Tips Ampuh untuk Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Image : dailycite.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Tidur yang nyenyak sama pentingnya dengan olahraga teratur. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif langsung pada hormon, kinerja, olahraga, dan fungsi otak. Tahukah Anda bahwa tidur yang baik dan nyenyak mempunyai banyak manfaat bagi tubuh?

Kadang-kadang di malam hari, meski kita sudah berbaring di tempat tidur, justru mata semakin terbuka lebar dan sulit untuk tidur atau insomnia datang. Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan tidur sesekali, tetapi ada beberapa orang yang secara konsisten mendapati diri mereka susah tidur, atau bisa tertidur tapi tidak nyenyak.

Beberapa manfaat tidur yang nyenyak dan berkualitas diantaranya dapat membantu Anda makan lebih sedikit, berolahraga lebih efektif, lebih semangat dalam beraktivitas sehari-hari, dan menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kualitas dan kuantitas tidur mayoritas orang menurun secara signifikan, dengan banyak orang yang kurang tidur secara teratur karena padatnya aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Berikut adalah beberapa tips ampuh untuk tidur nyenyak dan berkualitas.

1. Batasi Kafein

Seperti yang umum diketahui bahwa  kafein mungkin membuat Anda sulit untuk tertidur serta mengganggu siklus tidur Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum kopi enam jam sebelum tidur mengurangi waktu tidur total satu jam. Karena itu, minum kopi dalam jumlah besar setelah jam 3 dan 4 sore sangat tidak dianjurkan.

2. Ganti bantal dan kasur Anda

Kasur dan bantal yang Anda memiliki juga berdampak besar pada kualitas tidur Anda. Ada juga penelitian tentang manfaat kasur baru. Sebuah studi menemukan bahwa kasur dengan kualitas baik mengurangi nyeri punggung, kekakuan punggung, hingga nyeri bahu. Sehingga hingga kualitas tidur dapat meningkat.

Menurut National Sleep Foundation, bantal harus diganti setiap tahun, sedangkan kasur Anda harus diganti setiap 5-10 tahun. Mengganti bantal dan kasur bisa menjadi solusi cepat untuk masalah tidur Anda. Saat ini banyak sekali pilihan kasur yang baik untuk kesehatan dan nyaman, begitupun bantal dan guling. Cermat dalam memilih perangkat tidur yang tepat, ya.

3. Matikan Lampu Kamar Sebelum Tidur

Banyaknya cahaya yang berada di dalam ruangan juga mempengaruhi bisa tidak-nya Anda tidur dengan nyenyak. Peneliti dan psikolog dari Ryerson University, Colleen Carney, PhD, mengatakan bahwa mematikan sumber cahaya dalam ruang tidur seperti lampu dan TV akan membuat Anda lebih mudah tidur. Selain itu, tidur juga akan lebih nyaman dan lelap.

Sebenarnya tubuh secara alami memproduksi sporofik (stimulasi/rangsangan tidur) melalui produksi hormon melatonin. Namun, paparan cahaya pada mata bisa menekan produksi hormon tersebut sehingga memicu rasa susah tidur atau tidur yang kurang nyenyak. Tidur yang kurang nyenyak juga bisa membuat Anda mudah mengantuk lagi di siang hari, atau siklus tidur menjadi terganggu. Hal tersebut tentunya juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

4. Jauhkan Ponsel dari Tempat Tidur

Tidak jarang orang berbaring di tempat tidur dan menggulir media sosial di ponsel mereka sebelum tidur. Bermain ponsel akan menjadi lebih mudah ketika ponsel Anda sedang diisi dayanya di sebelah tempat tidur Anda.

Masalahnya, cahaya dari ponsel tersebut memiliki konsentrasi blue light yang lebih tinggi daripada cahaya alami pada umumnya.  Tidak hanya menurunkan kadar hormon melatonin, yang merangsang tidur, tetapi juga mengganggu sirkulasi istirahat tubuh Anda.

Blue Light pada dasarnya dapat menipu tubuh Anda untuk berpikir bahwa itu siang hari, yang mengakibatkan kesulitan tidur. Selain itu, menaruh ponsel di dekat Anda pada saat tidur, dapat menyebabkan bahaya radiasi pada otak Anda. Hal ini akan berpengaruh juga pada kenyamanan tidur Anda.

Baca Juga : Dampak Bahaya Gadget pada Kesehatan Mata

5. Atur Suhu Kamar Menjadi Hangat

Suhu ruangan yang mendukung tentu saja dapat berpengaruh pada tingkat kenyamanan tidur Anda. Suhu ruangan yang terlalu panas akan menyebabkan Anda kesulitan tidur. Bahkan jika Anda sudah tidur, Anda dapat terbangun lagi karena berkeringat. Suhu ruangan yang terlalu rendah juga dapat menurunkan kualitas tidur Anda.

Namun, merasa kedinginan di malam hari juga membuat tidur tidak nyenyak. Jika kamar Anda terdapat AC, sesuaikan dengan suhu yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Jika Anda menggunakan kipas angin, usahakan anginnya tidak langsung terkena pada tubuh Anda. Aktifkan pemutar kipas angin supaya ruangan Anda mempunyai suhu yang merata.

6. Rileks-kan Diri Sebelum Tidur

Ketika malam tiba dan waktunya beristirahat, rileks-kan pikiran dan tubuh Anda. Jangan memikirkan hal-hal yang berat, jangan memikirkan tugas untuk besok, atau masalah dan tekanan lainnya. Biarkan pikiran Anda tenang dan tubuh Anda beristirahat dengan tanpa memikirkan apapun.

Masalah tidur justru paling banyak muncul karena dipicu oleh terlalu banyak pikiran sebelum tidur. Buat diri Anda tenang, lakukan sedikit peregangan sebelum tidur supaya rileks. Aromatik ruangan dan musik klasik yang tenang mungkin bisa membantu Anda yang banyak pikiran untuk lebih rileks saat akan tidur.

Terapkan cara-cara di atas, maka Anda akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Jangan terlalu sering tidur terlalu malam, karena tidur terlalu malam akan menyebabkan menurunnya kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk makan-makanan yang bergizi untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat.

Baca Juga : Cara Efektif Mengurangi Kebiasaan Ngemil

 

Sumber :
Foundry. 6 Tips for Getting a Good Night’s Sleep. foundrybc.ca
HealthLine. 17 Proven Tips to Sleep Better at Night. www.healthline.com
BrainMD. (2016). 10 Tips for a Better Night’s Sleep – Healty Sleep Practices. www.brainmdhealth.com
Sleep Fondation. Healty Sleep Tips. www.sleepfoundation.org