Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Image: Inverse.com

Penulis: Niahappy

Cuka sari apel merupakan obat tradisional kuno yang memiliki beberapa manfaat kesehatan dan telah digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga sampai memasak.

Cuka apel adalah hasil fermentasi dari jus apel yang ditambahkan ragi untuk mengubah gula menjadi alkohol. Kandungan vitamin C, vitamin B1, asam asetat dan asam sitrat pada cuka apel ini digunakan untuk membuat obat. Maka itu tidak jarang cuka apel sangat dianjurkan bagi perawatan tubuh maupun kesehatan tubuh lho.

Nah berikut beberapa manfaat cuka sari apel:

Baca Juga : Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Melawan Diabetes

Cuka apel telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk para penderita diabetes lho. Melansir dari Healthline (5/3/2019) mengonsumsi dua sendok makan cuka sari apel sebelum tidur dapat mengurangi gula darah dan dapat meningkatkan fungsi insulin pada tubuh. Tidak hanya itu, cuka apel juga bisa menghambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah Anda tidak meningkat secara drastis setelah makan.

Namun perlu diketahui tidak dianjurkan untuk mengganti obat diabetes dengan cuka apel. Anda tetap harus mengonsumsi obat diabetes dan mengatur pola makan yang sehat.

2. Membantu Menurunkan Berat badan

Salah satu manfaat cuka apel yang banyak dipercaya yaitu memudahkan Anda untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang serta membantu Anda makan lebih sedikit kalori sehingga menyebabkan turunnya berat badan.

Anda bisa mengonsumsi cuka apel sebagai pelengkap sarapan Anda untuk membantu menurunkan nafsu makan. Untuk hasil yang maksimal, jika anda memakan makanan rendah kalori dan rutin berolahraga. 

3. Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah

Cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Dengan mencuci wajah dengan cuka apel setiap hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit wajah. Karena kandungan asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat pada cuka apel mampu membunuh banyak jenis bakteri dan virus.

Bila Anda menggunakannya secara rutin maka akan memberikan manfaat sebagai berikut:

Menghilangkan Noda hitam

Mencuci muka dengan campuran sedikit cuka apel setiap hari dapat menyamarkan noda hitam yang membandel di wajah lho. Sebab cuka apel mengandung asam hidroksi yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit baru.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat menimbulkan rasa gatal sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman. selain itu, dengan adanya jerawat seringkali membuat Anda tidak percaya diri. Jangan khawatir, Anda cukup mengoleskan sedikit cuka apel di wajah sebelum tidur sebagai pengganti toner, lakukan secara rutin hingga jerawat di wajah kempis.

Mengencangkan Kulit

Menggunakan cuka apel ternyata dapat membantu mengencangkan kulit sehingga mencegah pertumbuhan keriput di wajah Anda lho. Sama seperti cara sebelumnya cukup Anda oleskan di wajah Anda sebagai pengganti toner. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok bisa terjadi karena kurangnya vitamin atau nutrisi pada kulit kepala Anda. Kandungan nutrisi vitamin A, B, C, dan E pada cuka apel bisa atasi masalah kerontokan rambut Anda lho. Bukan hanya itu saja cuka apel juga bisa mempertahankan pH kulit kepala Anda dan membantu dalam membersihkan sel-sel kulit mati.

Campuran cuka apel dengan gula merah kemudian pijat perlahan-lahan selama 10 menit. Lalu campurkan cuka apel dengan air untuk membilas rambut. Setelah itu bilas hingga bersih.

5. Memutihkan gigi

Cuka sari apel mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu menghilangkan noda di gigi penyebab gigi kuning dan dipercaya bisa membunuh berbagai bakteri penyebab gigi keropos serta gigi berlubang lho. Untuk memutihkan gigi caranya cukup mudah. Pertama siapkan cuka apel secukupnya dan kapas bersih. Celupkan kapas ke dalam cuka apel lalu gosokkan kapas ke gigi Anda. Gosok secara lembut dan merata kemudian kumur-kumur dengan air hingga bersih.

Namun, Anda perlu berhati-hati dengan metode ini, sebab asam ini dapat merusak enamel pada gigi Anda. Pastikan Anda berkumur dengan baik.

Sumber:
Healthline. (2016). 30 Surprising Uses for Apple Cider Vinegar. www.healthline.com
Healthline. (2018). 6 Health Benefits of Apple Cider Vinegar, Backed by Science. www.healthline.com
TirtoID. (2018). Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah. www.tirto.id
Fimela. (2016). Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Pakai Cuka Apel. www.fimela.com