Alasan Pentingnya Penggunaan Masker Wajah

Image : foreo.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Masker wajah merupakan salah satu perawatan praktis untuk menjaga kesehatan kulit wajah dalam waktu singkat. Beragam jenis dan bahan masker tersedia di pasaran, bahkan masing-masing berfokus untuk memperbaiki suatu masalah kulit yang spesifik.

Namun, meski Anda mungkin tidak memiliki permasalah kulit tertentu, masker wajah tetap baiknya Anda gunakan minimal seminggu sekali.

Penggunaan masker wajah menjadi penting di tengah semakin berkembangnya permasalahan kulit wajah karena situasi lingkungan dan pola hidup yang kurang mendukung kesehatan kulit. Kenapa penggunaan masker wajah begitu penting? berikut alasanya.

Baca Juga : Kenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

1. Membersihkan Pori Wajah

Masker memberikan pembersihan ekstra setelah melakukan pembersihan harian Anda. Masker secara intensif membersihkan lebih jauh ke dalam pori-pori Anda. Tidak hanya menghilangkan kotoran, tetapi juga membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati, menyerap minyak berlebih yang menyumbat pori-pori, dan menyeimbangkan pH kulit wajah. Proses inilah yang membuat kulit Anda tampak lebih glowing dan segar setelah memakai masker.

Anda benar-benar dapat merasakan “detoksifikasi” kulit wajah saat menggunakan masker, kulit terasa benar-benar bersih, lebih kencang dan kenyal. Inilah sebabnya masker wajah menjadi rangkaian perawatan ekstra yang luar biasa dalam memberikan kulit pembersihan yang mendalam, serta secara instan meningkatkan tampilan kulit wajah Anda.

Kita semua tahu bahwa pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan kulit tampak kusam Saat kotoran mengendap di kulit, mereka terdorong ke bawah kulit hingga terperangkap ke dalam pori-pori sehingga memberi kesempatan pada bakteri untuk tumbuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, bruntusan dan komedo. Gunakan masker wajah secara teratur untuk membersihkan pori-pori Anda secara mendalam.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Masker wajah membantu merangsang sirkulasi darah. Proses pengeringan pada masker wajah bertekstur krim yang dapat mengering membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di wajah Anda. Hal tersebut membantu dalam penyerapan nutrisi dari masker wajah yang sangat dibutuhkan kulit, sehingga membuat kulit Anda terasa lembut dan halus.

3. Mendukung Penyerapan Skincare Lain

Manfaat unik lainnya dari penggunaan masker wajah adalah membantu rangkaian produk perawatan kulit Anda lainnya bekerja lebih baik dan terserap lebih cepat. Tentu saja hal tersebut dikarenakan kulit wajah sudah bersih hingga ke pori setelah mencuci wajah dan menggunakan masker.

Baca Juga : Tips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

4. Relaksasi

Menggunakan masker wajah jelas merupakan suatu kemewahan. Anda mungkin tidak akan memakainya ketika Anda sedang sibuk atau terburu-buru. Dibutuhkan waktu dan semua orang suka menggunakannya sesekali karena bisa memberikan relaksasi dan meredakan stres, baik itu stres kulit karena polusi lingkungan, maupun menurunkan stres dalam diri.

Gunakan masker wajah sambil bersantai dan merilekskan pikiran dan jiwa Anda sambil mencapai kulit yang bersinar dan sehat. Waktu yang diperlukan untuk masker wajah umumnya 15-20 menit, manfaatkan baik-baik dan nikmati waktu tersebut sambil beristirahat.

5. Memperbaiki Masalah Spesifik

Terlihat simpel dan praktis, namun masker wajah adalah salah satu rahasia perawatan wajah untuk kulit bersih dan sehat tanpa noda. Masker wajah membantu mengatasi permasalahan kulit secara spesifik dengan praktis.

Banyak sekali pilihan masker wajah sesuai jenis kulit dan permasalahan kulit spesifik. Jika Anda memiliki masalah jerawat, Anda bisa memilih masker tea tree. Jika kulit wajah Anda tidak kencang, gunakan shooting mask. Begitu pun untuk mencerahkan dan masalah kulit lainnya, semua bisa diatasi dengan pilihan sheet mask yang sesuai.

Pilih masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda, jika Anda cenderung memiliki kulit berminyak gunakan masker berbahan dasar mud atau clay, masker ini akan membantu mengeluarkan minyak berlebih dan kotoran tetapi juga mengencangkan pori-pori Anda. Sedangkan untuk jenis kulit kering harus mencari masker yang berfokus pada hidrasi.

Baca Juga : Skincare Penting yang Perlu Dibawa saat Traveling

 

Sumber :
Womens Health. Why You Should Be Adding A Face Mask To Your Skincare Routine. www.womenshealth.com.au
Bustle. (2017). Do Face Masks Actually Work? 4 Dermatologists Weigh In. www.bustle.com
Youth. (2018). 5 Reasons Why Face Mask are a Must. www.yeouth.com
Discover Good. 5 Reasons You Need to Apply a Face Mask Right Now. www.discovergoodnutrition.com
Adore Beauty. Why You Should Use a Sheet Mask. www.adorebeauty.com.au