Tips Memilih Sun Protection yang Tepat untuk Kulit Sensitif

drylviaskincare.com

Sering kali orang dengan kulit sensitif mengeluhkan kulit wajah yang mudah memerah, perih, berjerawat, dan masalah iritasi lainnya saat tidak cocok dengan suatu produk. Kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami inflamasi.

Kulit sensitif dapat digolongkan jadi empat macam, yaitu berjerawat (acne type), mudah merasa tersengat (stinging type) biasanya saat menggunakan skincare yang kurang cocok mudah terasa perih, rosacea type, dan mudah alergi (allergic type).

Kulit sensitif sendiri sebenarnya bukan suatu hal yang buruk, hanya memerlukan perhatian khusus saja dalam pemilihan suatu produk termasuk sun protection. Karena kulit sensitif mudah menyerap bahan aktif pada sun protection, kulit sensitif perlu pemilihan produk khusus karena gampang reaktif yaitu kalau gak cocok kulit akan inflamasi.

1. Kulit Sensitif dengan Hidrasi Kering

Jenis kulit sensitif dengan hidrasi kering atau dry skin punya ciri-ciri ketahanan kulit yang terganggu, kurangnya faktor kelembaban kulit, dan menurunnya produksi sebum atau minyak alami kulit wajah. Karena jenis kulitnya sensitif, maka juga merasakan masalah seperti mudah iritasi atau merasa cekit-cekit seperti tersengat saat memakai produk yang kurang cocok.

Gunakan sun protection yang ringan, dengan kandungan pelembab/moisturizer. Anda bisa memilih sun protection dengan kandungan moisturizer, atau tertulis untuk kulit kering sensitif/dry to sensitive skin.

2. Kulit Sensitif dengan Hidrasi Berminyak

Pemilik kulit berminyak biasanya takut menggunakan sun protection karena tidak suka dengan rasa lengket yang membuat wajah terasa semakin berminyak. Selain itu, ada beberapa sun protection yang bisa menyumbat pori-pori dan memicu datangnya jerawat. Padahal, apapun jenis kulitnya perlu menggunakan sun protection untuk melindungi kulit dari radiasi UV.

Kulit berminyak punya ciri-ciri meningkatnya produksi sebum atau meningkatnya produksi minyak alami di wajah. Ciri-ciri lain dari kulit berminyak adalah pori-pori yang besar. Mungkin banyak juga yang merasa sangat terganggu dengan kulit berminyak, namun jenis kulit berminyak bukan berarti buruk. Kulit berminyak dapat menahan penguapan pada kulit dan menjaga hidrasi kulit. Artinya, kulit berminyak dapat mencegah penuaan pada kulit, jadi lebih awet muda, deh.

Kulit berminyak yang sensitif rentan terhadap alergi atau rasa tersengat saat produk yang dipakai kurang cocok. Jadi pemilihan sun protection juga berbeda orang dengan masalah kulit yang hanya berminyak. Untuk kulit sensitif dan berminyak hindari tabir surya bertekstur kental. Gunakan sun protection dengan formula yang ringan, tertulis oil-free, dan gunakan mineral-based product. Sun protection dengan bahan-bahan tersebut akan menjaga keseimbangan minyak di kulit dengan hasil yang lebih matte finish.

3. Kulit Berjerawat

Belum tentu kulit berjerawat datang dari kulit yang berminyak, ada juga kulit dengan hidrasi kering tapi sensitifitasnya berjerawat. Gunakan sun protection yang ringan, dan tertulis pada kemasan bahwa tidak mengunci pori. Perhatikan juga kandungannya, sun protection harus dipilih dengan hati-hati seperti produk perawatan kulit yang lain. Jangan hanya mengambil apa yang ditawarkan, perhatikan dengan teliti bahan-bahan untuk memastikan bahwa kulit sensitif yang rentan dengan jerawat tidak akan bereaksi terhadap sun protection tersebut.

Pilih sun protection dengan kandungan mineral zinc oxide dan titanium oxide. Kedua bahan aktif tersebut aman digunakan oleh kulit berjerawat karena bersifat ringan dan tidak menyebabkan iritasi. Hindari kandungan parfum pada sun protection anda, karena dapat memicu reaksi iritasi pada kulit sensitif.

Perhatikan juga kandungan bahan kimia yang disebut PABA (para-aminobenzoic acid), bahan tersebut juga memicu iritasi dan jerawat pada kulit sensitif. Atau pilih produk dengan tulisan hypoallergenic sun protection. Hypoallergenic sun protection dibuat tanpa menggunakan bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi. Bahan-bahan tertentu di sebagian besar sun protection, dapat menyebabkan iritasi dan berjerawat.

Sun protection dengan keterangan hypoallergenic, zinc oxide, dan titanium oxide merupakan bahan yang paling aman untuk kulit berjerawat. Semoga dengan mengetahui jenis kulit dan pemilihan sun protection yang tepat anda tidak salah-salah lagi dalam membeli sun protection. Anda dapat langsung mempraktikkannya untuk mendapatkan sun protection yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Baca Juga : Apa Bedanya? Sunscreen vs Sunblock

 

Sumber :

Claire. Hypoallergenic Natural Sunscreen for Sensitive Skin. www.cleure.com

Mark Lees. (2013). Clearing Concepts : A Guide to Acne Treatment.

The Body Shop. (2018). Jangan Asal Pilih! Ini Cara Memilih Sun Protection yang Tepat untuk Kulit Sensitif. www.thebodyshop.co.id

The Best Sun Screen for Oily Skin. www.health.com