Tips Mempersiapkan Anak Berpuasa

Image : www.orami.co.id

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Tidak mudah memang mempersiapkan anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Bagaimanapun, anak memang harus diajarkan untuk berpuasa sejak dini.

Mungkin sulit bagi mereka untuk terbiasa dengan berpuasa mengingat usianya yang masih anak-anak. Namun mengajarkan puasa lebih awal, merupakan sesuatu yang sangat penting dan bermanfaat kedepannya.

Bukan hanya memotivasi untuk kuat berpuasa, berbagai hal pun harus dipersiapkan supaya anak kuat dan tetap berenergi saat berpuasa. Apalagi si kecil masih harus berhadapan dengan aktivitas penting seperti belajar dan bermain di sekolah.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan dan persiapkan untuk anak anda yang akan menjalankan puasa.

1. Jaga Asupan Nutrisi

Meski anak sedang menjalankan ibadah puasa, asupan nutrisi saat sahur dan berbuka harus tetap terjaga. Jam makan anak akan lebih terbatas, jika asupan nutrisi pentingnya kurang, pasti anak akan merasa lemas.

Sebelum berpuasa, pastikan asupan nutrisi anak Anda tercukupi. Pastikan anak mengonsumsi karbohidrat, protein, serat dari sayuran, dan vitamin dari buah-buahan.

Perbanyak juga asupan air untuk anak karena saat berpuasa tubuh manusia rentan terkena dehidrasi apalagi anak usia dini. Anda bisa memberi 3 gelas air putih saat berbuka puasa dan 2 gelas air saat sahur. Lebih baik jika setelah makan, anak juga diberi susu. Makanan kaya nutrisi penting tersebut dapat membuat anak tetap terjaga energinya dan menjadi tidak mudah lapar.

Baca Juga : 5 Siasat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

2. Buat Menu Sahur dan Berbuka Sesuai Selera Anak

Hal ini sangatlah penting karena jika Anda membuat menu sahur kesukaan anak, anak Anda akan mudah dibangunkan saat tidurnya.

Anak-anak selalu bersemangat pada apapun yang menjadi kesukaannya terutama soal makanan. Jika saat sahur anak sudah mengonsumsi makanan favoritnya, kemungkinan besar anak Anda akan lebih semangat lagi menjalankan ibadah puasanya.

Membuat makanan favorit anak anda untuk berbuka puasa juga menjadi salah satu tips agar anak anda mempunyai motivasi untuk menjalankan puasanya. Anda bisa juga menawarkan kepada anak makanan apa yang anak Anda inginkan saat berbuka puasa.

Anak-anak biasanya sangat suka sesuatu yang manis. Menyajikan es krim dan es yang lain untuk berbuka puasa juga menjadi salah satu tips agar anak Anda semangat menjalankan puasanya.

3. Ajak Anak Tidur Teratur

Berbeda dengan hari biasa, saat bulan puasa datang ada baiknya Anda menyuruh anak Anda tidur dengan teratur dan lebih cepat. Hal ini dikarenakan anak Anda akan dibangunkan saat sahur.

Jika anak Anda kurang tidur atau terlambat tidur sudah pasti anak Anda akan susah dibangunkan untuk sahur. Tidur teratur juga dapat membuat anak tidak mengantuk keesokan harinya dan lebih berenergi menjalankan aktifitas kesehariannya.

Pastikan anak Anda tidur 8 jam perhari. Saat bulan puasa anak juga bersekolah, tidur teratur bisa membuat anak Anda lebih bersemangat ketika di sekolah. Saat anak pulang sekolah pada siang hari, pastikan juga agar dia tidur siang supaya energinya kembali, dan waktu puasa terasa lebih pendek karena tidur.

Baca Juga : Tips Ampuh untuk Tidur Nyenyak dan Berkualitas

4. Beri Pengertian agar Tidak Melakukan Aktivitas yang Melelahkan

Kebanyakan anak kecil selalu memiliki banyak aktivitas setiap harinya yang dapat menghabiskan energi. Terlebih lagi anak sering sekali bermain dan berlarian yang tentu saja dapat menguras tenaga dan dapat menimbulkan rasa haus dan lapar.

Sebagai Orang tua, ada baiknya Anda mengajak anak anda beraktivitas di dalam ruangan saja seperti menonton TV bersama, atau Anda dapat mengajak anak Anda mempersiapkan makanan untuk menu berbuka puasa.

Baca Juga : Bahaya Junk Food bagi Kesehatan dan Perkembangan Anak

 

Sumber :
Bebe Club. (2017). Ketika Anak Belajar Puasa. www.bebeclub.co.id
Nestle Dancow. 3 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Berpuasa. www.fortigro.dancow.co.id
Wyeth Nutrition. (2016). 3 Tips Si Kecil Tetap Sehat dan Semangat pada Puasa Pertamanya. www.wyethnutrition.co.id