10 Cara Alami Mengatasi Garis Halus pada Wajah

Image : reportshealthcare.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Hal yang paling dikhawatirkan wanita saat mulai memasuki usia 30 tahun yaitu tanda-tanda munculnya garis halus pada wajah. Di usia 25 tahunan bahkan banyak wanita mulai khawatir kalau-kalau terjadi penuaan dini pada wajahnya. Berbagai perawatan pun mulai dijalani untuk mencegah tanda-tanda munculnya garis halus pada wajah.

Tidak perlu perawatan mahal atau mengunjungi klinik kecantikan, cara-cara alami berikut bisa Anda terapkan sehari-hari di rumah untuk merawat elastisitas dan kekencangan pada kulit wajah.

Baca Juga : Tips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal manfaatnya untuk melembabkan kulit. Banyak sekali produk kecantikan yang memiliki kandungan minyak zaitun sebagai pelembab alami di dalamnya.

Untuk mencegah garis halus pada wajah, Anda bisa melakukan perawatan ringan dengan minyak zaitun. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada wajah, lalu lakukan pemijatan ringan pada wajah Anda. Lakukan malam hari sebelum tidur, tapi jangan lupa untuk bilas wajah Anda dan cuci bersih dengan sabun wajah sebelum tidur. Esok harinya pasti wajah Anda akan terasa lebih lembab dan kenyal.

2. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa memijat wajah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa kaya akan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus pada wajah.

Selain itu, untuk Anda yang mulai mengalami sedikit tanda-tanda munculnya garis halus pada wajah, minyak kelapa bisa mengurangi garis-garis halus pada wajah juga.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal keampuhannya untuk meningkatkan elastisitas kulit. Saat ini juga sedang populer perawatan wajah dengan menggunakan gel aloe vera / lidah buaya. Berbagai merek bisa ditemukan di toko-toko kecantikan.

Meski banyak produk dijual dengan label 100% aloe vera, akan lebih aman kalau Anda membuat sendiri di rumah dengan lidah buaya yang dipetik dari taman rumah sendiri. Membuatnya sangat mudah, ambil bagian isi lidah buaya dan hancurkan hingga menjadi cair. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Pisang

Tidak hanya baik untuk tubuh ketika dimakan, menjadikan pisang sebagai masker wajah juga sangat baik untuk nutrisi dan kelembapan kulit, lho. Pisang kaya akan nutrisi alami untuk melawan penuaan pada kulit penyebab kerutan.

Hancurkan satu buah pisang hingga halus seperti pasta, lalu gunakan untuk masker wajah selama 20 – 30 menit. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga bisa mencampur masker ini dengan satu sendok makan madu.

5. Cuka Apel/Apple Cedar Vinegar

Untuk perawatan sehari-hari dalam mencegah kerutan, Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai toner. Cara membuatnya sangat mudah, campur air dengan cuka apel dengan perbandingan 2 : 1.

Cuka apel sangat baik untuk menjaga keseimbangan pH pada wajah, sehingga wajah kering akan terjaga hidrasinya, dan wajah berminyak akan terkontrol sebumnya. Cuka apel juga mampu melawan radikal bebas sehingga mengurangi efek kerut pada kulit.

Baca Juga : Cara Menjaga Kelembapan dan PH Seimbang pada Kulit Wajah

6. Konsumsi Makanan Bernutrisi untuk Kulit

Tidak akan cukup mencegah garis halus hanya dengan perawatan dari luar, tentunya nutrisi yang baik di dalam tubuh juga berpengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Sayuran dan buah-buahan segar sangat kaya akan Vitamin A dan D yang membantu melembabkan kulit dan membuatnya sehat dari dalam tubuh.

Selain itu hindari juga makanan cepat saji dan makanan berminyak, karena kedua jenis makanan tersebut beresiko buruk pada kesehatan kulit dan tubuh.

7. Gunakan Tabirsurya

Jangan sepelekan juga penggunaan tabir surya pada wajah. Paparan UVA dari matahari bisa berakibat pada penuaan dan masalah kulit lainnya. Pastikan untuk memilih tabir surya dengan kandungan UVB dan UVA, jangan hanya UVB saja. UVB mampu menjegah kulit terbakar (burning), namun UVA juga menjadi sangat penting karena mencegah penuaan dini (aging) dan mencegah terjadinya kanker kulit.

Pilih tabir surya sesuai dengan jenis kulit Anda, dan gunakan setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah dan terkena paparan matahari langsung.

Baca Juga : Kenali Bedanya, SPF dan PA pada Tabir Surya

8. Istirahat yang Cukup

Jangan sepelekan waktu istirahat Anda, tidur dan istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Jika Anda kurang tidur, sirkulasi darah dan hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang, hal tersebut tentunya berpengaruh besar terhadap kesehatan kulit.

Pastikan Anda istirahat yang cukup di malam hari. Tidurlah tepat waktu dan bangun pagi hari, maka tubuh Anda akan lebih fit, sirkulasi darah lancar, dan kulit juga tetap sehat.

9. Cegah Stres

Semua orang pasti sudah tahu kalau stres bisa mengakibatkan cepat tua. Emosi yang tidak terkontrol, stres, dan tekanan pada diri Anda akan merusak hormon dan mempengaruhi kondisi kulit Anda dari dalam. Jadi hindari diri Anda dari stres dan pikiran-pikiran negatif yang berlebihan.

Lakukan relaksasi dan me time saat waktu senggang dan hari libur supaya Anda tidak penat saat beraktifitas kembali di kemudian hari.

Baca Juga : Pentingnya “Me Time” agar Jauh dari Stres

10. Gunakan Krim Anti-Wrinkle/Anti-Aging

Tips mencegah kerutan pada wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan krim anti kerut (Anti-Wrinke/Anti Aging). Jangan dikira kalau krim ini hanya diperlukan saat berusia 40 tahun ke atas. Sebenarnya saat Anda berusia 29 tahunan yang mulai memasuki usia 30 tahun, krim ini sudah diperlukan untuk mencegah penuan terjadi secara cepat.

Namun, beberapa orang di awal usia 20an kini juga banyak mengalami masalah mulai muncul garis-garis halus akibat paparan polusi dan lingkungan yang kurang mendukung untuk kesehatan kulit. Jika Anda mulai mengalami tanda-tanda tersebut, mulai gunakan krim anti kerut pada malam hari, ya. Pilih krim yang berbahan alami dan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

 

Sumber :
Doctor NDTV. (2018). 8 Simple Ways To Get Rid Of Wrinkles On The Face Naturally. doctor.ndtv.com
Wrinkles Advice. (2018). How To Remove Wrinkles From Face Naturally?. www.wrinklesadvice.com
The Body Shop. (2018). Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah agar Tampak Lebih Muda. www.thebodyshop.com