Manfaat Pentingnya Mengajarkan Berenang untuk Anak

Image : britishswimschool.com

Penulis : Nia Happy | Editor : Atsa

Olahraga renang bisa dilakukan oleh siapapun mulai dari  orang dewasa hingga anak-anak. Berenang memiliki segudang manfaat bagi siapapun yang melakukannya tidak terkecuali anak-anak.

Sayangnya, nggak banyak orangtua yang mengajari anaknya berenang sejak kecil. Padahal berenang memiliki banyak manfaat lho. Yuk, simak manfaat berenang untuk buah hati tercinta berikut ini.

1. Menyehatkan Paru-paru dan Jantung

Olahraga renang akan membuat paru-paru dan jantung anak bekerja ekstra, sehingga peredaran darah dalam tubuh anak menjadi lebih lancar. Hal ini terjadi karena saat berenang akan melakukan latihan pernapasan seperti mengambil, menahan dan mengeluarkan napas yang berfungsi bisa meningkatkan efektivitas dari paru-paru sehingga bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

Bukan cuma itu,  dengan melatih anak Anda berenang juga akan memperkuat otot jantung dan mempermudah menghirup oksigen bagi anak Anda. Sehingga, anak Anda lebih kuat saat berolahraga lainnya seperti berlari, sepak bola, dan bermain bulu tangkis.

2. Kesehatan Mental

Mendorong anak Anda untuk berenang juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosionalnya. Karena, saat berenang tubuh dan pikiran, secara instan mengangkat suasana hati.

Berenang dapat meningkatkan endorfin atau rasa bahagia pada hormon anak. Meski bisa dibilang masih kecil, anak juga bisa stress dan merasakan tekanan hidup. Nah, berenang akan membantu anak mengurangi stress dan menjaga suasana hatinya tetap baik.

Baca JugaOlahraga Rutin untuk Menghilangkan Stres Berlebih

3. Melatih Motorik

Kemampuan motorik sangat penting untuk menumbuhkan kreativitas dan imajinasi anak. Para ahli telah menekankan bahwa kegiatan fisik akan dapat meningkatkan kemampuan intelektual anak, salah satu caranya adalah berenang.

Saat berenang saraf dan otot anak Anda secara bebas bergerak dan berkembang. Bagi bayi, berenang akan membuat motorik kasarnya bekerja dengan baik. Di masa pertumbuhannya, anak Anda akan dapat duduk dengan tegap, meski masih beberapa bulan. Badan juga lebih aktif dalam bergerak, meraba, bahkan menendang.

Bagi anak secara umum, berenang juga berhubungan dengan kesehatan jasmani lainnya. Anak akan lebih bugar, kuat berlari, melompat, serta aktivitas fisik lainnya seperti menangkap bola dan melempar bola.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melatih anak Anda berenang sejak kecil bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak lho. Jika Anda melatih si kecil dengan sabar dan meyakinkan bahwa anak bisa melakukan gerakan berenang dengan baik seperti mengapung dan bernapas di dalam air, secara langsung anak Anda akan belajar untuk percaya diri bahwa ia bisa melakukannya.

5. Keamanan Diri

Yang nggak kalah penting juga, manfaat utama dari belajar berenang bagi anak-anak adalah keamanan terhadap diri mereka sendiri. Tidak sedikit, anak-anak yang alami kematian akibat tenggelam karena nggak bisa berenang.

Nah, supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan  Anda bisa melatih anak Anda dengan bagaimana caranya mengambang, mengatur napas, dan bagaimana cara bertahan hidup bila terjadi kecelakaan yang tidak disengaja tentunya harus dalam pengawasan oleh ahlinya.

6. Meningkatkan Tinggi Badan

Berenang bisa membantu pertumbuhan tulang agar dapat memaksimalkan tinggi badan anak selama masa pertumbuhan. Banyak penelitian mengatakan bahwa berenang dinilai efektif untuk membantu membuat badan lebih tinggi.

Namun, tidak mudah untuk meninggikan badan hanya dengan renang saja ,ya.  Nutrisi yang masuk juga penting bagi tubuh untuk mempercepat tumbuh tinggi dan berkembang si anak.

Baca JugaOlahraga Rutin Dapat Tingkatkan Fungsi dan Kinerja Otak

 

Sumber :
Familiesonline. The Benefits of Swimming for Toddler. www.familisonline.com
Melissa Hopkins. What Are the Benefits of Swimming for Kids?. www.livestrong.com
Tempo. (2018). Tak Hanya Baik buat Fisik, Berenang pun Oke buat Kesehatan Mental. cantik.tempo.co