Tips Tetap Bugar Saat Puasa

Image : freepik.com

Penulis : Dhiya | Editor : Niahappy

Saat berpuasa, umat muslim diwajibkan untuk tidak makan dan minum dari mulai pagi hingga menjelang malam hari. Sehingga puasa membuat pola makan berubah bahkan banyak yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, mengantuk, hingga menurunnya produktivitas. Padahal puasa bermanfaat bagi kesehatan, karena puasa adalah cara melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari tubuh.

Namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Untuk menghindari badan yang cepat lemas, diperlukan pola makan dan gaya hidup sehat selama berpuasa. Nah, supaya badan tetap fit saat puasa, berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

Baca Juga : 5 Buah yang Bagus untuk Berbuka Puasa selain Kurma

1. Jangan Lewatkan Sahur

Cara awal yang dilakukan untuk tetap fit selama puasa adalah makan sahur. Makan sahur sama pentingnya seperti sarapan pagi. Karena sahur sangat penting sebagai energi selama seharian sampai waktu berbuka.  Namun, menu sahur juga perlu diperhatikan supaya Anda mendapatkan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein.

Konsumsi makanan seperti roti gandum, beras merah, oatmeal, kentang, dan singkong sebagai sumber karbohidrat dan makanan tersebut dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sumber serat yang cukup bisa Anda dapatkan dari biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Sedangkan protein bisa Anda dapatkan dari keju, telur, yogurt, dan daging rendah lemak.

2. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Ketika berpuasa, tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan. Sehingga tubuh rentan dehidrasi dan cepat lemas karena aliran oksigen berjalan tidak lancar di dalam tubuh. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum kurang lebih 2 liter air putih atau sebanyak 8 gelas per hari.

Anda dapat menerapkan pola 2-4-2 saat berpuasa yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat malam hari, dan 2 gelas air putih saat sahur. Sebaiknya hindari minum kopi supaya tubuh Anda tidak cepat dehidrasi saat puasa.

3. Makan Secukupnya Saat Berbuka

Perut yang kosong seharian akan membuat kita sangat lapar dan menantikan waktu berbuka. Bahkan banyak yang ‘balas dendam’ saat buka puasa tiba. Buka puasa seharusnya dilakukan secara bertahap supaya lambung tidak kaget, begah dan tidak terlampau berat. Karena lambung membutuhkan ruang kosong untuk mencerna makanan.

Maka dari itu makanlah secukupnya saat berbuka puasa. Awali dengan makanan ringan seperti kurma, kolak, sop buah, salad, dan air putih. Setelah itu istirahat selama kurang lebih satu jam sebelum makan makanan yang diinginkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita.

4. Olahraga

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga tetap perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan fit. Namun tidak semua olahraga cocok dilakukan saat puasa, Anda bisa memilih jenis olahraga ringan seperti yoga, stretching, jalan kaki, dan bersepeda. Jika Anda ingin melakukan latihan kardio, sebaiknya lakukan setelah buka puasa.

Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah saat menjelang buka puasa. Namun, olahraga juga bisa Anda lakukan satu jam setelah buka puasa karena makanan telah terserap oleh tubuh. Durasi olahraga yang bisa Anda lakukan sekitar 20 sampai 30 menit saja. Jika Anda telah terbiasa dengan pola puasa, Anda bisa menambah durasi olahraga hingga satu jam.

5. Istirahat yang Cukup

Jika Anda merasa sering mengantuk saat puasa, hal tersebut bukan disebabkan oleh makan dan minum seharian, namun karena Anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur lebih cepat supaya Anda tidak terburu-buru saat makan sahur. Karena kurang istirahat dapat mempengaruhi kinerja otak sehingga dapat menghambat aktivitas Anda nantinya.

6. Konsumsi Suplemen

Puasa mungkin akan membuat Anda kehilangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Jika Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori akan lebih sulit memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Maka dari itu Anda pelru mmepertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga tubuh tetap fit saat puasa.

Dengan begitu puasa bukanlah halangan untuk tetap produktif dan semangat melakukan aktivitas. Oleh karena itu menjaga tubuh tetap fit saat puasa merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari supaya berjalan lancar. Beberapa tips di atas bisa Anda praktikan supaya badan Anda tetap sehat dan tidak cepat merasa lemas.

Baca Juga : Kenali Olahraga Anaerobik dan Manfaatnya

Sumber:
Healthline. (2018). How to Fast Safely: 10 Helpful Tips. www.healthline.com
Cosmopolitan. (2018). Tips Tetap Bugar Saat Puasa Menurut Ahli Nutrisi. www.cosmopolitan.co.id
Ilovelife.co.id. (2018). Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Bersemangat Selama Berpuasa. Ilovelife.co.id
Cermati.com. (2018). Tips Menjaga Stamina Tubuh Saat Berpuasa. www.cermati.com