Cara Jitu Mengatasi Anak yang Tidak Suka Susu

Image : momjunction.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Konsumsi susu sangat penting di masa pertumbuhan anak bahkan sejak bayi. Bahkan saat cukup usia untuk melepas asi, susu formula dari susu sapi sangat penting bagi mereka, karena nutrisinya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Susu kaya akan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, susu juga kaya akan vitamin A dan B yang baik untuk sistem saraf pusat, serta protein yang baik bagi tubuh.

Namun, dalam beberapa kasus sering juga dijumpai anak yang tidak suka minum susu sapi karena rasa atau baunya. Jika anak Anda juga mengalami hal yang serupa, ikuti tips berikut ini supaya anak bisa minum susu sapi formula.

Baca Juga : Cara Melatih Keterampilan Motorik pada Anak Berdasarkan Usia

1. Perkenalkan berbagai hidangan lezat yang mengandung susu

Mulailah dengan memperkenalkan hidangan berbasis susu yang lezat kepada anak Anda. Misalnya dengan yogurt, milkshake, sup makaroni susu, dan sereal.

Tentunya, anak tidak hanya mendapatkan nutrisi, tetapi dia akan lebih terbuka untuk mencoba susu karena berbagai macam makanan yang mengandung susu.

2. Memberi anak sedikit susu (porsi kecil)

Kalau biasanya anak minum satu gelas susu, mulailah dengan 3-4 sendok saja. Dengan porsi kecil seperti ini, tentu saja kita dapat mengajari anak bagaimana cara menikmati susu. Dengan sedikit demi sedikit meminumkannya ke anak setiap hari, lambat laun anak akan terbiasa dengan rasa susu tersebut.

3. Berikan varian rasa pada susu

Berikan anak susu dengan rasa coklat atau strawberry. Kedua rasa tersebut biasanya lebih disukai anak. Selain itu warnanya juga lebih menarik dari susu vanila yang berwarna putih.

Anda juga dapat berkreasi dengan membuat minuman dari susu yang menarik, seperti milkshake dan smoothies dengan tampilan yang menarik untuk Anak.

Baca Juga : 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

4. Tambahkan beberapa campuran untuk samarkan aroma susu

Jika Anak susah minum susu karena dia tidak menyukai aromanya, Anda dapat menambahkan bahan makanan yang dapat menyamarkan aromanya.

Berikan potongan buah pada susu anak, atau jadikan jus. Buah-buahan cukup efektif untuk menyamarkan aroma dan rasa asli susu sapi yang mungkin tidak disukai anak Anda. Selain itu, dengan campuran buah susu juga memiliki warna yang lebih menarik sehingga anak tertarik untuk minum susu.

5. Sajikan susu dengan gelas dan aksesoris menarik

Ada banyak sekali sendok aduk cantik, sedotan menarik, dan mug unik yang bisa Anda jadikan hiasan untuk menarik minat anak minum susu. Tuang susu yang akan diminum anak ke dalam gelas atau mug dengan gambar karakter kartun favorit anak Anda. Anak akan terlebih dahulu tertarik untuk minum susu karena wadah yang menarik itu.

6. Cari tempat seru untuk minum susu

Ciptakan mood anak untuk minum susu dengan mengajaknya minum di teras atau duduk di taman rumah. Anda juga bisa mengajak anak minum susu di cafe yang menarik supaya anak tidak jenuh dan mau minum susu.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat anak doyan minum susu. Pastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi sesuai kebutuhannya untuk membantu tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Baca Juga : 5 Siasat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

 

Sumber :
Child and Youth Health. Milk for toddlers. www.cyh.com
Health Essentials.  (2015). What to Do When Your Child Won’t Drink Milk. health.clevelandclinic.org
New Kids Center. Toddler Won’t Drink Milk. www.newkidscenter.com
Dancow. (2018). Si Kecil Mogok Minum Susu? Bantu dengan Tips ini. www.dancow.co.id