Waspadai Komplikasi Asam Urat

image : www.webmd.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang umum dan kompleks dan dapat menyerang siapa saja. Ini ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada tubuh, khususnya pada sendi. Sendi bisa terasa panas, nyeri, bahkan bengkak. Seringkali nyeri tersebut terjadi pada pangkal ibu jari. Gejala-gejala tersebut mungkin datang dan pergi. Hal ini terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan lebih banyak asam urat, atau mengalami hambatan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi yang dapat memicu nyeri, bahkan pembengkakan pada sendi tubuh. Penderita penyakit asam urat juga harus mewaspadai komplikasi yang bisa timbul dari penyakit ini jika tidak segera diobati, diantaranya :

1. Tophi

Tophi adalah endapan kristal asam urat yang terbentuk di bawah kulit dalam kasus asam urat kronis, atau asam urat tophaceous. Gumpalan tophi paling sering terjadi pada bagian tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan telinga.

Tophi terasa seperti benjolan keras di kulit dan biasanya tidak menyakitkan. Kecuali selama serangan asam urat kembali terjadi, tophi ini akan membengkak dan terasa nyeri. Saat tophi terus tumbuh, mereka dapat mengikis kulit dan jaringan di sekitar persendian. Ini menyebabkan kerusakan sendi pada akhirnya.

2. Deformitas Sendi

Beberapa orang mungkin hanya mengalami asam urat 1-2 kali setahun. Hal tersebut memang sangat umum. Namun, untuk beberapa orang asam urat dapat menjadi masalah kronis yang kambuh dengan beberapa serangan komplikasi. Seperti perubahan pada bentuk persendian karena radang yang disebut deformitas sendi. Jika asam urat tidak diobati dan menjadi parah, akibatnya jaringan sendi bisa rusak dan sendi keluar jalur sehingga sulit digerakan.

3. Batu Ginjal

Kristal yang menyebabkan gejala nyeri asam urat sebenarnya terbentuk dari dalam ginjal. Hal tersebut harus Anda waspadai. Ini juga dapat membuat batu ginjal yang menyakitkan karena penumpukan kristal. Batu ginjal dengan konsentrasi tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal.

4. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal menurut National Kidney Foundation, banyak orang dengan asam urat tinggi dan jangka lama juga menderita penyakit ginjal kronis. Bahayanya, ini dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Organ ginjal berperan penting untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, seperti asam urat melalui urin. Ketika organ vital ini rusak, maka tubuh Anda jadi kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dan racun dalam tubuh, sehingga lama-kelamaan memicu sakit ginjal kronis.

Baca Juga : Kenali Tanda-tanda Terkena Asam Urat

Pencegahan

Sebelum terlambat, beberapa pencegahan dapat dilakukan supaya tidak terjadi asam urat. Atau, setidaknya asam urat tidak datang kembali :

Minum banyak cairan. Tetap terhidrasi dengan baik, termasuk minum banyak air. Batasi jumlah minuman manis yang Anda minum, terutama yang dimaniskan dengan fruktosa tinggi.

Batasi atau hindari alkohol. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah jumlah atau jenis alkohol apa pun aman untuk Anda. Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir kemungkinan besar dapat meningkatkan risiko gejala asam urat, terutama pada pria.

Dapatkan protein Anda dari produk susu rendah lemak. Produk susu rendah lemak sebenarnya memiliki efek perlindungan terhadap asam urat, jadi ini adalah sumber protein terbaik Anda.

Batasi asupan daging, ikan, dan unggas. Dalam jumlah kecil mungkin dapat ditoleransi, tetapi perhatikan baik-baik jenis apa dan berapa banyak yang Anda konsumsi.

Jaga berat badan. Pilih porsi yang memungkinkan Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Terjaganya berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Baca Juga : Jus untuk Menurunkan Asam Urat

 

Sumber :
HealthLine. (2018). Gout Complications. www.healthline.com
MayoClinic. (2019). Gout. www.mayoclinic.org
Everyday Health. (2018). Gout Complications and Related Conditions. www.everydayhealth.com