Ketahui, Titik Akupresur untuk Meredakan Sakit Gigi

Ketahui, Titik Akupresur untuk Meredakan Sakit Gigi

Penulis: Gradita | Editor: Alhasbi

Ketika merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu, pernahkah Anda menekan titik-titik tubuh tertentu untuk meredakannya? Cara tersebut terkenal dengan akupresur, yaitu menekan area tertentu untuk mengatasi gejala tertentu seperti sakit kepala, gigi, dan bagian tubuh lainnya.

Akupresur merupakan metode pengobatan alami dari Tiongkok yang sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Metode ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan di titik-titik tubuh tertentu untuk membantu meredakan nyeri.

Perlu Anda ketahui, metode akupresur berbeda dengan akupuntur. Akupresur bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan bantuan orang lain, tidak seperti akupuntur yang membutuhkan bantuan profesional serta jarum.

Adapun manfaat yang dapat Anda rasakan dari akupresur adalah untuk merangsang sistem saraf, melancarkan sirkulasi darah, serta membantu otot yang tegang agar lebih rileks. Selain itu, akupresur juga dapat membantu meredakan sakit gigi yang Anda alami.

Melansir penelitian dalam International Journal of Orthodontic Rehabilitation, sejak tahun 2003 WHO telah mendaftarkan metode akupresur sebagai perawatan yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada gigi.

Cara melakukan akupresur

Melakukan metode akupresur dapat Anda lakukan di mana saja, termasuk di rumah atau tempat terapi profesional akupresur. Namun, jika Anda memilih untuk melakukannya di rumah, sebaiknya Anda memilih ruangan yang tenang dan nyaman.

Berikut beberapa cara melakukan akupresur, meliputi:

  1. Atur posisi tubuh agar lebih nyaman dan rileks.
  2. Mengatur pernapasan dengan cara menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan, lakukan secara berulang.
  3. Tekan titik akupresur sesuai yang telah ditentukan, kemudian pijat perlahan hingga kuat, atau sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Lakukan sesering yang Anda inginkan.
  5. Hentikan jika menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga : Kenali Titik Pijat Refleksi Kaki, Lakukan Sendiri di Rumah

Titik akupresur untuk meredakan sakit gigi

Saat sakit gigi, area di sekitar gigi dan mulut akan mengalami nyeri. Akan tetapi, titik akupresur untuk meredakan sakit gigi justru tersebar pada tulang pipi, tulang rahang, pundak, jari, dan lutut.

Berikut titik akupresur yang perlu Anda ketahui untuk meredakan sakit gigi.

1. Titik usus kecil 18 (SI18)

Bagian SI18 terletak di bagian bawah tulang pipi dan sejajar pada bagian bawah hidung Anda. Titik akupresur ini merupakan titik yang berguna untuk meredakan sakit gigi, gigi berlubang, dan pembengkakan gusi.

Anda dapat menekan titik SI18 menggunakan jari telunjuk dan memutarnya searah jarum jam selama satu menit. Selama menekan titik akupresur ini, ada baiknya Anda menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan.

2. Titik perut 6 (ST6)

Bagian ini berada pada tulang rahang. Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan titik ST6, Anda dapat mengatupkan gigi atas dan gigi bawah, kemudian sentuh bagian yang menonjol, di mana titik ini terletak antara sudut mulut dan bagian bawah daun telinga.

Gunakan ibu jari untuk memijat titik akupresur ini (ST6) selama satu menit. Metode ini dapat membantu meredakan sakit gigi, kejang pada rahang, serta pembengkakan gusi.

3. Titik kandung empedu 21 (GB21)

Bagian akupresur ini terletak di tengah pundak. Anda dapat menekan bagian tengah pundak dengan ibu jari atau telunjuk, kemudian beri pijatan memutar menggunakan jari tengah selama 5 detik.

Selain dapat meredakan sakit gigi, titik akupresur GB21 juga dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada pundak dan leher.

4. Titik usus besar 4 (LI4)

Terdapat beragam saraf pada jari-jari, salah satunya titik usus besar 4. Titik LI4 berada di antara ibu jari dan telunjuk.

Anda dapat menekan jaringan kulit antara ibu jari dan jari telunjuk untuk membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, pijatan pada titik akupresur LI4 ini juga dapat membantu meringankan sakit kepala, beragam nyeri di area wajah, serta meredakan peradangan.

Namun perlu Anda perhatikan, menekan titik akupresur ini tidak disarankan pada ibu hamil.

5. Titik perut 36 (ST36)

Untuk menemukan titik akupresur ST36, Anda dapat menempelkan telapak tangan di tempurung lutut. Kemudian, tentukan titik ST36 yang terletak pada jari kelingking Anda. Berikan tekanan pada tititk tersebut dan pijat dengan lembut hingga ke bagian luar tulang kering.

Selain dapat meredakan sakit gigi, titik akupresur ST36 juga bermanfaat untuk mengurangi stres, mencegah mual, dan mengatasi rasa lelah.

6. Titik kaki 3 (KD3)

Menekan titik KD3 bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, pembengkakan gusi, sakit kepala, dan pusing.

Titik akupresur ini terletak di pergelangan kaki, bagian tumit di atas tumit bagian dalam, dan belakang mata kaki.

Penting untuk Anda ketahui bahwa melakukan akupresur bukanlah sebagai pengganti kunjungan Anda ke dokter gigi. Pasalnya, akupresur hanya berguna untuk meredakan sakit gigi, sehingga efeknya hanya sementara dan bukan merupakan cara untuk mengobatinya.

Ada baiknya jika sakit gigi yang Anda alami tidak kunjung membaik usai melakukan akupresur, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga : Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan dan Kebugaran

Sumber

Dental Partners of Fifth Avenue. (2021). ACUPRESSURE FOR TOOTHACHES: TOP PRESSURE POINTS. www.dp5th.com

Healthline. (2018). Acupressure Points for Toothaches. www.healthline.com

Medical News Today. (2020). What are the best pressure points for treating toothache?. www.medicalnewstoday.com

PubMed.gov (2014). Acupuncture in the management of acute dental pain. www.pubmed.ncbi.nlm.nih.gov