Cara Alami Hilangkan Bekas Cacar

Image: verywellheathl.com

Penulis: Niahappy

Penyakit cacar disebabkan oleh varicella-zoster virus (VZV), yang menimbulkan rasa gatal, demam, dan muncul bintik berisi cairan. Saat menderita cacar tubuh Anda akan muncul bintik-bintik kemerahan berisi cairan yang sangat gatal. Bila cacar digaruk, bintik merah akan semakin banyak dan bisa menyebabkan bekas yang susah dihilangkan lho.

Anda tidak perlu khawatir, ternyata bisa lho menghilangkan bekas cacar yang mengganggu penampilan Anda secara alami. Berikut tips menghilangkan luka bekas cacar:

Baca Juga : Tips Merawat Kulit Wajah bagi Wanita Pekerja

1. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit lho. Kandungan anti inflamasi pada aloe vera mampu meringankan kulit yang terbakar. Selain itu, mampu mempercepat reproduksi sel kulit, melawan peradangan, dan mengurangi bintik kemerahan pada kulit.

Anda bisa menggunakan tanaman lidah buaya asli atau gel aloe vera yang marak dijual di pasaran dengan mengoleskan tepat di kulit Anda yang terkena cacar. Oleskan secara rutin agar hasilnya maksimal.

2. Madu

Kandungan pada madu mempunyai manfaat pada kulit seperti antioksidan, antibakteri, melembapkan kulit dan menyembuhkan luka. Dengan mengonsumsi madu mampu meringankan luka dari dalam. Tidak hanya itu, Anda dapat mengoleskan madu pada bintik-bintik bekas cacar selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Gunakan secara rutin karena kandungan anti bakteri pada madu dapat menghilangkan noda kemerahan.

3. Kacang Hijau

Kandungan vitamin B, protein dan mineral pada kacang hijau membantu meredakan luka pada kulit. Selain itu, membantu melancarkan aliran sehingga dapat membersihkan kulit dari dalam serta membantu pembentukan sel-sel baru pada tubuh yang telah rusak.

Cara mengaplikasikannya pertama rebus kacang hijau hingga matang lalu, tumbuk hingga halus kemudian oleskan pada ruam-ruam merah di kulit Anda.

4. Air Kelapa

Air kelapa berkhasiat untuk menangani masalah kulit. Sebab, kandungan mineral, vitamin dan nutrisi yang melimpah mampu meredakan iritasi pada kulit Anda lho. Selain itu,  air kelapa juga membantu mengatur pertumbuhan sel dan tingkat keasaman kulit secara efektif.

Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin berkhasiat meringankan luka pada kulit. Anda bisa mencampurkan sesendok madu agar lebih enak dikonsumsi dan berkhasiat pada tubuh.

5. Lemon

Kandungan kolagen pada lemon berkhasiat untuk kulit lho. Asam alfa hidroksi lemon dapat mengembalikan kulit yang rusak serta membuat kulit lebih cerah  dan memudarkan bekas luka.

Untuk mengurangi bekas luka cacar dengan lemon caranya mudah. Pertama, celupkan kapas dalam air lemon. Oleskan kapas ke bekas luka cacar Anda. Tunggu 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Baking Soda

Selain berguna untuk makanan ternyata baking soda juga memiliki manfaat untuk kulit lho. Soda kue bersifat basa. Hal ini dapat menyeimbangkan pH atau tingkat keasaman kulit dan mampu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh cacar.

Untuk itu, soda kue baik digunakan untuk meredakan atau menghilangkan luka pada cacar. Anda bisa membuat krim soda kue dengan sedikit air lalu oleskan ke kulit Anda tunggu hingga kering. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Pepaya

Pepaya terkenal baik untuk pencernaan, namun perlu Anda ketahui ternyata pepaya juga baik untuk menghilangkan bintik-bintik bekas cacar lho. Kandungan yang ada pada pepaya mampu dan mengangkat sel kulit mati dan menghidrasi kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, campurkan satu buah pepaya, 5 sendok makan gula merah, dan 5 sendok makan susu kemudian haluskan. Lalu oleskan krim pepaya pada bintik-bintik merah. Tunggu selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

8. Mentimun

Tidak perlu diragukan lagi manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh dan kulit. Mentimun kaya akan kandungan air. Jadi, sayuran ini sangat baik untuk bekas luka cacar sekalipun, sebab dapat memberikan efek dingin dan menyegarkan kulit Anda yang teriritasi.

Caranya mudah. Anda perlu menghaluskan mentimun dengan blender lalu oleskan pada kulit yang teriritasi. Tunggu selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Baca JugaKenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

Sumber:
Healthline. What Treatments Fade or Remove Chickenpox Scars?. www.healthline.com
Healthline. How to Get Rid of Old Scars Remedies. www.healthline.com
Medicalnews. Best Treatments for Chickenpox Scar Removal. www.medicalnewstoday.com
Naturallydaily. 16 Amazing Home Remedies for Chickenpox Scar. www.naturallydaily.com
Tribunnews. (2017). Cara Menyembuhkan Penyakit Cacar dengan Kacang Hijau Langsung Hilang Tanpa Bekas. style.tribunnews.com