Ketahui Manfaat Yoghurt untuk Kulit

Image : www.tasteofhome.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Anda mungkin telah banyak mendengar bahwa yogurt baik untuk kulit dan pencernaan. Ada banyak alasan bagus untuk makan yogurt, karena kaya dengan kalsium, probiotik, enzim pencernaan, dan nutrisi lainnya.

Jika ada sesuatu tentang yogurt yang baik untuk kulit Anda, itu adalah asam laktat yang ada di dalamnya. Zat ini bisa membuat kulit Anda lebih lembut dan bisa membantu menghidrasi kulit kering.

Asam laktat merupakan salah satu nutrisi utama dalam yogurt, dan juga merupakan salah satu bahan utama dalam beberapa produk perawatan kulit. Asam laktat adalah pelembab yang bagus dan pelembab kulit. Ini juga berfungsi sebagai agen anti-penuaan dengan mengurangi garis halus dan mencegah pembentukan kerutan baru.

Jika Anda menderita kulit sensitif, yogurt dapat membantu meredakan ruam pada kulit. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut setidaknya 6 manfaat utama yogurt untuk kulit.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Penggunaan Masker Wajah

1. Mencerahkan

Yogurt memiliki efek mencerahkan kulit bila digunakan seiring waktu. Kulit yang kusam dan warna tidak rata karena faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, dapat mencapai warna kulit yang lebih merata dengan masker yogurt.

Buat masker alami dengan menggosokkan tipis yogurt plain ke kulit. Biarkan selama 40 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Asam laktat yang ditemukan dalam yogurt, khususnya greek yogurt, membantu dalam memperbarui sel-sel kulit, dan mengangkat sel kulit mati, tanpa mengiritasi kulit.

Sel-sel kulit yang lebih baru dan lebih sehat memberi Anda kulit yang lebih halus, lebih cerah, lebih kencang, dan tampak lebih muda.

3. Melawan Jerawat

Kulit yang rawan berjerawat akan mendapat manfaat dari yogurt, dengan sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Ini juga kaya akan zinc yang membantu dalam penyembuhan jerawat.

Seperti yang telah dijelaskan, yogurt mampu melakukan pengelupasan alami, mencegah iritasi dan meminimalkan kemerahan, sehingga mengurangi pembentukan jerawat.

Yoghurt secara alami juga membunuh kotoran yang menyebabkan berjerawat, seta menjaga kulit tetap segar dan bersih.

Untuk perawatan wajah anti-jerawat, gosok yogurt dan oleskan yogurt dengan saksama ke seluruh bagian wajah. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Mengatasi Kulit Kering (Melembabkan)

Yoghurt memiliki faktor pelembab alami, seperti vitamin B6 dan B12 yang membantu dalam menjaga sel-sel kulit tetap sehat dan lembab.

Untuk menggunakannya, ambil 1/2 cangkir yogurt plain dan 1/2 sendok teh minyak zaitun. Campur dan oleskan ke kulit wajah. Biarkan 30 menit, lalu bilas dengan air suam-suam hangat.

5. Melawan Penuaan Dini

Yoghurt mengandung asam laktat yang juga membantu menghaluskan kulit kasar dan kering, mencegah garis halus, dan flek. Asam laktat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori, sehingga membuat kulit terlihat lebih muda.

Untuk perawatan anti-penuaan, oles yogurt pada wajah dan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

6. Melawan Psoriasis

Psoriasis adalah radang pada kulit yang menyebabkan munculnya ruam merah, kulit kering, dan mudah terkelupas. Yoghurt mengandung kalsium, antiinflamasi yang membantu meredakan kemerahan. Serta vitamin B12 yang terbukti mengatasi kondisi gatal dan bersisik ini.

Cukup oleskan 1/2 cangkir yogurt plain ke area yang bermasalah. Biarkan di kulit selama tiga puluh menit dan bilas dengan air suam hangat.

Baca Juga : 10 Cara Alami Mengatasi Garis Halus pada Wajah

 

Sumber :
CelsaDerm. 6 Beauty Benefits of Greek Yogurt. www.celsaderm.com
LiveStrong. Which Type of Yogurt Is Good for a Face Mask?. www.livestrong.com
Skincare Wellness. 8 Super Benefits Your Skin Can Get From Yogurt. www.skincarewellness.com