Waspada Diabetes Serang Pekerja Kantoran? Simak Cara Mencegahnya

Waspada Diabetes Serang Pekerja Kantoran? Simak Cara Mencegahnya

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Diabetes merupakan penyakit kronis serius yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah atau glukosa) atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. Penyakit ini dapat dengan mudah menyerang Anda, jika mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan RI tahun 2018, penyakit diabetes banyak ditemukan di daerah kota sebesar 1,9 persen dan didominasi oleh para pekerja kantoran yaitu sebesar 4,2 persen. Lantas, Mengapa diabetes banyak menyerang pekerja kantoran?

Penyebab Diabetes Menyerang Pekerja Kantoran

Ada beberapa gaya hidup yang dimiliki seorang pekerja kantoran sehingga menyebabkan penyakit diabetes, yaitu:

  • Jadwal terlalu padat sehingga tidak memiliki waktu istirahat yang cukup.
  • Jam kerja tidak fleksibel sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga.
  • Keterbatasan untuk mengonsumsi makanan sehat atau seringkali mengonsumsi makanan junk food.
  • Stres yang diakibatkan banyaknya tuntutan pekerjaan.

Baca Juga : Cegah Diabetes dengan Batasi Konsumsi Gula

Cegah Diabetes Sebelum Menyerang

Walaupun data menunjukkan bahwa diabetes banyak diderita oleh para pekerja kantoran, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut. Apa saja upaya yang bisa dilakukan pekerja kantoran agar terhindar dari penyakit diabetes?

1. Mengatur Pola Hidup Sehat

Memiliki pola hidup sehat sangat penting untuk dimiliki setiap orang, termasuk Anda sebagai pekerja kantoran. Sebelum memulai aktivitas di kantor, baiknya jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, sarapan setiap hari, dan rajin mengonsumsi air putih.

Ketiga cara ini merupakan bagian dari pola hidup yang sehat, dan dapat mengurangi rasa stres yang sering disebabkan oleh pekerjaan. Hal terpenting dari cara ini yaitu dapat menjaga kestabilan kadar gula Anda.

2. Menyeimbangkan Jam Kerja

Sebagian dari Anda mungkin memiliki fleksibilitas dalam mengatur jam kerja, walaupun sebagian tidak. Jika Anda memiliki waktu yang fleksibel, maka jangan pergunakan waktu jam makan siang Anda untuk bertemu dengan klien. Hal itu agar tubuh Anda mendapatkan waktu untuk istirahat sejenak.

Namun, jika jam kerja Anda ketat, maka gunakanlah waktu istirahat malam Anda semaksimal mungkin. Hindari untuk tidak memforsir tubuh secara berlebihan agar tubuh Anda tetap sehat.

3. Hindari Stres

Mungkin sulit untuk menghindari pekerjaan yang dapat membuat Anda stres. Perlu diketahui bahwa tingkat stres yang Anda rasakan akan mengakibatkan glukosa di dalam tubuh tidak stabil.

Glukosa yang tidak stabil kemudian dapat mengakibatkan diabetes. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar mengelola waktu dan pekerjaan Anda agar tidak stres.

Baca Juga : 3 Bahan Alami Bantu Obati Diabetes

4. Hindari Camilan yang Mengandung Gula

Mengonsumsi makanan ringan selama di kantor adalah hal yang lazim. Bahkan banyak dari Anda yang cenderung memilih menyediakan makanan manis saat ada momen tertentu.

Padahal, kebiasaan tersebut justru dapat meningkatkan kadar gula dalam darah Anda meningkat sehingga memicu penyakit diabetes, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Maka hindari kebiasaan tersebut mulai sekarang.

5. Konsumsi Camilan Sehat

Jika Anda membutuhkan camilan di tengah jam kerja, maka sebaiknya Anda sudah menyiapkan cemilan yang sehat, seperti salad, buah, atau kacang almond. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi minuman yang tidak mengandung banyak gula atau bebas karbohidrat, seperti teh tawar atau teh hijau.

 6. Olahraga Ringan

Apabila Anda merupakan salah satu pekerja yang menghabiskan waktu berjam-jam di meja, Anda perlu menyempatkan sedikit waktu untuk menggerakan badan setidaknya 30 menit dalam satu hari.

Pilihan ini dapat dilakukan dengan menggerakan badan, seperti berjalan di sekitar ruangan kantor, lakukan peregangan otot, atau luangkan waktu istirahat Anda untuk berjalan naik dan turun tangga.

7. Rutin Cek Kadar Gula Darah

Cek kadar gula darah secara rutin juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh sehingga Anda dapat mengontrolnya.

Cek gula darah biasanya dilakukan setiap satu hingga dua bulan sekali. Saat cek gula darah ke dokter, jangan lupa untuk menanyakan makanan apa saja yang harus Anda konsumsi dan tidak Anda konsumsi.

Walaupun bekerja adalah hal wajib yang Anda lakukan agar kebutuhan hidup tercukupi, tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, jika tubuh Anda sehat, maka Anda bisa bekerja dengan nyaman. Sebaliknya, jika tubuh Anda tidak sehat, maka pekerjaan apapun akan sulit untuk Anda lakukan.

Baca Juga : Cegah Diabetes dengan Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Sumber


Diabetes Self Management. 2018. Diabetes on the Job – Learning About Diabetes: Diabetes Self. www.diabetesselfmanagement.com
Fit For Work. 2017. Diabetes and how it can affect a person at work. fitforwork.org
Government of Canada, Canadian Centre for Occupational Health. 2020. Diabetes in the Workplace : OSH Answers. www.ccohs.ca
WebMD. 2018. How to Manage Diabetes at Work. www.webmd.com



Add Your Comment