Jus untuk Menurunkan Asam Urat

Image: radiantheheatlhmag.com

Penulis: Niahappy

Asam urat adalah bentuk radang sendi akut yang menyebabkan nyeri parah dan pembengkakan pada persendian. Meskipun umumnya sering terjadi pada jempol kaki, namun juga dapat mempengaruhi bagian lain seperti tungkai terutama pada sendi, seperti di pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan atau siku. Pada beberapa orang, juga dapat mempengaruhi tulang belakang dan menyebabkan sakit punggung yang parah lho.

Asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba dan hilang setelah beberapa hari. Asam urat terjadi ketika ada kadar asam urat yang tinggi masuk ke dalam darah dan bersarang di jaringan sendi. Hal itulah yang menyebabkan penderita asam urat merasakan nyeri pada sendi.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat seperti seafood, olahan manisan, daging dan sebagainya. Karena kandungan purin yang cukup tinggi dapat membahayakan penderita asam urat. Nah bagi Anda penderita asam urat tidak perlu khawatir, berikut beberapa minuman sehat dan juga enak yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh:

Baca Juga : Makanan yang Pantang Dimakan Penderita Asam Urat

1. Jus Lemon

Dengan minum jus lemon menyebabkan tubuh Anda melepaskan lebih banyak kalsium karbonat. Jus lemon dan ekstrak lemon dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah lho. Karena kandungan mineral kalsiumnya dapat mengikat asam urat dan memecahnya menjadi air dan senyawa lainnya sehingga bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Bagi Anda penderita asam urat sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jus lemon. Caranya mudah cukup siapkan satu buah lemon, kemudian peras air lemon tambahkan satu sendok makan gula stevia atau madu, setelah itu blender dan siap Anda minum.

2. Jus Nanas dan Jahe

Buah nanas mengandung Bromelain dan merupakan pembunuh rasa sakit alami yang sangat baik. Gunakan hanya buah nanas segar. Hindari nanas kalengan atau beku karena kandungan enzim penghilang rasa sakitnya sudah hilang.

Sebagai pelengkap tambahkan jahe, karena jahe mengandung sifat gingerol dan anti-oksidan yang membantu meringankan berbagai gangguan peradangan seperti asam urat.

Cara membuatnya cukup mudah pertama siapkan nanas sebanyak 250gr, potong dadu kemudian parut ½ ruas jahe, masukan sesendok madu atau gula rendah kalori untuk menyeimbangkan rasa, kemudian blender dan siap untuk dinikmati. Minum jus ini setelah bangun pagi karena dapat mengurangi pembengkakan dan kekakuan sendi di pagi hari.

3. Jus Timun

Timun rendah purin dan tinggi air, kandungannya sangat penting dalam mengurangi rasa nyeri pada asam urat lho. Pada 100 gr timun, hanya ada 7,3 mg zat purin saja. Hal Ini tentunya cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Untuk membuatnya menjadi jus segar sangat mudah. Siapkan satu buah timun yang telah dikupas bersih,tambahkan perasan buah lemon dan ½ ruas jahe. Potong timun dan jahe, masukan ke dalam blender. Tambahkan air sebanyak 100 ml dan air perasan lemon. Kemudian jus Timun siap Anda nikmati.

4. Jus Stroberi

Stroberi memiliki sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat meminimalkan risiko asam urat. Dengan mengonsumsi jus stroberi secara rutin dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat pada tubuh lho.

5. Jus Apel

Sudah tidak asing lagi khasiat buah apel bagi penderita asam urat. Apel merupakan buah yang kaya asam malat. Asam malat sangat berguna untuk mengusir asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

Untuk membuat jus apel sangat mudah siapkan 1 buah apel potong dadu, tambahkan  setengah perasan air lemon kemudian tambahkan 100 ml air lalu blender hingga halus dan siap untuk dinikmati.

6. Jus Wortel

Wortel sangat kaya akan antioksidan yang baik dalam mengendalikan produksi enzim. Enzim ini meningkatkan sintesis asam urat dalam darah. Karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu mengeluarkan kandungan asam urat dari tubuh.

Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi wortel dalam bentuk jus, jangan khawatir rasa jus wortel ini akan enak bila Anda menambahkan sedikit dari buah kesukaan Anda.

Untuk membuatnya siapkan 2 buah wortel yang sudah dikupas bersih, 1 buah perasan air jeruk atau bisa Anda ganti dengan buah kesukaan Anda, tambahkan sedikit gula rendah kalori kemudian blender dan siap untuk diminum.  

Baca Juga : Ketahui Makanan Apa Saja yang Harus Dihindari oleh Penderita Kolesterol Tinggi

Sumber:
Etimes. (2018). Top 10 foods to control uric acid. www.timesofindia.indiatimes.com
Livestrong. Cucumber for Gout. www.livestrong.com
Healthline. (2018). Lemon Juice as a Treatment for Gout. www.healthline.com
Juicingforhealth. (2019). Top 3 Juice to Stop Gout. www.juicing-for-health.com