Jerawat di Area Dagu atau Rahang

Jerawat di Area Dagu atau Rahang

Pelulis: Emy | Editor: Atsa

Jerawat memang bisa terjadi di seluruh area tubuh, namun paling umum terjadi di area wajah, terutama di sepanjang T-zone yang dimulai di dahi dan memanjang hingga dagu. Tidak seperti jerawat di tempat lain di wajah Anda, jerawat yang muncul di sepanjang dagu atau rahang Anda cenderung lebih padat seperti benjolan, bukan jerawat yang dipenuhi nanah. Perlakukan jerawat di area dagu dengan benar, hindari untuk memencetnya untuk mencegah bekas yang sangat gelap dan lama dihilangkan.

Penyebab

Jerawat pada dagu tidak berbeda dengan jerawat di area wajah lain, leher, dada, dan punggung. Minyak menjebak kulit mati atau bakteri lain dalam pori-pori sehingga  jerawat terbentuk. 

Dikutip dari The Healthy, Doris Day, MD, seorang ahli dermatologi di New York berkata “Ada banyak penelitian tentang jerawat yang melihat kemungkinan terjadi karena efek makanan tertentu, ketidakseimbangan hormon, berbagai jenis bakteri, serta efek samping obat tertentu.”

Ketika pori-pori kulit wajah tersumbat oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati, bakteri dapat tumbuh di dalamnya, sehingga  menciptakan benjolan bengkak yang disebut jerawat. Sejumlah faktor meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat seperti ketidak seimbangan hormon, stres, obat-obatan seperti kontrasepsi, antidepresan, vitamin B, dan kortikosteroid.

Baca Juga: Stres Picu Jerawat, Kenali Tandanya

Cara Mengatasi

Jerawat pada area dagu memang cenderung sulit kempis, anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Keduanya dapat membantu jerawat mengering lebih cepat.

Mengobati jerawat dengan sukses juga berarti mengetahui apa yang harus dihindari. Untuk mengobati jerawat di dagu dan mencegah penyebarannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cuci area dengan mild face wash yang mengandung salicylic acid.
  • Oleskan krim atau salep dengan benzoil peroksida hanya di area yang berjerawat.
  • Hindari memencet atau memetik jerawat.
  • Jangan pernah tidur dengan makeup yang masih menempel, selalu cuci muka sebelum tidur. Namub, pastikan Anda hanya mencuci wajah dua kali dalam sehari.

Jika jerawat di dagu tidak hilang atau terlalu parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan dan pengobatan yang lebih efektif. Perawatan tambahan yang mungkin akan direkomendasikan biasanya meliputi:

  • Antibiotik oral, untuk membunuh bakteri yang terperangkap
  • Isotretinoin, yang merupakan obat yang diresepkan dokter ketika perawatan lain tidak efektif
  • Krim khusus dengan resep, salep, atau gel
  • Terapi laser
  • Ekstraksi, untuk pengeringan dan mengeluarkan jerawat besar
  • Chemical peels

Baca Juga: Kenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

 

Sumber

Health Line. How to Get Rid of That Chin Pimple. www.healthline.com

Health Line. Jawline Acne: Causes, Treatment, and More. www.healthline.com

Medical News Today. 2019. What to do about chin pimples. www.medicalnewstoday.com

The Healthy. 2019. Why You Get Chin Acne—and How to Clear It Up. www.thehealthy.com



Add Your Comment