Natur E: Fungsi, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Natur E: Fungsi, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Penulis: Ratna

Natur E merupakan suplemen yang mengandung vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E adalah kandungan nutrisi yang larut dalam lemak yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, fungsi sel, dan kesehatan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan, membuatnya efektif dalam memerangi efek radikal bebas yang dihasilkan oleh metabolisme makanan dan polusi.

Suplemen ini terbuat dari bahan-bahan alami yaitu minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari yang kaya akan vitamin E. Vitamin E sangat berperan penting dalam menjaga dan merawat kulit dari dalam. Selain itu, suplemen ini juga mengandung astaxanthin dari ganggang merah, likopen dari tomat, glutathione, olive fruit extract, dan gigawhite TM.

Baca Juga: 7 Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Macam Produk Natur E dan Fungsinya

Suplemen ini terdiri dari empat produk, yaitu Natur-E Hijau 100, Natur-E Orange 300, Natur-E Advanced, dan Natur E White. Jenis produk tersebut terbagi berdasarkan usia dan jenis kulit. Sebelum menggunakan produk ini, sebaiknya ketahui dulu macam-macam produk natur E dan fungsinya agar produk yang Anda pakai tepat sesuai usia dan kebutuhan kulit Anda.

1. Natur-E Hijau 100

Natur-E Daily Nourishing 100 IU memiliki kemasan dan kapsul berwarna hijau. Produk ini mengandung vitamin E 100 IU yang berfungsi menjaga kelembaban kulit sehat, mengatasi masalah kulit yang terasa kering, kusam dan kasar. Produk ini dapat digunakan pada usia 18 hingga 25 tahun.

2. Natur-E Orange 300

Produk ini memiliki kemasan dan kapsul berwarna orange. Kandungan vitamin E 300 IU dalam produk ini dapat meningkatkan kelembaban kulit, mengatasi masalah kulit kering karena usia dan paparan radikal bebas. Produk ini dapat digunakan oleh usia 25 hingga 35 tahun.

3. Natur-E Advanced

Produk dengan kemasan warna putih dan kapsul warna merah ini mengandung astaxanthin dari ganggang merah, vitamin E dan lycopene dari tomat. Varian ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang, serta mengatasi masalah kulit yang mulai tampak adanya garis halus, kerutan dan flek hitam. Produk ini dapat digunakan untuk usia 35 tahun keatas.

4. Natur E White

Varian ini memiliki kemasan dan kapsul berwarna putih. Kombinasi glutathione, vitamin E, olive fruit extract serta gigawhite TM dalam produk ini dapat membantu mencerahkan kulit.

Dosis dan Cara Penggunaan

Penggunaan untuk Natur-E Hijau Soft Capsule, dosis yang dianjurkan adalah 1-3 kapsul sehari disesuaikan dengan kebutuhan kulit.  Sedangkan untuk Natur-E Orange Soft Capsule dan Natur-E Advanced Soft Capsule, hanya dianjurkan mengonsumsi 1 kapsul sehari. Lebih dari dosis tersebut tergantung kebutuhan dan masalah kulit atau sesuai petunjuk dokter.

Konsumsilah obat ini berdasarkan aturan pakai yang tercantum pada kemasan. Untuk konsumsi jangka panjang sebaiknya Anda konsultasikan dahulu pada dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin berbahaya. Selain itu, wanita hamil atau berencana hamil sebaiknya juga melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter jika akan mengonsumsi suplemen ini.

Efek Samping Natur-E

Mengonsumsi suplemen vitamin E seringkali tidak menimbulkan efek samping selama dosis pemakaiannya benar. Namun, mengonsumsi berlebihan dapat menyebabkan overdosis dengan gejala berikut, antara lain:

  • Mual
  • Sakit kepala
  • Pendarahan
  • Kelelahan
  • Diare
  • Gangguan pengelihatan
  • Sakit perut

Selain itu, terlalu banyak vitamin E dalam aliran darah dapat menyebabkan penurunan jumlah trombosit dan pengenceran darah. Jika Anda mengonsumsi pengencer darah atau jika Anda mengalami gangguan pendarahan, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai suplemen oral vitamin E.

Interaksi dengan Obat Lain

Vitamin E dapat menimbulkan risiko jika penggunaanya bersamaan dengan obat-obatan lain. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika anda berencana atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Berikut ini merupakan interaksi yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Suplemen vitamin E dapat mengganggu beberapa obat penurun kolesterol.
  • Dapat mengurangi efektifitas pengobatan kemoterapi dan radiasi untuk kanker.
  • Dapat mengurangi penyerapan vitamin E, jika dikonsumsi dengan obat cholestyramine dan orlistat.

Baca Juga: Manfaat Penting Vitamin A Bagi Kulit

Sumber

Healthline. 2019. How Can Vitamin E Oil Help the Appearance and Health of My Face?. www.healthline.com

Healthline. 2018. Vitamin E and Your Skin, Friends Through Food. www.healthline.com

Natur-e. Natur-e. www.natur-e.co.id

WebMD. 2020. Vitamin E. www.webmd.com



Add Your Comment