang membantu meningkatkan laju metabolisme. Jahe juga membantu menekan nafsu makan, dan memberi Anda perasaan kenyang yang akan membantu program diet Anda.

10. Kopi

Kopi dapat merangsang metabolisme berkat kandungan kafeinnya yang memiliki efek merangsang pengeluaran energi dan meningkatkan metabolisme. Namun, penting untuk memperhatikan porsi konsumsinya. Menambahkan krim atau gula akan meningkatkan kandungan kalori, yang akan melawan efek menguntungkan kafein pada metabolisme.

Makanan termogenik dapat membantu menurunkan berat badan secara alami dan aman. Tentu saja, disiplin adalah unsur utama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tingkatkan asupan makanan sehat, dan pastikan untuk menghindari makanan yang tidak sehat. Olahraga secara rutin akan semakin meningkatkan efektifitas penurunan berat badan Anda.

Baca Juga: Diet Cepat atau Diet Sehat?

 

Sumber

NCBI. 2004. Diet induced thermogenesis. www.ncbi.nlm.nih.gov

Health Daddy. 2020. 40 Proven Fat Burning Foods. www.healthdaddy.org

Medical News Today. 2019. Best 10 foods to boost metabolism. www.medicalnewstoday.com

Livestrong. Thermogenic Foods List. www.livestrong.com