Latihan Membentuk Otot Perut : Manfaat dan Ragam Latihannya

Image: Shape Magazine

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Abs workout, abdominal exercise atau yang lebih dikenal dalam bahasa Indonesia dengan latihan otot perut merupakan serangkaian latihan yang dilakukan untuk memperkuat area perut. Latihan ini biasa digunakan oleh para atlet untuk meningkatkan performa mereka di cabang olahraga tertentu yang melibatkan daya tahan punggung atau menahan pukulan di area perut.

Manfaat Latihan Pembentukan Otot Perut

Banyak orang yang rela bersusah payah melakukan latihan otot perut atau untuk mendapatkan perut six pack bak para binaragawan. Tapi sebenarnya ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan melakukan abs workout. Apa saja?

Meningkatkan performa dalam berolahraga

Beberapa jenis olahraga memerlukan keseimbangan, stabilitas dan kekuatan otot inti. Latihan otot perut menargetkan otot-otot utama dan membuat tubuh Anda bekerja lebih baik saat melakukan olahraga tersebut. Latihan ini juga memungkinkan para atlet mentransfer lebih banyak energi inti mereka ke anggota tubuh sehingga performa secara keseluruhan meningkat dibanding orang yang memiliki otot perut lemah.

Mengurangi nyeri punggung bagian bawah

Nyeri punggung bagian bawah adalah keluhan yang dialami oleh orang-orang dari berbagai latar belakang. Lemahnya otot perut berpengaruh memberikan tekanan lebih ke punggung bawah. Otot punggung bawah yang tidak sering dilatih akan kaku dan bisa menyebabkan sakit punggung kronis. Abs workout mampu menjadikannya lebih fleksibel dan nyeri punggung bawah bisa dikurangi.

Memperbaiki postur dan stabilitas tubuh

Stabilitas tubuh tidak hanya penting bagi atlet tapi juga bagi orang tua yang mengalami masalah tulang belakang. Abs workout mampu menguatkan area tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh karena seluruh berat badan terdistribusi dengan merata.

Meningkatkan kemampuan menahan beban

Latihan otot perut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam menahan beban. Orang yang secara rutin melakukan latihan otot perut akan mampu mengangkat beban yang berat tanpa berisiko mencederai area tulang belakang. Ini karena latihan perut dapat memperkuat tubuh dan membantu memberikan dasar yang stabil bagi Anda untuk menahan beban berat.

Contoh Latihan Mudah untuk Melatih Otot Perut

Sit up adalah salah satu jenis latihan yang banyak disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan otot perut yang kuat. Selain itu, ada beberapa jenis latihan yang bisa anda lakukan di rumah antara lain:

1. Menyentuh ujung kaki

Berbaringlah di atas lantai kemudian angkat kepala dan kaki perlahan sampai tubuh Anda membentu huruf V. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tarik ujung kaki hingga saling bersentuhan. Gerakan ini akan melatih otot perut bagian atas dan bawah sekaligus.

2. Plank bintang atau star plank

Untuk melatih stabilitas tubuh, alih-alih latihan dengan gerakan plank biasa yang mirip gerakan push up, coba lakukan plank bintang. Caranya, jadikan sebelah tangan dan kaki Anda sebagai tumpuan ke lantai, sementara dua tangan dan kaki sebelahnya lagi naik ke atas hingga tubuh membentuk huruf X. Tahan sekuat tenaga sampai Anda berhasil menembus rekor 30 detik.

Baca Juga: 7 Gerakan Plank Mudah untuk Pemula

3. Headstand

Posisikan tangan Anda di atas lantai dan perlahan angkat tubuh dalam posisi headstand. Untuk permulaan, cobalah bersandar ke dinding atau apapun. Setelah tubuh Anda tegak, perlahan-lahan, condongkan kaki ke arah kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan sebanyak  set. Latihan ini akan membuat seluruh otot tubuh bekerja bersama-sama.

4. V Pull-up

Dengan menggunakan palang pull-up, gantungkan tubuh Anda perlahan-lahan. Setelahnya dengan menggunakan otot perut, naikkan kedua kaki setinggi yang Anda bisa lalu turunkan pelan-pelan. Ulangi latihan ini 10-12 kali. Jika Anda sudah lancar melakukan gerakan ini, Anda bisa naik ke gerakan yang setingkat lebih sulit yakni dengan menendangkan kedua kaki ke sebelah kanan dan kiri bergantian..

5. Bertumpu pada kaki dan mengangkat lengan

Buat tubuh dalam posisi merangkak. Biarkan kedua kangan rata di atas lantai kemudian pelan-pelan naikkan kaki kiri Anda. Setelahnya, angkat lengan kanan hingga membentuk sudut 90 derajat dan tendangkan kaku yang sudah diangkat tadi ke udara. Ulangi di sisi lain selama masing-masing 30 detik.

Gerakan-gerakan di atas hanya beberapa contoh set latihan untuk memperkuat area otot perut. Anda bisa menemukan gerakan-gerakan lain melalui video tutorial atau berkonsultasi dengan personal trainer Anda.

Baca Juga: Kenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan di Malam Hari

 

Sumber:
Men’s Journal (2019).  Everyday Benefits of Stronger Abs. www.mensjournal.com
EFM Health Club (2018). Benefits of Abdominal Workouts. www.efm.net.au
Body Building (2018). The Best Ab Workout for A Six-Pack. www.bodybuilding.com
Men’s Health (2017). 8 Reasons to Do An Abs Workout Today. www.menshealth.com
IDN Times (2018). 6 Gerakan yang Penting untuk Mendapatkan Perut Six-pack. www.idntimes.com