Tips Mengatasi Bau Kaki

Image: Beautyhealth.com

Penulis: Niahappy

Ketika Anda diundang ke rumah seseorang dan melepas sepatu, lalu Anda mencium sesuatu, kemudian Anda menyadari bahwa bau itu berasal dari kaki Anda pasti sangat memalukan dan membuat Anda tidak percaya diri bukan?

Penyebabnya muncul bau kaki cukup beragam, salah satunya menggunakan kaus kaki dan sepatu terlalu lama hingga munculnya jamur yang berkembang biak di sepatu. Anda tidak perlu khawatir untuk menanganinya cukup mudah lho. Berikut cara ampuh dan mudah hilangkan bau kaki dengan bahan alami:

Baca Juga : 8 Manfaat Penting Madu bagi Kesehatan Tubuh

1. Baking Soda

Baking soda membantu menghilangkan bau dengan menetralkan PH dan menyerap kelebihan kadar air sehingga mampu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau kaki.

Langkah pertama cukup larutkan 1/4 cangkir baking soda masukan ke dalam baskom yang berisikan air hangat kemudian rendam kaki Anda selama 10 sampai 15 menit setelah itu keringkan dengan baik dan ulangi sesuai kebutuhan. Cara lain Anda bisa taburkan baking soda ke dalam sepatu kemudian diamkan semalaman.

2. Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki banyak manfaat. Kandungannya memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab bau di kaki Anda. Wangi harum minyak ini bisa menenangkan kulit, pikiran, dan tubuh lho.

Caranya mudah masukan minyak esensial yang banyak ditemui seperti minyak zaitun, minyak kayu putih atau minyak lavender di baskom yang berisikan air hangat, rendam kaki Anda selama 20 menit. Lakukan selama dua kali sehari selama beberapa hari.

3. Masker Kopi

Khasiat masker kopi ternyata gak cuma bagus buat kulit wajah saja lho. Kandungan kafein yang kaya dengan antioksidan bisa menyerap dan menetralkan aroma yang kurang sedap.

Cara membuat masker kopi sangat mudah cukup larutkan kopi bubuk dengan sedikit air panas sampai membentuk pasta kental, kemudian oleskan secara merata pada permukaan kaki tunggu hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Hal ini dapat membantu menyingkirkan kulit mati dan menghilangkan bau pada kaki.

4. Cuka Apel

Kandungan dalam cuka apel berfungsi sebagai anti jamur dan pembasmi jamur pada kaki sehingga dapat membunuh bakteri serta mengeringkan kelembapan berlebih yang menyebabkan bau kaki.

Cukup masukan ½ cangkir cuka apel ke dalam air hangat kemudian rendam kaki Anda selama 15 menit. Lakukanlah selama 3 kali seminggu sampai bau kaki Anda hilang.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Air Garam

Senyawa mineral pada garam sangat ampuh menurunkan kadar kelembapan yang menjadi penyebab bau kaki, kelembapan bisa dihilangkan dengan merendam kaki di dalam larutan air garam.

Sama seperti cara lainnya siapkan ember atau baskom kecil yang berisi air hangat, kemudian larutkan satu setengah cangkir garam ke dalamnya. Rendam kaki selama 10-20 menit lalu keringkan.

6. Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis memiliki sifat anti bakteri yang kuat sehingga mampu mengusir bau pada kaki lho. Caranya sangat mudah cukup oleskan air perasan jeruk nipis ke telapak kaki Anda, diamkan hingga 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

7. Rutin Jemur Sepatu

Penyebab utama bau kaki ialah sepatu yang berbau tidak sedap. Sepatu beraroma tidak sedap timbul karena lembapnya udara di dalam sepatu sehingga menyebabkan bakteri penyebab bau berkembang biak. Oleh karena itu, seringlah untuk menjemur sepatu agar selalu dalam kondisi kering dan tidak lembap.

Keluarkan sol dalam sepatu, lepas tali sepatu, dan longgarkan bagian atas sepatu. Jemur sepatu di bawah sinar matahari. Lakukan serutin mungkin untuk meminimalisir bau sepatu.

8. Merawat Kebersihan Kuku Kaki

Nah, selain merawat kebersihan kaki dan sepatu, kebersihan kuku juga perlu Anda perhatikan lho. Kuku yang kotor merupakan sarang berkembang biaknya kuman dan bakteri. Kotoran di sela-sela kuku yang berwarna kehitaman akan menimbulkan bau yang tidak sedap lho. Karena itulah Anda harus rajin membersihkan dan memotong kuku supaya kaki Anda bebas dari bau.

Sumber:
Tribunnews. (2016). Ternyata Kopi Bisa Usir Tuntas Selulit dan Bau Kaki. www.bangka.tribunnews.com.
Healthline. How to Get Rid of Smelly Feet. www.healthline.com
Idntimes. (2018). 10 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami dan Ampuh. www.idntimes.com
Wholelifestylenutrition. Top 5 Ways to Naturally Get Rid of Foot Odor. www.wholelifestylenutrition.com