7 Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Ditinjau oleh: dr. Bianda Dwida

Terakhir ditinjau: 1 Agustus 2020

 

Stroberi, buah merah dengan bintik-bintik ini sebenarnya berasal dari Eropa. Stroberi atau buah yang bernama latin fragaria ananassa ini rasanya asam manis dan berbentuk hati. Tidak hanya nikmat dimakan langsung, namun buah ini juga populer dijadikan berbagai macam olahan minuman, kue, dan camilan. Tidak heran jika stroberi digemari hampir semua kalangan.

Stroberi kaya akan sumber vitamin C, folat, potassium, dan antioksidan. Biasanya stroberi dikenal memiliki beragam manfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk memutihkan gigi. Namun, stroberi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat luar biasa dari stroberi.

Baca Juga : 8 Manfaat Penting Kacang Almond

1. Membantu Mencegah Cacat Lahir

Bagi ibu hamil yang sering khawatir dengan kondisi bayi yang akan lahir, sebaiknya Anda mencoba mengkonsumsi stroberi saat hamil. Karena saat hamil, wanita membutuhkan asupan folat yang cukup. Maka dari itu stroberi merupakan sumber folat alami yang sangat baik, yang berfungsi untuk membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Selain itu, folat juga bermanfaat untuk mencegah depresi pasca hamil. Depresi pasca hamil atau yang disebut sebagai pascanatal merupakan jenis gangguan mood setelah melahirkan.

Gejalanya seperti kecemasan, kesedihan, bahkan demensia. Folat mampu mencegah pembentukan homocysteine berlebih dalam tubuh yang diketahui mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

2. Membantu Pencegahan Kanker

Buah mungil yang satu ini ternyata mampu mencegah salah satu penyakit berbahaya yaitu kanker. Asam ellagic dalam stroberi berperan penting untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Begitu pun dengan kandungan antioksidan yang membuat kanker menjauh.

Jika Anda makan satu porsi stroberi setiap hari, maka mampu membantu memperkuat respon tubuh Anda terhadap oksidasi dan menghambat pertumbuhan tumor.

Salah satu studi menyarankan bahwa asupan stroberi secara teratur dapat berpotensi mengurangi metastasis sel-sel kanker, juga membantu meningkatkan pengobatan yang sedang dijalani.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun merupakan pelindung tubuh dari berbagai virus, bakteri, dan berbagai potensi penyakit berbahaya lainnya. Kandungan vitamin C dalam stroberi juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. Selain itu antioksidan yang terkandung di dalamnya juga membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Jika biasanya kita mengenal wortel sebagai sumber vitamin A untuk kesehatan mata. Alternatif lain yang bisa Anda makan untuk menjaga kesehatan mata adalah stroberi. Umumnya penglihatan seseorang akan semakin memburuk seiring bertambahnya usia, atau terlalu sering bekerja menatap layar komputer dan handphone.

Masalah mata yang akan muncul seperti mata kering, mata terasa perih, degenerasi saraf optik, gangguan lapang pandang, dan dapat meningkatnya risiko infeksi mata. Stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan seperti phenolic, flavonoid, phytochemicals, dan elagic acid.

Kombinasi tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyerang penurunan fungsi mata. Maka dari itu stroberi dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

5. Bantu Cegah Alergi dan Asma

Stroberi mengandung quercetin dan flavonoid yang membentu sifat anti inflamasi, mengkonsumsi stroberi dapat membantu meringankan gejala alergi seperti gatl-gatal dan mata berair.

Selain itu asma juga dapat sangat dikurangi dengan asupan vitamin C yang tinggi dari stroberi. Stroberi juga mengandung bioflavonoid yang memiliki efek pada pengurangan frekuensi serangan asma.

6. Melindungi Kesehatan Jantung

Penelitian telah menemukan hubungan antara stoberi yang mengandung anthocyanin dengan peningkatan kesehatan jantung. Tidak hanya itu stroberi juga mampu menekan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Menurut Dr. Aedin Cassidy dari Norwich Medical School di Inggris, setidaknya tiga porsi stroberi per minggu dapat menjaga fungsi jantung dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, stroberi juga mengandung polifenol yang mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat pembentukan trombosit dan mengurangi tekanan darah melalui mekanisme anti-inflamasinya. Ini menjadikan stroberi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Umumnya kehilangan ingatan disebabkan oleh penuaan alami dan diantisipasi oleh para lansia. Namun, radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini otak dan sistem saraf dapat terjadi pada orang dewasa muda. Radikal bebas yang berbahaya menghasilkan stres oksidatif yang dapat memperburuk saraf.

Stroberi yang kaya akan vitamin C dan fitokimia mampu membantu menyegarkan kembali sistem saraf. Selain itu stroberi juga merupakan sumber yodium yang sangat baik untuk fungsi otak dan sistem saraf.

Sedangkan kalium yang terkandung dalam stroberi telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dengan mendorong aliran darah ke otak. Studi terbaru yang dilakukan pada siswa juga menunjukkan bahwa asupan tinggi kalium, fisetin, dan flavonol yang menyebabkan stroberi berwarna merah mampu meningkatkan memori dan membantu mencegah penyakit Alzheimer dalam jangka panjang.

Nah, itulah beberapa manfaat stroberi bagi kesehatan tubuh. Selain enak dan sehat, stoberi juga rendah kalori. Stroberi juga merupakan buah yang bagus untuk diet sehat Anda.

Baca Juga : 8 Camilan Sehat bagi Anda yang sedang Diet

 

Sumber

Natural Food Series. (2019). 11 Amazing Health Benefits of Strawberry. www.naturalfoodseries.com
Healthline. (2018). Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits. www.healthline.com
Medical News Today. (2019). Everything you need to know about strawberries. www.medicalnewstoday.com
WebMD. Nutritional Benefits of the Strawberry. www.webmd.com