Kenali Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Kenali Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Penulis: Dea | Editor: Umi

Anda pasti pernah mengalami sakit pinggang. Namun, ketika rasa sakit hanya muncul di satu sisi, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Rasa sakit pada pinggang bisa menunjukkan sesuatu yang salah dari tubuh Anda dan bahkan bisa mengindikasikan kondisi yang lebih serius.

Misalnya saja, ada banyak faktor yang menyebabkan sakit pinggang di sebelah kiri. Kondisi tersebut dapat mengacu adanya berbagai masalah pada organ dalam tubuh Anda, seperti ginjal atau usus besar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kiri agar Anda dapat melakukan perawatan yang tepat.

1. Otot yang Tegang atau Keseleo

Otot tegang atau keseleo biasanya terjadi ketika Anda memelintir atau mengangkat sesuatu dengan tidak benar, mengangkat sesuatu yang berat, atau meregangkan otot punggung Anda. Cedera ini dapat menyebabkan pembengkakan, kesulitan bergerak, dan kejang otot punggung.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Pemicu Nyeri Punggung

2. Saraf Terjepit

Saraf terjepit terjadi ketika satu atau lebih cakram di antara tulang belakang Anda menonjol keluar ke kanal (saluran) tulang belakang. Cakram yang menonjol ini sering mendorong saraf sehingga menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan. kondisi ini juga merupakan penyebab umum linu panggul.

Saraf terjepit dapat disebabkan oleh cedera saat beraktivitas. Tetapi, kondisi ini juga umumnya dialami akibat faktor bertambahnya usia, karena cakram secara alami mengalami degenerasi (penurunan fungsi).

3. Penyempitan Tulang Belakang

Penyempitan tulang belakang atau dalam bahasa medis disebut dengan stenosis spinal, merupakan kondisi penyempitan di bagian ruang atau celah terbuka pada tulang belakang. Kondisi ini disebabkan karena adanya cedera pada tulang belakang, bantalan tulang belakang yang mengalami kerusakan, atau tumor.

Sebagian penderita dengan stenosis spinal mungkin tidak memiliki gejala. Namun, penderita juga bisa mengalami rasa sakit pada pinggang sebelah kiri disertai kesemutan, mati rasa, dan kelemahan otot yang semakin memburuk seiring waktu.

4. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal dapat menyebabkan nyeri dan pegal di pinggang sebelah kiri dan biasanya semakin memburuk saat bergerak atau ada tekanan. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kandung kemih yang kemudian menyebar ke ginjal.

Penderita Infeksi ginjal biasanya akan mengalami infeksi saluran kemih (ISK) terlebih dahulu. Gejala lain dari infeksi ginjal termasuk urin berbau busuk, urin berwarna keruh dan berdarah, demam, panas dingin, mual dan muntah, hingga sering buang air kecil yang menyakitkan.

5. Batu Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang berguna membuang limbah dari tubuh Anda. Batu ginjal terjadi akibat adanya endapan mineral dan garam yang telah mengkristal dan terbentuk di dalam ginjal.

Sebuah batu yang terbentuk dalam ginjal dapat menyebabkan nyeri pinggang pada satu sisi saat melewati saluran kemih. Selain sakit pada satu sisi, gejala lainnya yaitu buang air kecil yang menyakitkan, mual, demam, hingga darah yang keluar dalam urin.

6. Pankreatitis (Radang Pankreas)

Pankreatitis merupakan peradangan pada pankreas yang berada di belakang bagian bawah lambung. Pankreas merupakan organ dalam sistem pencernaan yang berfungsi memproduksi insulin dan enzim untuk menghancurkan makanan dalam perut. Ketika mengalami pankreatitis, Anda bisa mengalami sakit pada pinggang sebelah kiri.

Kondisi ini dapat bersifat akut yang datang tiba-tiba atau berkembang secara bertahap sehingga menjadi kronis. Pankreatitis biasanya disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi alkohol, efek samping setelah menjalani operasi perut (pengangkatan batu empedu), atau efek samping mengonsumsi obat-obatan.

Baca Juga : Cara Mencegah Risiko Osteoarthritis Sejak Dini

7. Kolitis Ulseratif

Kolitis ulseratif ditandai dengan adanya peradangan pada kolon (usus besar) dan rektum (bagian akhir pada usus besar yang tersambung ke anus). Peradangan ini biasanya menyebabkan masalah pencernaan kronis seperti diare, sakit dubur, dan penurunan berat badan. Kram perut merupakan gejala umum kolitis ulseratif sehingga menyebabkan nyeri punggung dan pinggang satu atau kedua sisi tubuh.

8. Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi umum yang dialami wanita. Endometriosis terjadi ketika jenis sel yang membentuk lapisan rahim dan tumbuh di luar rahim. Sel-sel ini dapat membengkak dan berdarah setiap bulan ketika Anda sedang haid yang menyebabkan rasa sakit dan masalah lainnya.

Endometriosis paling sering terjadi pada wanita berusia 30 dan 40. Selain nyeri pinggang sebelah kiri, gejala lain yang dialami termasuk kram menstruasi yang sangat menyakitkan, nyeri panggul bawah, rasa sakit saat berhubungan seks, sakit ketika buang air besar atau buang air kecil saat menstruasi.

9. Fibroid

Selain endometriosis, sakit pinggang sebelah kiri pada wanita juga bisa disebabkan karena fibroid. Fibroid merupakan tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim. Kondisi ini seringkali menyebabkan rasa nyeri pada pinggang sebelah kiri hingga menyebar ke sebelah kanan.

Bahkan disertai dengan masalah lainnya, seperti menstruasi yang tidak normal, sering buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu, beberapa kondisi lain pada wanita yang bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang sebelah kiri adalah kista ovarium dan masa kehamilan.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Jika sakit pinggang sebelah kiri dapat dikelola secara efektif menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, modifikasi aktivitas, dan kompres panas atau dingin, perhatian medis mungkin tidak diperlukan.

Namun, jika rasa sakit tidak sembuh dengan sendirinya, memburuk, atau bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti berdiri, berjalan, atau tidur, dan disertai dengan gejala lainnya, Anda perlu mengunjungi dokter untuk diagnosis lengkap untuk meninjau opsi perawatan.

Baca Juga : Peregangan Ringan Atasi Sakit Tulang Ekor Karena Duduk Lama

Sumber


Active Beat. Common Causes of Low Back Pain. www.activebeat.com
Healthline. 2018. Lower Left Back Pain. www.healthline.com
Penn Medicine. 2017. 4 Reasons You May Have Back Pain on Only One Side. www.pennmedicine.org
Medical News Today. 2019. What causes pain in the lower left back? www.medicalnewstoday.com
Spine Health. 2017. Lower Left Back Pain from Internal Organs. www.spine-health.com