Cara Alami Hilangkan Batuk Berdahak

Image: alodokter.com

Penulis: Niahappy

Batuk kering maupun batuk basah sangat mengganggu aktivitas Anda, terutama batuk di malam hari yang menyebabkan Anda susah tidur. Batuk adalah proses alamiah tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak agar dapat bernapas dengan lebih bebas.

Batuk basah atau biasa dikenal batuk dahak disebabkan oleh infeksi dari bakteri, virus, atau jamur yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi tersebut membuat lendir keluar lebih banyak.

Batuk memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun penyakit serius seringkali diawali oleh gejala batuk seperti penyakit bronkitis kronis, gagal jantung, dan asma. Bila semakin lama Anda alami batuk, maka semakin tinggi risiko Anda terkena penyakit yang berbahaya lho. Nah, berikut cara alami untuk menghilangkan batuk berdahak yang bisa Anda coba di rumah Anda sebagai berikut:

Baca Juga : Kenali Perbedaan Demam Biasa dengan Demam Berdarah

1. Air Putih Hangat

Perbanyak air putih saat menderita batuk berdahak sangat baik untuk memperlancar keluarnya dahak terutama bila air putih disajikan dalam keadaan hangat. Karena, air hangat mampu mengencerkan lendir dan menjaga melembapkan lendir sehingga mencegah produksi lendir yang berlebihan.

Minumlah air hangat di pagi hari dan sebelum tidur secara rutin agar batuk berdahak segera hilang.

2. Ramuan Turun-Temurun Kecap dan Jeruk Nipis

Ramuan turun-temurun dari air perasan jeruk nipis ditambahkan sedikit kecap ini dipercaya bisa meredakan gejala batuk berdahak dan tenggorokan gatal. Anda bisa mengonsumsinya satu sendok makan 3 kali sehari hingga tenggorokan Anda merasa lebih baik.

3. Jeruk Nipis dan Madu

Air perasan jeruk nipis dengan tambahan madu juga mampu meredakan gejala batuk lho. Sebab, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal dan rasa manis pada madu melancarkan keluarnya lendir untuk melembapkan tenggorokan.

Untuk membuat ramuan ini cukup mudah. Pertama peraslah satu buah jeruk nipis lalu campur dengan air hangat sebanyak 100 ml. Setelah tercampur, masukkan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Minum selagi hangat.

4. Melembapkan Ruangan

Dengan melembabkan udara dapat membantu mengurangi lendir dan meredakan batuk dahak Anda lho. Nah, Anda bisa menggunakan alat pelembap udara (humidifier). Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan uap dari air panas untuk menjaga kelembapan ruangan Anda. Untuk membuat pikiran Anda lebih rileks Anda bisa mencampurkan sedikit minyak esensial agar wanginya terasa nyaman untuk dihirup

5. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan dahak yang tergantung di belakang tenggorokan Anda. Bahkan, dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan Anda lho.

Campurkan 100 air hangat dengan satu sendok makan garam, kemudian berkumurlah selama 30-40 detik. Lalu buang. Ulangilah sesuai kebutuhan.

6. Ramuan Kencur

Ramuan herbal dari kencur dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk tubuh salah satunya sebagai pereda gejala batuk berdahak. Kandungan yang dimiliki kencur cukup banyak. Mengonsumsinya saat menderita batuk berdahak dapat membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Selain itu, kencur juga bisa menghangat tubuh Anda lho.

Cara membuat ramuan herbal ini mudah. Parut kencur hingga halus. Sementara itu, rebus secangkir air di panci. Masukkan parutan kencur ke dalam air rebusan, kemudian  rebus hingga mendidih. Saring dan minum dua kali sehari untuk menyembuhkan batuk berdahak.

7. Jahe

Minum jahe selagi hangat. Bisa menyembuhkan batuk berdahak lho. Selain itu, juga ampuh mempertahankan kekebalan tubuh dan mencegah terserang penyakit. Pasalnya, Jahe mengandung minyak atsiri, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan.

Minumlah jahe hangat sebelum tidur, supaya Anda tidak batuk saat tidur dan malam Anda pun terjaga.

Baca Juga : 8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Sumber:
Alodokter. Kenapa Batuk Berdahak harus Ditangani Secara Berbeda?. www.alodokter.com
Idntimes. (2018). Enak, 5 Minuman Tradisional Ini Bisa Jadi Obat Ajaib untuk Batuk Parah. www.idntimes.com
Healthline. (2018). 7 Ways to Get Rid of Phlegm: Home Remedies, Antibiotics, and More. www.healthline.com
MedicalNewsToday. (2018). Home remedies for phlegm and mucus. www.medicalnewstoday.com
Sahabatnestle. Khasiat Kencur untuk Obat Batuk Berdahak. www.sahabatnestle.co.id