Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Obat Alami

Image : www.parenting.co.id

Penulis : Dhiya | Editor : Atsa

Batuk pada anak, baik yang berdahak maupun kering sama-sama akan mengganggu aktivitas harian. Selain itu, batuk biasanya akan menganggu waktu tidur anak, karena ketika berbaring dahak akan berkumpul di belakang tenggorokan. Sehingga hal tersebut akan membuat anak Anda merasa gelisah atau tidak nyaman saat tidur.

Sebenarnya, batuk merupakan gejala yang bersifat melindungi tubuh. Batuk merupakan upaya alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru dan aliran udara yang tersumbat.

Batuk pada anak dapat diredakan dengan beragam cara alami. Cara mengobati batuk dengan alami ini pun bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Berikut beberapa obat batuk alami yang bisa Anda coba.

1. Air Putih Hangat

Jika anak Anda mengalami batuk berdahak, perbanyak minum air putih hangat. Karena air putih hangat memiliki manfaat yang sama dengan obat mukolitik, yaitu dapat membantu mengencerkan dahak dan menyembuhkan infeksi. Serta dapat membantu meredakan tenggorokan yang gatal atau tidak nyaman akibat jaringan sinus yang mengering.

Banyak minum air putih hangat dapat menjaga tubuh anak mendapat cukup cairan. Selain itu, dapat membantu mengencerkan ingus dan lendir di tenggorokan sehingga mudah dikeluarkan.

2. Sup Ayam

Minum air hangat mungkin terasa berat bagi beberapa anak, karena itu Anda dapat mengakalinya dengan sup ayam hangat. Salah satu makanan yang ampuh mengobati batuk anak adalah sup ayam. Sup ayam yang hangat dapat meningkatkan pergerakan lendir yang dapat memperbaiki pencernaan. Saat anak batuk, siapkan menu sup ayam hangat pada anak.

3. Air Lemon atau Jeruk Nipis Hangat

Air lemon dan jeruk nipis juga sangat manjur untuk mengobati batuk, menyembuhkan pilek, dan infeksi saluran pernapasan. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya sangat membantu dalam menyembuhkan batuk, dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Anda dapat mencampurkan dengan madu supaya membuat rasanya semakin nikmat.

4. Madu

Madu murni dapat membantu menyembuhkan batuk pada aak, karena madu mengandung zat antimikrobial dan antioksidan alami yang dapat memperkuat tubuh untuk memerangi bibit penyakit. Madu juga berfungsi untuk menstimulasi salivasi yang memicu keluarnya air liur dan meredakan rasa kering pada tenggorokan.

Berikan ½ sendok teh madu alami sebanyak 4 – 5 kali sehari. Namun madu tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi yang berusia di bawah satu tahun  untuk menghindari risiko keracunan. Pemberian madu sesuai usia adalah:

5. Menggosok Tubuh Anak

Tidak hanya mengkonsumsi bahan tertentu, mengobati batuk pada anak juga bisa Anda lakukan dengan menggosok bagian tubuh anak. Usapkan balsam atau minyak hangat khusus anak pada dada, punggung, dan leher anak. Gunakan balsam yang mengandung camphor, mentol, dan minyak eucaliptus yang bisa meredakan batuk pilek dan membuat anak tidur nyenyak.

6. Kumur Air Garam

Obat yang satu ini terbilang yang paling sederhana dan cukup efektif untuk mengobati batuk. Larutkan ½ sampai 1 sendok teh garam dengan air hangat. Kumur air garam, dan tahan sebentar air garam pada tenggorokan kemudian keluarkan.

Berikan air garam pada anak sampai batuknya membaik. Pada anak usia di bawah 4 tahun, teteskan 2 – 3 tetes pada lubang hidung anak kemudian sedot dengan penyedot ingus. Hal ini dapat mengurangi sumbatan pada hidung anak.

7. Jahe dan Kencur

Jahe dan kencur berkhasiat untuk menghangatkan serta melegakan tenggorokan. Jahe mengandung zat ginerol sebagai anti radang, serta kandungan minyak atsiri yang dapat meredakan batuk. Kencur juga memiliki kandungan minyak astiri dan juga vitamin C yang mempercepat penyembuhan pada batuk.

Kedua bahan ini dapat dengan mudah Anda buat untuk mengobati batuk pada anak. Caranya rebus satu siung jahe dan kencur lalu diamkan air rebusan sampai terasa hangat. Berikan pada anak Anda untuk diminum supaya batuknya mereda. Untuk membuat rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu secukupnya.

8. Kunyit

Salah satu rempah alami yang biasa dijadikan bumbu masak ini bisa juga digunakan untuk mengobat batuk pada anak. Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan juga berkhasiat untuk mematikan kuman. Jika batuk yang dialami Anak juga terasa nyeri, kurkumin dalam kunyit akan membantu meredakan dan memulihkan dengan cepat. 

Untuk membuat larutan kunyit sangat mudah. Potong kunyit yang sudah dicuci bersih, lalu rebus dengan air hangat. Tambahkan sedikit madu dan berikan pada anak.   

Itulah beberapa cara mengobati batuk anak dengan bahan-bahan alami. Selain itu, hindari asap rokok dan minta anak untuk banyak beristirahat sebelum benar-benar sembuh. Jika dalam beberapa hari batuk belum kunjung berhenti dan disertai dengan gejala lainnya. Sebaiknya segera hubungi dan konsultasikan pada dokter.

Baca JugaManfaat Pentingnya Mengajarkan Berenang untuk Anak

 

Sumber :
AloDokter. (2015). Menyikapi Batuk pada Anak. www.alodokter.com
Cancer Chemoprevention Research Center UGM. Kunyit (Curcuma longa Linn). ccrc.farmasi.ugm.ac.id
The Asian Parent. (2018). 4 Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Anak Tanpa Minum Obat. Id.theasianparent.com
Sahabat Nestle. (2018). Atasi Batuk pada Anak dengan Obat Tradisional. www.sahabatnestle.co.id
Nakita. (2018). Tanpa Obat, Inilah 7 Cara Mengobati Batuk Secara Alami pada Anak. Nakita.grid.id