8 Camilan Sehat bagi Anda yang sedang Diet

Image: fitbit.com

Penulis: Niahappy

Hobi ngemil namun sedang menjalani program diet? Tidak perlu takut makan camilan saat diet tidak sepenuhnya membuat berat badan Anda naik lho. Anda hanya perlu memilih menu camilan yang aman dan nggak bikin berat badan naik. Nah berikut ini beberapa camilan sehat yang ramah bagi Anda yang sedang diet:

Baca Juga : Diet Sehat atau Diet Cepat

1. Kacang

Kacang  merupakan camilan bergizi yang ideal untuk mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mencegah kanker tertentu, depresi, dan penyakit lainnya. Meskipun relatif tinggi lemak, namun kacang sangat mengenyangkan sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Jenis kacang yang baik dikonsumsi saat diet adalah kacang kedelai, mede, kacang tanah, kacang merah dan almon. Kacang-kacangan ini kaya akan serat. Lebih baik Anda mengonsumsi kacang yang diolah dengan cara disangrai atau dipanggang ya, hindari kacang goreng apalagi diberi taburan garam.

2. Yoghurt Tawar dan Beri

Yoghurt yunani tawar  (Greek yoghurt) dipercaya memiliki sumber kalsium dan kalium yang baik, greek yogurt juga kaya protein. Buah beri merupakan sumber antioksidan terbaik. Jika Anda mengonsumsi beragam buah beri yang berbeda warna Anda akan mendapatkan beragam antioksidan yang baik pula lho. Melansir dari healthline (15/3/2019) menggabungkan 3,5 ons greek yoghurt tawar dan setengah cangkir beri memberikan sekitar 10 gram protein dan kurang dari 150 kalori. Nah hal itu baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

3. Dark Chocolate dan Kacang Almon

Cokelat hitam dan kacang almon sangat baik dikonsumsi berbarengan. Karena kacang almon dan cokelat hitam mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan memiliki efek menguntungkan pada kontrol gula darah. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kacang almon dan dark chocolate dapat mengurangi nafsu makan dan membantu Anda menurunkan berat badan. Nah bagi Anda yang sedang diet dan suka ngemil Anda bisa mengkonsumsi camilan ini, namun tetap dalam porsi yang pas ya!

4. Granola

Belakangan ini camilan granola marak ditemui di pasaran. Granola adalah camilan kering sehat yang terdiri dari campuran oat, biji-bijian (seperti biji wijen), kacang-kacangan (seperti kacang almond dan kacang mede), buah kering (seperti kismis), madu, dan bahan lainnya. Camilan ini baik dikonsumsi saat diet. Meskipun camilan ini sehat dan baik untuk diet, namun Anda tetap mengontrol makanan yang masuk pada tubuh Anda.

5. Pisang dan selai Kacang

Mengonsumsi satu buah pisang diolesi selai kacang, ternyata bisa menjaga berat badan Anda lho. Karena sumber karbohidrat pada pisang bisa meningkatkan energi Anda, sementara kandungan protein dari selai kacang bisa menjaga energi tetap kuat selama beberapa jam ke depan. Maka itulah camilan ini baik untuk diet karena dapat menahan nafsu makan sepanjang siang hari. Tapi ingat, pilih selai kacang yang bebas gula, ya!

6. Crackers atau Energy Bar

Seperti granola camilan siap saji ini cocok bagi Anda yang sedang diet. Namun Anda harus teliti dalam memilih produk crackers dan energy bar yang cocok dengan kebutuhan gizi Anda. Pilihlah cracker atau energy bar yang terbuat dari bahan dasar berkualitas berupa oatmeal, granola, atau sereal. Ketiga jenis bahan dasar tersebut mengandung karbohidrat kompleks , kaya serat dan mengandung mineral yang membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Gelato

Mau makan es krim namun takut gendut? Jangan takut, gelato ternyata ramah dikonsumsi saat diet lho, karena kandungan lemak susunya yang sediki. Jika es krim pada umumnya sekitar 12,5 gr lemak maka kandungan lemak pada gelato hanya separuhnya. Gelato juga tidak dibuat dengan tambahan krim, maka dari itu gelato aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

8. Agar-agar

Agar-agar bisa jadi pilihan cemilan bagi Anda yang sedang diet lho. Kalori pada sebungkus agar-agar hanya 10 kalori apabila tidak Anda tambahkan gula atau pemanis lainnya. Anda bisa mengganti gula dengan pemanis alami yang lebih sehat dan rendah kalori seperti buah anggur, mangga, jeruk, stroberi atau kiwi.

Nah ternyata camilan untuk diet tidak hanya buah dan sayuran ya, selamat mencoba.

Baca Juga : 7 Prinsip Utama Sukses Diet

Sumber:
Healthline. (2016). 29 Healthy Snack That Can Help You  Lose Weight. www.healthline.com
Health. (2018). 23 Snack That Burn Fat. www.heatlh.com
Kompas. (2012). Es krim untuk yang sedang diet. www.kompas.com