10 Pengobatan Alami untuk Penyakit Liver

10 Pengobatan Alami untuk Penyakit Liver

Penulis: Lady | Editor: Handa

Penyakit liver merupakan istilah yang digunakan untuk gangguan liver atau hati yang tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ini harus ditangani dengan segera karena bisa mengancam jiwa penderitanya.

Liver atau hati merupakan organ penting di dalam tubuh. Pasalnya, hati berfungsi menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh melalui darah. Oleh sebab itu, seseorang yang mengalami masalah hati harus memilih makanan yang bijak untuk memperbaiki masalah kesehatannya. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk mengobati penyakit liver secara alami.

1. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan China untuk mengobati masalah gangguan pada hati selama berabad-abad. Kunyit sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan hati karena memiliki sifat antiseptik dan bertindak sebagai antioksidan.

Dalam sebuah penelitian tentang sel-sel hati, para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak kunyit dapat membantu menghentikan replikasi virus hepatitis B dan C. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kunyit merupakan rempah-rempah yang dapat mencegah penumpukan lemak di organ tubuh.

2. Bayam dan Wortel

Campuran bayam dan wortel adalah obat alami yang sangat baik untuk penyakit hati, terutama sirosis hati. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara menghancurkan bayam dan wortel secukupnya menggunakan blender. Minumlah jus bayam dan wortel tersebut setidaknya sehari sekali untuk memperbaiki masalah hati.

3. Bawang Putih

Walaupun memiliki bau yang menyengat, bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan tubuh, salah satunya untuk penyakit liver. Mineral selenium di dalam bawang putih membantu mendoktifikasi hati.

 Baca Juga : Tidak Suka Makan Sayur? Ketahui 7 Solusinya!

4. Milk Thistle (Silymarin)

Milk thistle (silymarin) merupakan tanaman herbal yang dikenal sebagai antioksidan dan dapat digunakan sebagai obat masalah hati, seperti sirosis, penyakit kuning, hepatitis, dan gangguan kandung empedu. Senyawa aktif di dalamnya dapat membantu memperbaiki kerusakan hati akibat penumpukan racun dalam darah.

5. Jeruk

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk dapat berperan menjaga kesehatan hati Anda. Sebuah penelitian telah mengindikasikan bahwa jeruk dapat mengobati seseorang yang memiliki penyakit liver.

Cukup satu cangkir sehari untuk memenuhi asupan vitamin C harian Anda. Namun. perlu diingat bahwa buah ini juga dapat memengaruhi metabolisme obat. Jika Anda sedang mengonsumsi obat medis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk.

6. Alpukat

Sekitar tahun 2000, para peneliti di Jepang menemukan bahwa alpukat mengandung lemak sehat yang dapat mengurangi kerusakan pada hati. Hal ini karena kandungan glutathione di dalam alpukat membantu proses detoksifikasi.

7. Bit

Tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan ini bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit liver. Hal ini karena kandungan betaine, yaitu zat yang membantu mencegah dan mengurangi timbunan lemak di hati. Selain itu, betaine juga dapat melindungi hati Anda dari racun yang masuk ke tubuh.

8. Anggur

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam World Journal of Gastroenterology, menyebutkan bahwa anggur kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan kerusakan pada hati. Untuk itu, jika memiliki masalah penyakit hati, sebaiknya Anda konsumsi buah ini.

Baca Juga : Makanan Lezat bagi Penderita Kolesterol

9. Pepaya

Pepaya adalah salah satu solusi alami yang aman untuk mengobati penyakit liver, terutama sirosis hati. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa mencampurkan buah ini dengan lemon. Mengonsumsi kedua campuran tersebut setiap hari akan membantu memperbaiki masalah kesehatan hati Anda.

10. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dapat membantu mendetoksifikasi hati dan mempermudah memetabolisme lemak. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkan sari cuka apel ke dalam satu gelas air.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan sari cuka dengan madu dan lemon ke dalam air. Konsumsi campuran ini 2-3 kali sehari untuk membantu memperbaiki fungsi hati Anda

Untuk meningkatkan kesehatan hati, American Liver Foundation menganjurkan Anda untuk melakukan diet sehat. Selain itu, olahraga secara teratur, menjaga berat badan dan menjaga kolesterol juga memiliki manfaat yang sama. Namun, sebelum mengonsumsi makanan di atas, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga : Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Cara Mengatasinya

Sumber


Verywell Health. 2020. Three Herbs for Liver Health. www.verywellhealth.com
Global News. Foods for your liver: 7 foods that naturally cleanse and clean your liver. www.globalnews.ca
Only My Health. 10 Home Remedies for Liver Diseases. www.onlymyhealth.com
American Liver Fundation. 13 Ways to a Healthy Liver. www.liverfoundation.org
Natural Nutmeg. Maintaining a Healthy Liver the Natural Way. www.naturalnutmeg.com
Web MD. Milk Thistle: Benefits and Side Effects. www.webmd.com
Fisher Titus. 2018.  What Foods Cleanse Your Liver? www.fishertitus.org
Medical News Today. 2020. What foods protect the liver? www.medicalnewstoday.com
 



Add Your Comment