Fakta Teh Hijau untuk Diet

Image: organicsfacts.net

Teh hijau dikenal luas sebagai minuman yang banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya yang paling terkenal adalah membantu kesuksesan diet. Namun, seberapa efektifkah hal tersebut?

Pro dan Kontra Teh Hijau

Meskipun banyak penelitian yang sebutkan manfaat teh hijau, namun manfaat yang nyata masih diperdebatkan. Alasannya karena teh hijau yang dikonsumsi dalam penelitian cukup besar dan tidak semua orang kuat untuk minum sebanyak itu.

Bila hanya minum teh hijau dalam jumlah kecil, maka efeknya pun sulit dilihat. Apalagi jika tidak rutin minum alias hanya sekali-kali.

Di sisi lain, teh hijau mengandung manfaat dari bahan yang terdapat di dalamnya, yaitu katekin dan kafein.

Kandungan Teh Hijau dan Manfaatnya

Dalam Journal of Nutrition disebutkan bahwa lingkar pinggang serta berat badan laki-laki yang minum teh hijau mengalami penurunan lebih banyak dibanding yang tidak minum teh hijau.

Kandungan antioksidan katekin dan kafein dalam teh hijau diklaim sebagai penyebab penurunan tersebut

Antioksidan dalam teh hijau bernama katekin. Selain untuk menghalau radikal bebas, katekin juga dapat meningkatkan fungsi kafein.

Menurut Journal of Nutrition, orang yang minum teh hijau berkafein dan katekin mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan yang hanya minum teh hijau berkafein saja.

Epigallocatechin gallate (EGCG) ini disinyalir dapat tingkatkan metabolisme dan mampu memecah lemak. Hal ini yang membuat berat badan jadi turun.

Sedangkan kafein sendiri dikenal dapat mendorong pemecahan lemak dan tingkatkan performa aktivitas fisik.

Meskipun teh hijau mengandung segudang manfaat, bukan berarti diet anda hanya bergantung pada teh hijau saja. Sebab, faktor utama keberhasilan penurunan berat badan adalah konsumsi makanan yang terkontrol dan olahraga yang teratur.

Jangan lupakan sayuran, buah-buahan, dan gandum sebagai sumber serat yang baik untuk diet anda.

Meskipun begitu, mengganti kopi berkrimer atau teh manis dengan teh hijau tawar tentu lebih baik. Karena dapat mengurangi asupan kalori.

Baca juga: Tips Mengurangi Massa Lemak Tubuh

Efek Samping

Tidak hanya bantu berdiet, teh hijau bisa turunkan terkena resiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu, teh hijau bantu turunkan infeksi pencernaan serta mengontrol kadar gula darah.

Namun sebaiknya perhatikan asupan teh hijau supaya tidak berlebihan. Sebab setiap orang punya batas toleransi kafein yang berbeda-beda. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang maksimal asupan kafein anda.

Baca Juga: Mengenal Kopi Hijau: Kandungan, Manfaat, dan Efek

Saran Konsumsi

Minum 2-3 gelas teh hijau tawar per hari dapat bantu program diet anda karena mengurangi asupan kalori dari minuman manis lainnya.

Namun jika ingin hasil yang signifikan seperti dalam penelitian, anda perlu minum 7-8 gelas. Dengan syarat jumlah tersebut tidak melebihi batas toleransi kafein diri anda.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Agar Disiplin Diet

Teh hijau memang banyak manfaatnya, tapi jangan salah kaprah dengan diet yang bergantung pada teh hijau saja. Makan makanan seimbang dan beragam, disertai olahraga rutin, dan kendalikan stress merupakan faktor utama keberhasilan diet. Semangat!

 

 

Sumber
Green Tea Fast Diet. 2015. https://www.livestrong.com/article/292443-green-tea-fast-diet/
Green Tea, Coffee, and Weight Loss. 2015. https://www.livestrong.com/article/277857-green-tea-coffee-weight-loss/
How Green Tea Help You Lose Weight. 2018. https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-and-weight-loss#metabolism
Does Green Tea Help Weight Loss? 2018. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320540.php
Could Tea Help You Lose Weight? 2018. https://www.webmd.com/diet/tea-and-weight-loss#1