Tips Ampuh Kurangi Makan Makanan Tidak Sehat

Tips Ampuh Kurangi Makan Makanan Tidak Sehat

Penulis: Dhiya | Editor: Nia Happy

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnamasari

Terakhir ditinjau: 25 Juli 2020

 

Mengonsumsi makanan tidak sehat terjadi pada hampir semua orang karena biasanya makanan yang tidak sehat memiliki rasa yang “enak”, tetapi sebenarnya menjebak. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti hormonal, melampiaskan rasa stres, depresi, bahkan gangguan makan.

Banyak yang bilang bahwa sesuatu yang menjadi kebiasaan itu sulit dihilangkan. Padahal membiasakan diri mengurangi makanan tidak sehat akan berdampak pada kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Namun, jangan khawatir, bagi Anda yang ingin mulai mengurangi konsumsi makanan tidak sehat, simak beberapa tips ampuh berikut ini:

Baca Juga : Kesalahan dalam Konsumsi Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik

1. Buat Perencanaan untuk Makan Sehat

Buatlah komitmen terhadap diri Anda sendiri yaitu dengan cara membuat perencanaan untuk menangani godaan secara teratur. Dengan perencanaan makan yang baik akan membuat Anda tidak asal memilih jenis makanan. Anda bisa membuat perencanaan makanan untuk satu minggu kedepan. Misalnya mulai dari mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi dan karbohidrat tinggi.

Memotong sebagian besar gula dan karbohidrat dari makanan merupakan perubahan drastis sehingga Anda perlu membangun kebiasaan tersebut. Mulailah secara perlahan supaya Anda bisa membiasakan diri. Anda bisa mulai dari empat hari seminggu. Lalu setelah dua minggu, Anda bisa melakukannya lagi lima hari seminggu. Ulangi siklus ini sehingga Anda makan sehat selama enam hari seminggu.

Jika Anda sedang diet, Anda tetap bisa makan apa pun saat cheat day. Namun, berhentilah saat Anda merasa kenyang. Jangan isi perut Anda dengan junk food atau makanan tidak sehat lainnya. Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai, misalnya bayangkan tubuh Anda akan menjadi ideal untuk kedepannya. Namun, buatlah harapan yang realistis. Dengan begitu perlahan-lahan Anda akan mengubah perilaku yang membuat Anda makan berlebihan.

2. Ganti Makanan Tidak Sehat

Ganti makanan tidak sehat dengan yang lebih sehat. Ketika Anda sangat ingin makan camilan, cobalah untuk membeli camilan sehat, tetapi masih memenuhi keinginan ngemil yang sama. Jika Anda kecanduan makan keripik kentang kemasan, cobalah ganti popcorn yang bisa Anda buat sendiri di rumah atau jika Anda memilih popcorn instan, pilihlah yang rendah lemak.

Jika anda ingin makanan manis cobalah beberapa buah kering atau makan sedikit cokelat hitam karena makanan tersebut memiliki gula yang rendah dan antioksidan yang sehat. Atau jika Anda ingin makan es krim, gantilah dengan yogurt beku. Selain itu, jika Anda akan pergi bekerja, buatlah makan siang sendiri sehingga Anda tidak akan tergoda untuk makan di restoran atau memesan delivery food.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Rutin sarapan tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja. Sarapan juga berfungsi untuk mengatur kadar glukosa sehingga Anda harus sarapan 30 menit setelah bangun tidur. Penelitian juga menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan jumlah makanan yang ingin Anda makan saat siang hari.

Sebaiknya Anda sarapan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur atau oatmeal. Namun, jika Anda merasa kurang cocok dengan menu tersebut, Anda bisa bereksperimen dengan makanan sehat lainnya sehingga Anda dapat menemukan sesuatu yang berkelanjutan yang membuat Anda merasa lebih baik.

4. Tidur yang Cukup

Bagi Anda yang terlalu banyak memiliki kegiatan dan membuat Anda kurang tidur, sebaiknya hal tersebut segera diperbaiki karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh Anda menginginkan lebih banyak kalori untuk terus berjalan. Hal ini telah dikaitkan dengan mengidam junk food.

Selain itu, kurang tidur juga dapat melemahkan tekad Anda dengan makanan sehat dan membuatnya lebih sulit untuk menahan keinginan makanan tidak sehat. Jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, maka dapat mengurangi keinginan makanan yang tidak sehat.

5. Jauhkan dan Bersihkan Makanan Tidak Sehat dari Jangkauan

Bagi Anda yang terbiasa menyimpan makanan tidak sehat di dalam lemari khsuus, sebaiknya jauhkan dan bersihkan makanan-makanan tersebut. Sehingga membuat Anda tidak bisa makan apa yang tidak ada. Jika Anda hanya memiliki bahan makanan sehat, hal itu akan membuat Anda memasaknya atau jika Anda tidak ingin membuangnya, Anda bisa memindahkan makanan tersebut ke tempat yang sulit dijangkau dan sulit terlihat.

Penelitian menunjukkan bahwa menyimpan makanan dalam toples transparan akan membuat Anda terus menghabiskannya daripada menyimpannya dalam toples yang buram. Jika Anda memiliki keripik kentang, simpanlah dalam lemari yang tertutup.

6. Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Apakah Anda sering berpergian atau belanja saat perut kosong? Jika ya, sebaiknya Anda perlu menghilangkan kebiasaan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda pergi belanja dalam keadaan lapar, Anda lebih mungkin untuk melakukan pembelian impulsif, bahkan membeli makanan tidak sehat. Anda bisa makan camilan sehat sebelum pergi belanja supaya Anda dapat mengurangi godaan untuk membeli makanan seperti junk food.

7. Alihkan Perhatian Anda

Saat Anda memiliki waktu senggang atau sedang libur, biasanya keinginan untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat itu muncul. Anda bisa menghindarinya dengan cara alihkan perhatian ke kegiatan lain. Misalnya jika Anda biasa menghabiskan waktu libur dengan menonton tv atau berleha-leha, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut dengan melakukan kegiatan positif lainnya seperti berkunjung ke rumah teman atau sekedar berjalan-jalan di lingkungan rumah.

Sebab, mengidam makanan tidak sehat seringkali dipicu oleh kebosanan sehingga saat membuat diri Anda sibuk dengan kegiatan lain, Anda dapat menangkal godaan tersebut.

Ingatlah bahwa apa yang Anda makan mencerminkan apa yang Anda lakukan. Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif, produktif, dan menyenangkan. Mulai sekarang Anda dapat mempraktekkan langsung tips ampuh di atas supaya Anda dapat mengurangi konsumsi makanan tidak sehat.

Baca Juga : 8 Camilan Sehat Cocok bagi Anda yang sedang DIet

Sumber:
wikiHow. (2019). How to Avoid the Temptation to Eat Unhealthy Foods. www.wikihow.com
Lifehacker. (2013). Five Tricks I Used to Beat My Unhealthy Eating Habits. Lifehacker.com
National Geographic Indonesia. (2018). 6 Tips Mudah untuk Mengurangi Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat. Nationalgeographic.grid.id
WebMD. Avoid Unhealthy Eating Habits. www.webmd.com