Skincare Vitamin C & Niacinamide : Bolehkah Digunakan Bersamaan?

Skincare Vitamin C & Niacinamide : Bolehkah Digunakan Bersamaan?

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Niacinamide dan vitamin C bisa dibilang dua nama terbesar dalam daftar zat aktif skincare yang paling digemari. Masing-masing memiliki sejumlah besar manfaat, yang sering menjadi pertanyaan adalah: Jika mereka dapat melakukan hal-hal besar secara individual, dapatkah mereka digunakan bersama?

Penelitian Awal

Gagasan bahwa kedua zat ini tidak dapat digabungkan adalah dari penelitian lama di awal 1960-an. Studi menunjukkan ketidakcocokan antara niacinamide dan vitamin C. Saat itu, peneliti menggunakan bentuk kedua bahan yang tidak distabilkan, sedangkan saat ini dalam formula kosmetik modern, kedua bahan tersebut biasanya telah distabilkan. Hal tersebut memungkinkan Anda menemui salah satu produk yang menggabungkan dua bahan aktif tersebut dalam satu formula.

Niacinamide adalah bahan yang cukup “tangguh”, bahan aktif ini tahan terhadap cahaya dan udara, berbeda dengan antioksidan seperti vitamin C. Niacinamide harus diformulasikan pada pH yang mendekati netral, sementara pure Vitamin C (asam askorbat murni), sebaliknya, paling baik digunakan pada kondisi kulit ber-pH rendah (asam).

Namun, asam nikotinat — zat yang tidak diinginkan dari gabungan niacinamide dan vitamin C — menjadi masalah hanya ketika kedua zat aktif ini digabungkan dalam lingkungan bersuhu tinggi untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Fakta tentang Kombinasi Keduanya

Penting untuk menunjukkan bahwa kekhawatiran ini hanya berlaku untuk vitamin C murni, tidak untuk banyak bentuk lainnya (seperti magnesium ascorbyl phosphate, tetrahexyldecyl ascorbate, dan ascorbyl glucoside). Itu pun juga terjadi ketika menggunakan pure ascorbic acid dan niacinamide pada suhu tinggi.

Meski demikian, ini sudah bukan lagi menjadi masalah dalam formulasi modern yang disimpan pada suhu kamar, seperti ascorbyl palmitate dan magnesium ascorbyl phosphate. 

Jadi, menggabungkan asam askorbat atau l-askorbat dengan niacinamide baik-baik saja. Penelitian yang menunjukkan masalah dari kombinasi niacinamide dan vitamin C dilakukan di lingkungan yang tidak mencerminkan apa yang dialami produk perawatan kulit selama pengembangan, produksi, atau dalam penyimpanan dan penggunaan yang sesungguhnya sebagai kosmetik. 

Manfaat dari Kombinasi Vitamin C dan Niacinamide

Kesimpulannya adalah aman untuk menggunakan niacinamide dan vitamin C, baik bersama-sama dalam produk yang sama, atau dikombinasikan dari berbagai produk yang Anda layer satu dengan yang lain. Manfaat dari kombinasi keduanya sangat banyak: niacinamide sendiri adalah bahan yang dapat secara nyata mengecilkan tampilan pori-pori, garis-garis halus, dan kulit kusam. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit terhadap polisi dan sinar matahari yang dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan. Bersama-sama, kedua bahan ini membentuk mampu mengatasi warna kulit yang tidak merata, kerutan, mengencangkan kulit, dan mengatasi kulit kusam. Kulit akan menjadi lebih bercahaya, lebih halus, tekstur lebih rata, dan tampak lebih muda.

Baca Juga: Jerawat di Area Dagu atau Rahang

 

Sumber



Add Your Comment