Makanan Lezat bagi Penderita Kolesterol

Image: forteelements.com

Penulis: Niahappy

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tingginya kolestrol bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, kerusakan hati hingga serangan jantung.

Kolesterol berasal dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang Anda konsumsi. Para dokter menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berkolestrol lebih dari 200 mg per harinya.

Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi maka sudah seharusnya Anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat, untuk menghindari penyakit yang berbahaya. Nah bagi Anda yang kolestrolnya tinggi, tidak perlu khawatir Anda masih bisa mengonsumsi makanan enak dan juga sehat lho. Berikut makanan sehat yang ramah bagi penderita kolesterol:

Baca Juga : Ketahui Makanan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

1. Oatmeal

Oatmeal adalah biji-bijian kaya akan serat yang disebut beta glucan yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, makanan ini juga baik untuk kesehatan jantung dan hati lho. Namun tidak sedikit orang mengeluhkan rasanya yang hambar sehingga tidak banyak yang menyukai makanan ini. Padahal untuk membuatnya menjadi makanan yang enak cukup mudah lho.

Salah satunya dengan membuat Sup Krim Jagung Oatmeal. Pertama tumislah bawang bombay dengan minyak zaitun. Kemudian masukkan selembar daun salam, daun bawang dan jagung manis lalu aduk hingga wanginya tercium. Selanjutnya tuangkan 100ml kaldu ayam dan 100 ml susu rendah kalori sampai mendidih, kemudian tambahkan ½ sendok tepung maizena dan masukan 2 sendok makan oatmeal. Masak hingga oat matang, kemudian buang daun salam agar tidak pahit. Nah sup krim jagung oatmel sudah siap disajikan.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah alternatif yang bagus bagi penderita kolesterol tinggi karena mengandung lemak omega 3 yang baik sehingga baik untuk melindungi jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Ditambah lagi, rasanya yang enak!

Anda bisa mengonsumsi ikan salmon yang sudah dibuat seperti sashimi, sushi, salmon mentai dan sebagainya.

3. Kacangan-Kacangan

Kacang kaya akan protein, vitamin E, magnesium, dan kalium yang membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat serta mencegah penyakit. Kacang tinggi akan lemak tak jenuh dan rendah lemak jenu. Tingginya serat dapat membantu menurunkan kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah dari usus lho.

Mengonsumsi kacang-kacangan sekitar 1-2 ons per hari dapat Anda sebanyak 5 %  lho. Anda bisa mengonsumsi kacang almond, kacang tanah rebus, kacang kedelai atau kacang-kacang lainnya.

4. Sayur-Sayuran

Hampir semua sayuran dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam dan brokoli dianggap paling efektif dalam menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Anda bisa membuat salad dari berbagai macam sayuran hijau yang Anda suka dengan tambahan putih telur dan sedikit dressing. Namun Anda harus hati-hati dalam memberikan dressing di salad Anda ya! Tidak hanya itu Anda juga bisa membuat sayur tumis dengan menggunakan minyak zaitun agar lebih sehat.

Baca Juga : Ragam Cara Mengolah Sayuran agar Gizinya Tidak Hilang

5. Daging tanpa Kulit

Kolesterol tinggi bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi daging. Anda hanya perlu memilih daging yang rendah lemak tanpa kulit. Karena kulit itulah yang memicu kolesterol karena mengandung lemak yang tinggi.

Anda bisa membuat dada ayam panggang dengan campuran asparagus, madu dan minyak zaitun agar rasa enak namun tetap sehat.

6. Buah-Buahan

Buah-buahan kaya akan serat dan vitamin. Buah apel, alpukat, anggur, stroberi, dan buah jeruk kaya akan pektin, sejenis serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk itu konsumsilah minimal satu buah setiap hari atau dengan cara lain, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad dan smoothies.

7. Pasta

Beberapa penelitian menyatakan ternyata pasta baik untuk penderita kolesterol lho. Kandungan Antioksidan di dalam pasta bisa membantu mengontrol peradangan dan insulin, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Pilihlah pasta yang berlabel ‘gandum utuh’ jenis pasta ini biasanya tampak sedikit lebih gelap dibandingkan pasta lainnya. Kandungan jumlah seratnya lebih tinggi dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Namun, Anda perlu hati-hati dalam meracik bahan-bahan yang akan digunakan. Jika asal memasukan bahan, justru akan menambah kalori dan lemak ekstra ke dalam pasta Anda lho. Untuk bahan pelengkap yang disarankan, Anda bisa menggunakan timun jepang, brokoli, asparagus, irisan tomat ceri, dan potongan dada ayam. Hindari penggunaan saus krim, seperti saos keju, karena saus ini mengandung sumber lemak yang tinggi.  

 

Sumber:
Foodnetwork. Low Cholesterol Recipe. www.foodnetwork.com
HealthHarvard. (2019). 11 Foods That Lower Cholesterol. www.health.harvard.edu
HeartUK. (2018). Six Super Food for Lower Cholesterol. www.heartuk.org.uk
Healthline. (2017). Fish Facts: The Scoop on Salmon and Cholesterol. www.healthline.com
Verywellhealth. (2017). Pasta Dishes for Low Cholesterol Diet.  www.verywellhealth.com