Haid Hanya 2 Hari, Apakah Perlu Khawatir?

Haid Hanya 2 Hari, Apakah Perlu Khawatir?

Penulis: Anggita | Editor: Opie

Faktanya, menstruasi yang normal bisa terjadi selama 2-8 hari.

Bagi setiap wanita, periode menstruasi juga bisa berbeda karena berbagai faktor. Simak faktor penyebabnya berikut ini.

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu Fakta Seputar Menarche, Menstruasi Pertama

Penyebab Menstruasi Hanya Sebentar

1. Penggunaan Pil KB

Bagi beberapa orang, penggunaan pil KB bisa memperbaiki siklus menstruasi. Namun, pil KB juga bisa membuat siklus menstruasi Anda menjadi tidak normal.

Mengapa demikian? Ternyata, hormon di dalam pil KB Anda bisa membuat lapisan rahim Anda menipis, sehingga siklus menstruasi Anda bisa menjadi lama, atau justru sebentar.

2. Peningkatan Stres

Kadar stres Anda juga memainkan peran yang penting dalam siklus menstruasi Anda.

Saat Anda mengalami stres, maka semua organ yang berfungsi untuk mengelola hormon di tubuh dapat terganggu, karena kadar hormon Anda menjadi rusak, maka periode menstruasi Anda bisa menjadi singkat.

3. Hormon Prolaktin yang Tinggi

Ketika sedang menyusui, maka hormon prolaktin Anda akan bekerja untuk memproduksi ASI. Selain itu, hormon prolaktin juga bekerja untuk mengatur siklus menstruasi Anda.

Sayangnya, hormon prolaktin yang berlebihan atau disebut juga dengan istilah hyperprolactinemia, bisa mengakibatkan menstruasi menjadi tidak lancar.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari hipotiroid, konsumsi obat-obatan, hingga makanan yang Anda konsumsi.

4. Tanda Awal Kehamilan atau Keguguran

Saat sedang hamil, Anda tak mungkin mengalami menstruasi. Namun pada trimester pertama kehamilan, Anda mungkin saja melihat bercak darah seperti darah haid.

Meski demikian, tidak semua wanita hamil mengalami hal tersebut. Maka itu, cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan melakukan tes.

Namun, pendarahan seperti haid juga bisa terjadi saat Anda mengalami keguguran. Jumlah dan berapa lama Anda mengalaminya tergantung seberapa lama Anda mengandung.

Baca Juga: Kenali Gangguan Pada Saat Menstruasi

5. Memiliki Penyakit Tiroid

Tiroid adalah organ yang terletak di leher Anda. Organ ini berfungsi untuk menghasilkan hormon yang dibutuhkan untuk tubuh, mulai dari mengatur metabolisme tubuh, hingga mengontrol menstruasi Anda.

Saat tubuh Anda memproduksi atau kurang memproduksi hormon tiroid, maka siklus menstruasi Anda bisa terganggu. Selain itu, hal tersebut juga bisa mengganggu keseimbangan hormon yang bisa menyebabkan pembuahan, sehingga bisa membuat Anda lebih sulit untuk hamil.

6. Perubahan Berat Badan

Menstruasi yang normal adalah tanda bahwa kondisi tubuh Anda dalam keadaan yang sehat.

Saat berat badan tubuh Anda dalam berlebihan atau obesitas, atau Anda sedang mengalami pengurangan berat badan yang ekstrem, maka Anda bisa mengalami menstruasi yang tidak teratur, bahkan berhenti mengalami menstruasi.

Solusi dari masalah ini adalah dengan memiliki berat badan yang sehat.

7. Penyakit Radang Panggul

Bakteri yang masuk ke dalam vagina karena hubungan seksual bisa menyebar ke rahim dan saluran genital bagian atas Anda. Infeksi tersebut bisa mengakibatkan menstruasi Anda terganggu.

Meski tidak membuat menstruasi menjadi lebih singkat, penyakit radang panggul juga perlu dicegah agar menstruasi Anda menjadi lancar. Sebab, jika Anda mengalaminya, maka menstruasi akan terasa lebih sakit, lebih lama, dan darahnya yang lebih banyak.

8. Sindrom Ovarium Polikistik

Kondisi ini terjadi saat kadar hormon pria Anda (androgen) lebih tinggi dari hormon wanita, sehingga Anda bisa memiliki bulu lebih banyak, hingga menstruasi yang tidak teratur dan sulit untuk hamil.

Karena menstruasi yang hanya bertahan sebentar, Anda juga bisa mengalami pendarahan yang lebih banyak dibanding biasanya.

Catatan Penting

Secara garis besar, saat menstruasi Anda hanya berlangsung selama 2 hari, cari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Jika sebelumnya Anda pernah mengalami menstruasi dalam periode yang sebentar, maka Anda tak perlu khawatir. Terutama jika menstruasi tidak disertai dengan gejala-gejala lainnya.

Namun, jika menstruasi Anda disertai dengan gejala lain, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih pasti penyebabnya, dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sumber

Mayo Clinic. (2021). Menstrual cycle: What’s normal, what’s not. www.mayoclinic.org

Healthline. (2019). One-Day or Two-Day Period: Is It Normal, and What Does It Mean?. www.healthline.com

Everyday Health. (2010). Stress & Menstrual Cycle: Missed Period Due to Stress. www.everydayhealth.com

Planned Parenthood. (2020). My period only lasted two days. What does that mean?. www.plannedparenthood.org

ReproductiveFacts.org. (2014). Hyperprolactinemia (High Prolactin Levels). www.reproductivefacts.org

Office on Women’s Health. (2019). Thyroid disease. www.womenshealth.gov

Office on Women’s Health. (2019). Weight loss and women. www.womenshealth.gov

Healthline. (2021). Polycystic Ovary Syndrome (PCOS): Symptoms, Causes, and Treatment. www.healthline.com